Apa itu Foam System dalam Dunia Pemadam Kebakaran?

Apa itu foam system mungkin kerap muncul di benak Anda. Foam system ini merupakan salah satu sistem proteksi kebakaran di dunia fire fighting.

Apa itu Foam System?

Pada umumnya kebakaran dipadamkan dengan air. Namun untuk beberapa jenis kebakaran, akan fatal dan membesar jika dipadamkan dengan air.

Misalnya saja pada kebakaran cairan kimia dan minyak. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya minyak dan air tidak dapat menyatu. Memadamkannya dengan air hanya akan membuat minyak dan kebakaran meluas.

Oleh karenanya foam system merupakan sistem pemadam yang tepat untu kebakaran kelas B. Yakni, kebakaran yang diakibatkan oleh benda cair mudah terbakar.

Apa itu foam system? Ya, seperti namanya tentu Anda sudah dapat menebak. Foam system merupakan sistem proteksi kebakaran yang menggunakan busa sebagai pemadamnya.

Apa itu Foam System - Foam TankInstalasi foam system tetaplah membutuhkan media air. Meskipun nantinya media air akan diubah menjadi media foam. Media air akan ditampung pada tanki dengan kapasitas yang disesuaikan berdasarkan luas area yang diproteksi.

Pada sistem ini juga membutuhkan fire pump yang mampu menyedot air dengan tekanan tinggi. Pompa ini kemudian akan mendistribusikan media air melalui pipa-pipa menuju output untuk memadamkan api.

Foam system atau yang juga disebut foam extingushing system ini terbagi dalam dua kategori. Yakni, Air Foam Fire Extinguishing System yang memanfaatkan busa air dan Chemical Foam Fire Extinguishing

Chemical Foam dan Air Foam, Apa bedanya?

Sama-sama merupakan bagian dari foam system, chemical foam dan air foam extinguishing memiliki perbedaan dari proses pembentukannya, apa itu? Berikut penjelasan mengenai keduanya:

Apa itu Foam System - Foam System1. Chemical Foam Extinguishing System

Pada chemical foam extinguishing system menggunakan busa kimia. Namun sayang, foam extinguishing sistem yang satu ini sudah tidak lagi diproduksi sejak beberapa tahun lalu.

Hal ini bukannya tanpa alasan. Bahan kimia reaktif memang dituding sebagai salah satu musuh keberlangsungan lingkungan hidup. Wajar saja jika kini air foam extinguishing system yang menggantikannya.

2. Air Foam Extinguishing System

Pada Air Foam Fire Extinguishing Systemtentunya lebih aman dibandingkan chemical foam.  Sistem ini merupakan instalasi terpadu yang terdiri dari sumber air, pompa kebakaran, air foam concentrate, proportioner, foam maker, foam discharge outlet control panel dan rangkaian pipa.

Media air foam ini terbuat dari air yang kemudian diolah oleh mesin pembuat busa (Foam Maker). Foam Maker menciptakan busa untuk mereduksi api dari benda cair mudah terbakat dengan cara cooling effect. Cooling effect sendiri merupakan salah satu teknik memadamkan api dengan memutus rantai segitiga api.

Nah, itu dia informasi mengenai apa itu foam system. Masih memiliki pertanyaan soal sistem ini? Silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar atau hubungi kami.

Recommended Posts

Leave a Comment