Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif

Dengan semakin berkembangnya teknologi semakin berkembang pula resiko kebakaran yang mungkin dapat terjadi di lingkungan kita, seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan industri dan gedung bertingkat membuat kita untuk  berpikir lebih jauh bagaimana anda harus melindungi investasi yang anda miliki dari resiko bahaya kebakaran, hal yang mendasar untuk menghindari munculnya resiko kebakaran adalah dimulai dengan membangun dengan memperhitungkan aspek keselamatan yang baik. Aspek keselamatan yang baik meliputi bagaimana membangun jaringan kelistrikan yang memenuhi standar, baik sistem jaringan itu sendiri hingga kualitas material yang akan digunakan, tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kita mempersiapkan jalur evakuasi manakala kebakaran terjadi, hal ini menjadi sangat penting untuk dipikirkan agar dapat menghindari adanya korban manakala kebakaran menimpa. Ada satu perlengkapan yang tak kalah pentingnya yang harus di persiapkan adalah Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif . Jika semua sudah anda lengkapi jangan lupa bahwa sumber daya manusia yang anda miliki harus memiliki bekal dan pengetahuan yang cukup bagaimana mempergunakan perlengkapan kebakaran yang tersedia.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif, tentu dalam benak kita sudah kebayang yang namanya alat pemadam adalah alat pemadam api yang berwujud tabung berwarna merah dan digantung di dinding. Memang yang anda pikirkan tidaklah salah, tetapi dalam artikel ini saya ingin memperkenalkan alat pemadam secara lebih luas. Sebenarnya alat yang berfungsi untuk pencegahan dan pemadaman kebakaran ada dua jenis yaitu aktif dan pasif.

  • Sistem kebakaran aktif merupakan sistem kebakaran yang dapat digunakan untuk memadamkan api secara langsung misalnya tabung pemadam kebakaran, fire hydrant, fire sprinkler, fire suppression system, mobil pemadam kebakaran dan lain lain.
  • Sistem kebakara pasif  adalah sistem kebakaran dengan metode pemilihan material yang tahan terhadap api sehingga pada saat terjadi kebakaran material tersebut mampu bertahan antara satu hingga dua jam, pada umumnya bahan yang mudah terbakar diberi lapisan yang dapat mengisolasi bahan mudah terbakar sehingga menjadi suatu media yang dapat melindungi bahan yang mudah terbakar dari kobaran api.

Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif

Alat Pemadam kebakaran aktif sebagai contoh disini adalah :

Restaurant Fire Suppression System

Fire Suppression System. sistem ini merupakan sistem kebakaran yang dalam penggunaanya dapat berfungsi secara manual maupun secara otomatis, sistem pemadam kabakaran secara otomatis membutuhkan jaringan pipa untuk menyalurkan media pemadam saat kebakaran terjadi, sedangkan media yang digunakan bisa berupa foam, gas, ataupun air. Sistem ini dirancang untuk melindungi dapur dan beberapa ruang yang memiliki resiko kebakaran tinggi.

Tahukah Anda Bagaimana Sprinkler Bekerja ?

Untuk penerapan Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif sistem sprinkler biasanya terpasang pada bangunan komersial seperti apartement, hotel, rumah sakit, perkantoran, dangedung bertingkat lainnya. Proses kerja sistem sprinkler adalah saat suhu ruang mencapai suhu tertentu sesuai dengan suhu bola kuarsa pada sprinkler tersebut, saat suhu mencapai panas maka bola kuarsa sprinkler akan pecah dengan sendirinya dan secara otomatis air yang terdapat pada jaringan pipa sprinkler akan menyembur dengan sendirinya. Sistem ini berfungsi untuk membasahi ruangan yang terbakar sehingga memperlambat penyebaran kebakaran, sistem ini juga berfungsi untuk mengurangi kerusakan struktural gedung.

Alat pendeteksi kebakaran merupakan salah satu bagian penting dari artikel Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif, alat ini berfungsi untuk mendeteksi asap atau api saat kebakaran terjadi, fungsi alat deteksi kebakaran hanya untuk memberi peringatan kepada penghuni gedung bahwa kebakaran telah terjadi. Untuk selanjutnya agar penghuni gedung segera melakukan proses evakuasi. Sistem ini juga dapat di hubungkan dengan pintu darurat sehingga pintu darurat dapat diakses untuk jalur evakuasi, saat muncul notifikasi kebakaran magnet pada pintu darurat akan terlepas.

Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif

Sistem kebakaran pasif merupakan sistem pencegahan yang dilakukan agar kebakaran dapat dihindari, pola yang dilakukan adalah dengan memberikan pengetahuan kepada para penghuni bagaiamana para penghuni melakukan sebuah cara untuk menghindari agar bahaya kebakaran tidak terjadi. Dalam pemenuhan untuk melengkapi Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif tindakan prefentif lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara memberikan pelatihan tanggap darurat saat kebakaran terjadi, memasang rambu rambu evakuasi pada setiap lorong bangunan, hal lainnya yang dapat dilakukan adalah memilih material bangunan yang tidak mudah terbakar, atau memberi pelapis pada bahan bahan yang mudah terbakar dengan menggunakan cairan anti api. pendeteksi kebakaran untuk memberi tanda berupa signal bunyi kepada penghuni gedung agar segera melakukan prose evakuasi. Selain berfungsi untuk proses evakuasi alat pendeteksi kebakaran dapat juga berfungsi untuk membuka pintu darurat secara otomatis sehingga pintu darurat dapat diakses penghuni gedung.

Rencanakan sistem kebakaran dengan baik sebelum anda melakukan pembangunan gedung bertingkat, Rencanakan dengan perencana yang benar benar memahami aspek keselamatan bangunan dari resiko kebakaran, jangan sampai bangunan yang anda bangun berisko mendatangkan korban saat kebakaran terjadi, semoga dengan memahami Alat Pemadam Kebakaran Aktif Dan Pasif anda dapat membangun sebuah bangunan yang benar benar aman bagi penghuninya.

Comments
  • sayyid

    Semua sisi kehidupan kita relatif memiliki bahaya yang membuat kita selalu berinovasi mencari cara menghindar dan mengatasinya, bahaya memang tak bisa dihilangkan karena bahaya bagian yang hadir bersamaan dengan hadirnya kehidupan

Leave a Comment