Alat Pemadam Kebakaran Gas

Alat Pemadam Kebakaran Gas

Alat pemadam kebakaran memiliki banyak media yang digunakan untuk pemadaman api. Diantaranya ada media cair, media padat, dan gas. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara khusus pada alat pemadam kebakaran yang menggunakan gas sebagai media utama dalam memadamkan api. Seperti yang kita ketahui, api dapat terjadi jika ada 3 unsur pembentuk api. Yaitu elemen dasar pembentuk yang memicu, udara panas, dan oksigen. Contoh Elemen dasar pembentuk ini seperti kayu, kertas, minyak, bensin, kain, dan sebagainya. Udara panas dibutuhkan untuk melakukan proses penguapan pada elemen-elemen tersebut, setelah api terbentuk maka lebih cepat lagi suhu panas yang terjadi dan berkembang seiring dengan adanya oksigen sebagai bahan aktif dari reaksi pembakaran dan elemen dasar yang masih tersisa. apa saja jenis Alat Pemadam Kebakaran Gas ?35 Alat Pemadam Kebakaran Gas

Alat Pemadam Kebakaran Gas Karbon Dioksida

Dengan mempelajari serta memahami prinsip dasar tiga elemen pembentuk api tersebut, kita dapat mencegah terjadinya api seperti misalnya meletakkan jerigen minyak dari tempat yang jauh adanya sumber panas. Jika sudah terlanjur terjadi, maka siklus bisa diputus dengan menggunakan alat pemadam api gas. Alat ini menggunakan karbon dioksida (CO2) sebagai media utama, karena sifatnya yang lebih berat dari udara dan tidak mempunyai resiko untuk terbakar sehingga jika nozzle diarahkan ke sumber api oksigen akan tergantikan dan sesegera mungkin bisa memadamkan kebakaran. Karena unsur oksigen tidak dapat dipenuhi, maka api pun tidak dapat menyala kembali setelah padam. Contoh simplenya, api di lilin akan padam jika kita meniupnya. Karena gas yang kita keluarkan dari sistem pernafasan merupakan karbon dioksida. Gas tersebut menyelimuti oksigen yang ada di sekitar api yang menyala pada lilin sehingga api padam.

Karakteristik Alat Pemadam Kebakaran Gas

Alat pemadam kebakaran gas banyak dipakai untuk tempat-tempat yang menggunakan alat elektronik. Seperti laboratorium komputer, ruang server, dan lainnya. Karena CO2 memiliki karakter yang tidak merusak alat-alat tersebut. Perbedaan alat pemadam yang menggunakan gas dan media lain adalah terletak pada nozzlenya. Alat pemadam kebakaran gas umumnya memiliki nozzle yang lebih lebar jika dibanding nozzle dengan media air atau powder yang meruncing. Karena CO2 yang memiliki tekanan tinggi dalam tabung ketika disemprotkan akan menjadi sangat dingin, nozzle yang berbentuk lebih lebar ini melindungi tangan operator ketika digunakan.

Leave a Comment