Alat Pemadam Kebakaran Untuk Mesin Cetak

Mesin cetak merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Dengan mesin cetak ini perusahaan yang mempu mengerakan roda perekonomian perusahaan sehingga perusahaan dapat menghasilkan produk yang dapat dijual oleh konsumen. Tidak kebayang gimana rasanya jika sewaktu-waktu musih kebakaran terjadi dan mesin cetak sebagai pengerak perekonomian perusahaan dan aset paling berharga terbakar begitu saja. Tentunya sungguh disayangkan jika hal ini sampai terjadi. Oleh sebab itu penting sekali menyediakan alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak untuk mengatasi kebakaran sewaktu-waktu mengancam.

alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak

Alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak Dengan media AF11

Alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak yang paling cocok yaitu dengan menggunakan media AF11 atau dengan menggunakan alat pemadam kebakaran media liquid gas. Media AF11 tidak meninggalkan residu sehingga cocok digunakan untuk industri yang bersih (clean industry) seperti mesin cetak ini. Cara kerja alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak dengan menggunakan media AF11 dengan cara menyemprotkan ke titik api yang membakar mesin cetak sehingga salah satu unsur / elemen segitiga api hilang. Segitiga api adalah elemen-elemen pendukung terjadinya kebakaran dimana elemen tersebut adalah panas, bahan bakar dan oksigen. Media AF11 menghilangkan unsur oksigen dari api sehingga api dapat padam.

Walaupun kita sudah menyediakan alat pemadam api media AF11 sebagai alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak itu belum cukup dan masih mempunyai kelemahan jika tanpa dipasang dengan flame detector. Seandainya flame detector tidak dipasang dan tidak seorang pun tahu kalau kebakaran terjadi di tempat mesin cetak tentu hal ini lain ceritanya. Tentunya kebakaran pasti akan terjadi. Oleh karena hal itu perlu diperlu di dukung alat pemadam kebakaran otomatis untuk memadamakan kebakaran yang kapan-kapan terjadi.

Alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak menggunakan alat pemadam kebakaran otomatis

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi bahaya bencana kebakaran alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak adalah dengan menggunakan alat pemadam kebakaran otomatis. Alat pemadam kebakaran otomatis salah satunya dengan menggunakan teknologi fire detection & suppression system yang diterapkan oleh Pyrozone yang disebut PyroDetec.

Untuk itu mesin cetak bisa menggunakan pyroDetect demi menimalir kerugian kebakaran yang terjadi. Cara kerja PyroDetec ketika terjadi kebakaran pada mesin cetak gambarnya sebagai berikut:

  • Ketika kebakaran selang pyrodetect yang tipis (internal diameter selang 0,1 mm dan outdoor diameter selang 0,05 mm) yang telah di pasang di mesin cetak terbakar. Maka selang yang terbakar pada titik api tersebut akan pecah.
  • Kemudian selang yang telah pecah tersebut akan memancarkan media yang ada didalam tabung, sehingga titik api pun akan padam.

Untuk media didalamnya bisa dipilih sesuai akan kebutuhan. Namun alat pemadam kebakaran untuk mesin cetak disarankan dengan menggunakan AF11 karena tidak meninggalkan residu.

Demi mencegah kebakaran, Bromindo menyediakan alat pemadam kebakaran berbagai media pemadam. Bromido memiliki teknisi yang sudah berpengalaman di Internasional dan bersertifikat NFPA. Kami juga melayani proyek pemasangan proteksi kebakaran dengan PyroDeTect untuk info lebih lanjut bisa hubungi kami.

Leave a Comment