Apa Itu Fire Sprinkler? Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

Kamu punya bisnis dan aset berharga, tapi belum diproteksi sama sistem proteksi kebakaran? Hati-hati, bisnis-mu bisa hilang dalam sekejap kalau dilalap si jago merah. Miliki fire sprinkler biar bisnismu lebih aman dari kebakaran. Apa itu fire sprinkler?

Fire sprinkler merupakan salah satu sistem proteksi kebakaran yang sangat penting. Keberadaan fire sprinkler di perusahaanmu bisa menyelamatkan aset dan nyawa dari ancaman kebakaran. Baca selengkapnya tentang apa itu fire sprinkler berikut ini.

Apa Itu Fire Sprinkler, Kenapa Penting untuk Keselamatan Gedung?

apa itu fire sprinkler standar nfpa

Fire sprinkler system adalah sistem pemadam kebakaran otomatis yang dirancang untuk mendeteksi dan merespons cepat terhadap kebakaran dalam gedung. Sistem ini bekerja dengan menyemprotkan media air ke area yang terdeteksi adanya api.

Sistem fire sprinkler cocok untuk digunakan di berbagai jenis ruangan dan bangunan, tergantung pada kebutuhan khusus dan karakteristik bangunan tersebut. Berikut adalah beberapa contoh tempat dimana sistem fire sprinkler sering digunakan:

  • Bangunan Komersial dan Kantor
  • Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan
  • Hotel dan Tempat Penginapan
  • Sekolah dan Universitas
  • Pusat Perbelanjaan dan Ritel
  • Gudang dan Pabrik
  • Apartemen dan Bangunan Hunian Tinggi
  • Dan lain-lain

Pemilihan jenis fire sprinkler yang tepat bergantung pada jenis dan penggunaan bangunan, serta potensi risiko kebakaran yang terkait dengannya. Fire sprinkler sangat penting untuk keselamatan gedung karena beberapa alasan utama berikut ini:

1. Pemadaman Api Otomatis dan Cepat

Fire sprinkler dirancang untuk bereaksi secara otomatis dan cepat terhadap kebakaran. Dengan mendeteksi panas dan menyemprotkan air secara langsung ke area yang terbakar, sistem ini dapat memadamkan atau mengendalikan api sebelum menyebar.

2. Pengurangan Risiko Kerusakan

Dengan memadamkan api pada tahap awal, fire sprinkler dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh api dan asap. Ini sangat penting dalam melindungi struktur bangunan, isi dalam gedung, dan aset-aset berharga.

3. Meningkatkan Keselamatan Penghuni

Dalam situasi kebakaran, keselamatan penghuni menjadi prioritas. Fire sprinkler memberikan waktu tambahan bagi orang-orang untuk keluar dari gedung dengan aman.

4. Pengurangan Asap dan Gas Beracun

Selain memadamkan api, sistem sprinkler juga membantu mengurangi produksi asap dan gas beracun yang dihasilkan oleh api. Hal ini sangat penting untuk melindungi keselamatan penghuni dari bahaya inhalasi.

5. Menunjang Kode Keselamatan dan Regulasi

Di banyak negara, pemasangan fire sprinkler telah menjadi bagian dari kode keselamatan bangunan. Terutama untuk gedung-gedung tinggi, fasilitas kesehatan, dan tempat-tempat publik lainnya.

Baca juga: Prosedur Evakuasi Kebakaran Sesuai Standar

7 Komponen Utama Fire Sprinkler System dan Fungsinya

Sistem fire sprinkler terdiri dari beberapa komponen utama. Setiap komponen bekerja sama dalam sistem untuk mendeteksi, mengontrol, dan memadamkan api saat terjadi kebakaran. Berikut adalah komponen utama pada fire sprinkler system:

1. Sprinkler Head

apa itu fire sprinkler dan fungsi komponen head sprinkler

Sprinkler head dilengkapi dengan sensor yang sensitif terhadap panas. Ketika suhu di sekitarnya meningkat secara signifikan, atau api mencapai suhu tertentu, sensor ini akan mendeteksi perubahan suhu dan mengaktifkan sprinkler head.

Setiap sprinkler head diatur untuk melepaskan air ketika sensor mendeteksi suhu yang memicu aktivasi. Biasanya, hanya sprinkler head di area yang terpengaruh oleh suhu tinggi yang akan melepaskan air, bukan seluruh sistem.

2. Pipa Suplai Air

Pipa suplai air berfungsi untuk mengalirkan air dari sumbernya ke sprinkler heads. Sumber air tersebut berupa ground tank atau water reservoir yang khusus disediakan untuk kebutuhan pemadaman. Pipa ini harus kuat dan tahan lama untuk menahan tekanan air.

3. Valve Set (Katup)

Katup atau valve berperan dalam mengontrol aliran air ke sistem sprinkler. Ini termasuk main control valve untuk mengaktifkan atau menonaktifkan seluruh sistem, dan zone valves untuk mengontrol aliran air di area tertentu.

4. Pressure Gauge (Alat Ukur Tekanan)

apa itu fire sprinkler dari kontraktor berpengalaman 25 tahun

Pressure gauge memberikan informasi langsung tentang tekanan air dalam sistem. Ini memungkinkan operator untuk memantau tekanan secara teratur dan memastikan tekanan air tetap dalam rentang yang diinginkan untuk operasi sprinkler yang optimal.

5. Alarm Check Valve

Alarm Check Valve pada sistem sprinkler bertanggung jawab untuk memastikan tekanan air yang memadai dalam sistem, mencegah balik aliran air ke sumbernya, dan memberikan peringatan melalui alarm jika ada masalah dengan tekanan dalam sistem.

6. Flow Switch (Saklar Aliran)

Pada sistem fire sprinkler, flow switch adalah perangkat untuk mendeteksi aliran air yang signifikan melalui sistem, mengaktifkan alarm, memantau kinerja sistem, dan memberikan informasi yang diperlukan untuk tindakan pemadam kebakaran.

7. Fire Department Connection (FDC)

FDC memberikan akses langsung kepada petugas damkar untuk menyambungkan peralatan mereka dengan sistem sprinkler gedung. Ini memungkinkan penggunaan pasokan air dari mobil damkar untuk membantu memadamkan kebakaran di dalam gedung.

Bagaimana Sistem Kerja Fire Sprinkler Saat Terjadi Kebakaran?

apa itu fire sprinkler dan cara kerjanya

Setiap sprinkler head memiliki elemen yang peka terhadap panas, berbentuk kapsul berisi cairan yang mengembang pada suhu tinggi atau disebut glass bulb. Elemen ini dirancang untuk bereaksi pada suhu tertentu (biasanya 68°C).

Ketika suhu di sekitar sprinkler mencapai 68°C, elemen peka panas akan bereaksi. Cairan glass bulb akan mengembang dan memecah kapsulnya. Reaksi ini mengakibatkan mekanisme katup di dalam sprinkler head terbuka.

Setelah katup terbuka, air yang tekanannya dipertahankan dalam sistem pipa akan mulai menyemprot keluar dari sprinkler head. Air ini disemprotkan secara merata ke area di sekitar sprinkler untuk memadamkan atau mengendalikan api.

Air yang disemprotkan oleh fire sprinkler bekerja untuk mendinginkan bahan yang terbakar dan mengurangi intensitas api. Selain itu, air juga membantu mengurangi produksi asap dan gas beracun, yang sangat berbahaya bagi manusia.

Walaupun sistem ini beroperasi otomatis, intervensi manual mungkin diperlukan untuk memastikan api benar-benar padam. Sistem juga sering kali terintegrasi dengan alarm kebakaran dan sistem pemadam lainnya untuk respon yang lebih komprehensif.

Kontraktor Fire Sprinkler Teknisi Profesional Standar NFPA

Apakah kamu mencari solusi andal untuk sistem pemadam kebakaran yang memenuhi standar tertinggi? Jika iya, maka pastikan kamu memilih kontraktor fire sprinkler profesional, berpengalaman, dan memenuhi standar NFPA.

Bromindo, kontraktor fire sprinkler yang berkomitmen pada keamanan, menyediakan layanan pemasangan dan pemeliharaan sistem sprinkler sesuai standar National Fire Protection Association (NFPA) dengan pengalaman lebih dari 25 tahun.

kontraktor fire sprinkler profesional standar nfpa

Dalam 25 tahun perjalanan, Bromindo telah menjadi pionir dalam industri ini. Keahlian teknis kami dipadukan dengan pemahaman mendalam akan setiap aspek kode dan standar NFPA yang terkait. Termasuk NFPA 13, NFPA 25, dan standar NFPA lainnya.

Tim profesional kami adalah member resmi NFPA. Mereka terlatih dengan baik, berpengalaman, dan terus memperbarui pengetahuan mereka agar selalu sesuai dengan peraturan terbaru dan teknologi terkini.

Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis. Temukan bagaimana kami dapat memberikan solusi sistem sprinkler yang handal sesuai dengan standar NFPA, didukung oleh pengalaman 25 tahun kami yang berharga.

Recommended Posts

Leave a Comment

0