Alat Pemadam Api Otomatis Dan Ramah Lingkungan

Alat Pemadam Api Otomatis Dan Ramah Lingkungan

Alat Pemadam Api Otomatis Dan Ramah LingkunganSistem proteksi terhadap bahaya kebakaran sangat diperlukan untuk setiap bangunan. Resiko tingkat kebakaran dan jumlah kerugian menjadi pertimbangan utama mengapa sistem ini begitu penting. Alat pemadam api atau fire extingusiher ada sistem konvensional dan system otomatis.

Alat pemadam otomatis dan ramah lingkungan merupakan bagian dalam setiap bangunan, baik kantor, pabrik, sekolah maupun gedung-gedung komersial. Selalu ada resiko ketika berada di dalam gedung atau ruangan seperti ruang komputer, ruang server, ruang kebersihan dan fasilitas lain yang mengharuskan jauh dari air. Ruangan ini sangat riskan terjadi kebakaran sehingga keberadaan alat pemadam sangat diperlukan yang bekerja secara otomatis dan ramah lingkungan.

Jenis Alat Pemadam Api Otomatis Dan Ramah Lingkungan

Ada beberapa jenis alat pemadam otomatis, yaitu FM 200, Inergen, Dupont FE-36, HFC-227 dan Carbon dioxide. Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai beberapa jenis yang ada.

FM 200 Fire Suppression Systems
FM 200 atau yang sering disebut dengan heptafluoropropane merupakan alat pemadam otomatis dari negara asal Amerika Serikat. Alat ini sangat aman karena tidak ada residu, dan ramah lingkungan sehingga penggunaannya tidak akan merusak lapisan ozon.
FM 200 seringkali digunakan untuk melindungi instalasi seperti pusat pemprosesan data / data server, ruang kontrol, laboratorium, perpusataan, koleksi seni dan sejarah dan peralatan yang tidak boleh terkena air. Alat ini memiliki sistem deteksi api dan kontrol jaringan. Detektor akan mengenali keberadaan api di dalam sebuah ruangan. Deteksi dan panel kontrol kemudian akan membunyikan alarm secara otomatis, sehingga memungkinkan potensi kebakaran bisa diatasi secara dini.

Inergent
Pengganti Halon 1301, Inergent atau gas inert juga ramah lingkungan. Fasilitas penting seperti ruang olah data, ruang telekomunikasi, dan ruang kontrol memerlukan sebuah alat pemadam otomatis dan ramah lingkungan yang tidak menghantarkan listrik, aman digunakan dalam ruangan yang banyak digunakan oleh manusia, tidak membahayakan peralatan elektronik, dan tidak memberikan efek terhadap pemanasan global dan penipisan ozon.
Inergen merupakan gabungan dari tiga gas alam, nitrogen, argon dan karbo dioksida. Alat ini bekerja dengan cara merendahkan kadar oksigen di dalam ruangan, yang masih memungkinkan manusia untuk bernafas secara normal, namun mencegah membesarnya api. Cara ini tidak pernah ditemukan pada alat pemadam di masa lalu.

Carbon Dioxide
Corbon Dioxide atau CO2 system, Alat pemadam otomatis dan ramah lingkungan ini khusus untuk ruangan yang tidak digunakan oleh manusia. Gas karbon dioksida ini memiliki kemampuan untuk mematikan api dengan cepat. Cara kerjanya adalah dengan mematikan api sekaligus menurunkan kadar oksigen sebagai unsur timbulnya api agar tidak mencapai 16 % di dalam ruangan. Yang membedakan alat ini adalah kemampuannya untuk memotong rantai nyala api kebakaran.Alat ini memiliki beberapa fitur jitu, misalnya titik beku rendah dan tekanan uap yang tinggi menyebabkan titik rendahnya mencapai -40.

HFC-227
Produk HFC-227 telah menjadi perhatian dunia. Alat ini sangat efektif dan aman untuk memadamkan api dan telah menggantikan Hallon yang selama lebih dari 30 tahun menjadi media alat pemadam yang baik tetapi tidak ramah lingkungan . Melihat keefektifan HFC-227 sebagai media Clean Agent dan ramah menggantikan Halon, maka tidak heran kalau media HFC-227 sangat cocok untuk segala jenis bangunan yang dipasang dengan alat pemadam otomatis dan ramah lingkungan.

Keunggulan Alat Pemadam Api Otomatis Dan Ramah Lingkungan

Sistem kerja yang otomatis dari alat pemadam api tersebut dapat mengurangi resiko kerugian yang sangat banyak, alat – alat pemadam otomatis memiliki keunggulan di bandingkan dengan alat pemadam api konvensional karena telah di lengkapi dengan detector asap., detector panas, detector percikan, detector gas yang akan mentrigger master control suppression system kemudian alat pemadam secara otomatis mengeksekusi kebakaran dengan sendirinya.
Sistem otomatis yang terpasang di alat pemadam api ini juga dapat di koneksikan dengan fire alarm yang berfungsi sebagai tanda bahaya.

Leave a Comment