Alat Pemadam Kebakaran Media Carbon Dioxida

Alat Pemadam Kebakaran Media Carbon Dioxida

Alat Pemadam Kebakaran Media Carbon dioxidaAnda tidak diharuskan untuk memadamkan api saat kebakaran terjadi, tetapi jika Anda mencoba untuk memadamkan api maka Anda perlu tahu alat pemadam kebakaran yang anda miliki. Jika anda tidak yakin bahwa diri anda mampu memadamkan api maka lebih baik anda meninggalkan lokasi kebakaran, dan dengan segera informasikan kepada petugas kebakaran yang berada terdekat dari kejadian kebakaran. Apalagi jika Alat Pemadam Kebakaran Media Carbon Dioxida yang anda miliki.

Alat Pemadam Kebakaran Media Carbon Dioxida memiliki karakter berbeda dibandingkan dengan alat pemadam kebakaran media lainnya. Alat pemadam kebakaran dengan media carbon dioxida sangat tidak disarankan untuk memadamakan kebakaran yang diakibatkan oleh benda padat misalnya kayu, kain, kapas. Hal ini dikarenakan oleh kemampuan carbon dioxida yang hanya mampu memadamkan api dengan cara meghilangkan unsur oksigen, sedangkan saat api padam pada kasus kebakaran ini penda padat akan meninggalkan bara yang tidak dapat dipadamkan oleh media carbondioxide sehingga saat oksigen kembali tercukupi kebakaran dapat berlanjut kembali.

Alat Pemadam Kebakaran Media Carbon dioxida bekerja dengan baik pada kebakaran yang terjadi karena cairan, dan media carbondioxide sangat direkomendasi untuk kebakaran yang diakibatkan oleh listrik atau perlengkapan elektronik, karena media carbondioxide memiliki tipikal yang berbeda dibandingkan dengan media powder yang meningggilkan banyak residu pasca proses pemadaman yang dapat berakibat terhadap rusaknya perlengkapan elektronik.

Nozle pada Alat Pemadam Kebakaran Media Carbon dioxida berbeda jika dibandingkan dengan nozle pada alat pemadam kebakaran media lainya, ujung selang pada media carbondioxide berbentuk melebar biasanya terbuat dari plastik atau jika corongnya terbuat dari plat pada bagian pangkal corong pasti terbuat dari bahan kayu atau plastik. Hal ini dikarenakan untuk menghindari pengguna bersentuhan langsung dengan media carbondioxide. Gas CO2 memiliki suhu minus 66C . Jika media carbondioxide terkena langsung dengan kulit dapat berakibat luka bakar.

Saat anda melakukan proses pemadaman pastikan ruangan yang terbakar memiliki ventilasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen anda, karena pada dasarnya untuk memadamkan kebakaran carbondioxide  berfungsi menghilangkan oksigen tetapi untuk kebutuhan anda hidup anda membutuhkan oksigen.

 

Leave a Comment