Alat Pemadam Api Berat

mengenal alat pemadam api berat
Alat Pemadam Api Berat (APAB) merupakan alat yang digunakan untuk tindakan pemadaman kebakaran skala kecil – menengah. perbedaan alat pemadam api berat ini dengan alat pemadam api ringan adalah ukuran fisik tabung dan isi medianya lebih besar dari pada alat pemadam api ringan. Ukuran alat pemadam api ringan dari yang terkecil adalah 1kg sampai 9kg. sedangkat alat pemadam api berat berukuran mulai dari 20kg, 25kg, 50kg, 68kg, 80kg, sampai 100kg. APAB biasanya dipakai pada industri yang memiliki potensi kebakaran tinggi. contohnya: Pabrik kimia, pergudangan, pasar tradisional maupun modern, rumah sakit, stasiun pengisian bahan bakar, dan berbagai tempat lainnya.

Media Alat Pemadam Api Berat

Media yang dipakai dalam alat pemadam api berat bermacam-macam. hal ini bisa disesuaikan dengan area yang diproteksi. misalnya area yang banyak mengandung bahan kimia cair dan berpotensi mengalami kebakaran maka media yang bisa digunakan adalah Foam AFFF yang bisa menyelimuti sekaligus mendinginkan titik api yang terbakar dengan baik. Media Foam / Busa memang cocok digunakan untuk kebakaran cairan. Media lain yang sering digunakan yaitu Dry Chemical Powder. media ini berbentuk seperti bubuk bedak dan cukup efektif dalam memadamkan api akibat kebakaran benda padat, cairan, maupun elektrikal. namun setelah penggunaan harus dilakukan pembersihan karena powder alat pemadam bisa menyebabkan korosif jika terkena besi atau peralatan elektronik. Media lain yang bersifat gas yaitu CO2 dan HFC227 (pengganti halon) juga kerap kali digunakan sebagai isi Alat Pemadam Api Berat karena sama-sama bagus untuk kebakaran benda padat dan elektrikal walaupun memang harga media lebih tinggi dari foam dan powder.

Penggunaan ALat Pemadam Api Berat

Dalam penggunaan Alat Pemadam Api Berat, terdapat perbedaan mendasar dibandingkan dengan penggunaan apar. Jika apar bisa dijalankan oleh satu orang, maka penggunaan Alat Pemadam Api Berat / Trolley minimal harus 2 orang yang standby. satu orang bertanggung jawab terhadap navigasi tabung, mendorong dari titik awal sampai lokasi kebakaran. termasuk membuka valve yang ada di atas tabung jika sudah mendapat komando siap dari petugas lain yang mengarahkan nozzle. sementara petugas lain, bertanggung jawab atas nozzle yang diarahkan pada titik api. Orang ini juga dapat mengatur media yang keluar melalui kontrol katup pada ujung selang. dengan koordinasi yang baik dari semua team, tentunya kebakaran akan dapat segera dipadamkan dengan baik.

Leave a Comment