Aksesoris Hydrant : Fungsi dan Cara Perawatannya

Aksesoris hydrant dalam sistem fire hydrant adalah yang termasuk dalam komponen yang membuat bekerjanya sistem fire hydrant. Lalu apa saja sih fungsi aksesoris hydrant tersebut?

Anda penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Fungi Aksesoris Hydrant

Sistem fire hydrant merupakan salah satu sistem proteksi kebakaran. Hydrant menggunakan media air bertekanan untuk mengatasi kebakaran.

Lalu bagaimana sih fungsi aksesoris hydrant dalam bekerja sistem hydrant ini? Yuk, simak di bawah ini macam-macam aksesoris hydrant dan fungsinya!

1. Hydrant Pillar

Aksesoris Hydrant - Hydrant Pillar Three Way

Aksesoris ini mungkin yang paling khas jika bicara soal fire hydrant. Hydrant pillar merupakan aksesoris jaringan output yang mengalirkan media air yang dipompa dari tandon.

2. Hydrant Box

Hydrant box adalah box tempat penyimpanan aksesoris hydrant. Karena keseluruhan aksesoris penting untuk bekerjanya sistem fire hydrant, maka aksesoris ini ditempatkan di hydrant box.

Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi aksesoris agar tetap baik dan mudah ditemukan saat terjadi kebakaran. Box ini biasanya diletakkan di dekat hydrant pillar.

3. Fire Hose

Aksesoris Hydrant - Fire Hose

Fire hose merupakan selang hydrant yang berfungsi menghantarkan air dari hydrant pillar menuju titikkebakaran. Selang ini memiliki panjang 30 meter.

4. Hose Rack

Hose rack berfungsi untuk menjaga selang agar dapat tersimpan dengan rapi dan tidak kusut. Hal ini bertujuan agar hal tersebut tidak menghambat proses pemadaman api ketika terjadi kebakaran.

5. Valve

Valve hydrant adalah katup atau keran yang berfungsi untuk mengatur keluarnya media air pada hydrant pillar.

6. Nozzle

Hydrant nozzle adalah sebuah aksesoris seperti corong yang berfungsi untuk mengarahkan pancaran air menuju titik api.

7. Siamese Connection

Aksesoris Hydrant - Siamese Connection

Siamese Connection merupakan komponen yang berfungsi menyambungkan jaringan hydrant dengan mobil pemadam kebakaran. Pasalnya, jika tadon kehabisan air, maka mobil pemadam kebakaranlah yang akan menyuplai media air.

Perawatan Aksesoris Hydrant

Untuk menjalankan sistem hydrant yang baik, tentunya harus didukung dengan komponen dan aksesoris yang baik pula. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda merawat masing-masing aksesoris hydrant.

Pasalnya, jika aksesoris tersebut tidak dalam kondisi baik, pasti juga akan berpengaruh pada sistem distribusi air. Lalu bagaimana sih cara merawat aksesoris tersebut?

Seperti yang telah kita bahas tadi, dalam komponen hydrant terdapat hydrant box. Menggunakan hydrant box ini untuk menyimpan aksesoris merupakan salah satu upaya untuk merawat aksesoris hydrant.

Hal tersebut bertujuan agar aksesoris tetap berada dalam kondisi baik dan mudah ditemukan saat terjadinya kebakaran. Sehingga tidak akan ada masalah yang menganggu proses pemadaman api.

 

Demikian ulasan tentang aksesoris hydrant, fungsi, dan perawatannya. Jangan lupa, selalu percayakan Bromindo untuk sistem proteksi kebakaran gedung Anda!

Aksesoris Hydrant - Hydrant Acceories

Recommended Posts

Leave a Comment