Mengenal APAR Powder, Tabung Pemadam Beribu Manfaat

APAR powder adalah alat pemadam api dengan media dry chemical powder, yang dapat memadamkan api kelas ABC. Oleh sebab itu APAR ini menjadi produk best seller yang banyak dipilih sebagai proteksi kebakaran. Bukannya tanpa sebab, APAR ini banyak diburu karena kemampuannya dalam memadamkan api yang sangat luas dan keefektivitasannya. Mari cari tahu lebih dalam seluk-beluk APAR dengan media serbuk kering di bawah ini.

Apa itu APAR Powder?

APAR atau alat pemadam api ringan powder adalah proteksi kebakaran berbentuk tabung berwarna merah. Di dalam tabung tersebut berisi tekanan dan media pemadam api. APAR ini menggunakan sistem tekanan stored pressure dan menggunakan media dry chemical powder, kombinasi dari mono-amonium danammonium sulphate.

APAR dengan media dry chemical powder ini bekerja dengan dua cara, yaitu:

  • Smothering: Mengisolasi atau menyelimuti api agar tidak mendapat pasokan oksigen.
  • Starvation:  Mengurai atau memisahkan bahan bakar dari unsur lain.

Dengan cara kerja ganda, maka api dapat dipadamkan secara cepat dan efektif menggunakan APAR jenis ini. Sehingga, bahaya kebakaran dan kerugian dapat diminimalisir.

Selain cara kerja ganda memadamkan api, APAR dengan media serbuk kering ini memiliki kemampuan untuk memadamkan kelas kebakaran yang begitu luas, seperti:

  • A: Kebakaran yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar, seperti kertas, kain, kayu dan sebagainya.
  • B: Kebakaran yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar, seperti bensin, alkohol, minyak dan sebagainya.
  • C: Kebakaran yang disebabkan oleh masalah elektrikal seperti arus pendek, korsleting dan sebagainya.

Jadi, tidak perlu khawatir akan kelas kebakaran yang akan dihadapi, karena APAR powder dapat mengatasi itu semua.

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Dry Chemical Powder

Cara menggunakan alat pemadam api dry chemical powder sangat lah mudah. Cukup dengan mengikuti teknik P.A.S.S. (Pull, Aim, Squeeze, Sweep) yang akan dipraktikan di bawah ini:

  • Pull: Tarik pin pengaman pada tuas APAR.
  • Aim: Arahkan nozzle ke titik api.
  • Squeeze: Tekan tuas untuk mengeluarkan media dari dalam tabung APAR.
  • Sweep: Sapukan media pemadam api secara perlahan dari sisi demi sisi, tepat pada sumber api.

APAR Powder dan Cara Menggunakan APAR

Sangat mudah bukan? Namun Anda juga harus memperhatikan arah angin. Jangan menyemprotkan APAR powder melawan arah angin, karena akan menghamburkan media serbuk kering yang keluar dan membuat pemadaman tidak efektif.

Tips Merawat APAR Powder dan Cara Mengetahui Masa Kedaluwarsa

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Nomor Per-04/men/1980 Tentang Syarat-syarat Pemasangan Dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan, APAR powder wajib melakukan inspeksi minimal 6 bulan sekali atau 2x dalam satu tahun.

Pastikan APAR dalam kondisi baik dengan melakukan cek fisik pada tabung dengan melihat apakah ada kebocoran, penyok atau karat. Juga cek tekanan dengan melihat komponen pressure gauge, pastikan berada pada green sector (15-20 bar). Selain itu, goyang-goyankan tabung APAR dan perhatikan apakah ada suara seperti pasir mengalir untuk memastikan APAR tidak menggumpal.

APAR Powder dan Cara Pasang APARTidak hanya itu, pastikan juga APAR disimpan dengan baik, dengan syarat seperti di bawah ini:

  • Pasang pada dinding dengan tinggi minimal 15 cm – 125 cm dari lantai.
  • Pastikan area pemasangan mudah diakses dan tidak terhalang oleh apa pun.
  • Lengkapi dengan tanda APAR tepat di atas alat pemadam api.
  • Gunakan box APAR saat pemasangan outdoor.

Dengan cara penyimpanan yang sesuai standar, maka APAR powder tidak akan mudah menggumpal dan akan selalu dalam kondisi siap pakai, tentunya dengan performa maksimal dan tidak rusak sebelum memasuki masa kedaluwarsa.

Omong-omong masalah kedaluwarsa APAR powder, APAR ini akan masuk masa expired ketika mencapai 5 tahun. Cukup panjang memang masa kedaluwarsanya, namun saat memasuki masa kedaluwarsa harus segera melakukan refill APAR, agar bisa digunakan kembali.

Cara Memilih APAR Powder Berkualitas Rekomendasi Damkar

Nah, jika Anda sedang mencari APAR powder kami akan berikan tipsnya! Jadi, saat memilih APAR powder yang harus Anda pastikan adalah APAR tersebut telah tersertifikasi atau direkomendasikan oleh Damkar. Jadi kualitasnya jelas dan memenuhi standar alat pemadam api di Indonesia.

Bicara tentang APAR tersertifikasi Damkar, kami punya rekomendasi pilihan buat Anda, yaitu APAR Firefix! APAR Firefix ini telah lulus uji Lab Damkar DKI Jakarta dan mendapat sertifikasi dengan nomor sertifikasi Firefix: LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020.

Selain sudah tersertifikasi, APAR powder Firefix juga telah terkoneksi dengan aplikasi cek APAR Firecek. Jadi, Anda bisa melakukan inspeksi dan monitoring digital secara real-time via web dan smartphone.

APAR Powder Firefix Terkoneksi Aplikasi Cek APAR Firecek

Tidak hanya itu, jika Anda memilih APAR powder Firefix, maka juga akan mendapatkan garansi selama 5 tahun. Garansi ini akan memprotkesi produk APAR Firefix yang Anda miliki, jadi lebih hemat 2x!

Banyak keuntungan jika memilih APAR powder Firefix sebagai proteksi kebakaran di sekitar Anda. Kini produk Firefix dapat didapatkan secara online di sini, gratis ongkir tanpa minimun order untuk area Jakarta-Surabaya-Semarang!

Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan APAR powder Firefix untuk proteksi kebakaran Anda! Hubungi kami dan dapatkan penawaran cepat dengan menekan tombol di bawah ini!

Recommended Posts

Leave a Comment

0