7 Bagian Bagian APAR dan Fungsinya, Apa Saja? Cek di Sini!

Bagian-bagian APAR dan fungsinya merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para pemilik atau pengguna APAR. Setiap bagian APAR memiliki fungsi atau peran masing-masing yang menunjang kinerja APAR dalam memadamkan api kebakaran. Lantas, apa saja bagian-bagian APAR dan fungsinya?

Bagian-Bagian APAR dan Fungsinya dalam Memadamkan Api

bagian bagian apar dan fungsinya sesuai standarSebagai pemilik atau pengguna APAR, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja bagian-bagian APAR dan fungsinya. Tujuannya supaya kamu bisa merawat dan menggunakan setiap komponen APAR dengan baik, sehingga cara kerja APAR dalam memadamkan api semakin optimal.

Berikut adalah 7 bagian-bagian APAR dan fungsinya yang penting untuk diketahui.

1. Safety Pin

Fungsi dari komponen ini adalah untuk menahan tuas pada saat APAR tidak digunakan. Dengan adanya safety pin, maka media pemadam api di dalam tabung APAR tidak akan keluar. Terutama jika tuas pada APAR tidak sengaja tertekan.

2. Handle

Handle atau tuas merupakan komponen yang berfungsi untuk membuka spindle. Jika komponen ini ditekan, maka akan muncul gas bertekanan yang membawa media APAR keluar dari tabung pemadam api.

3. Nozzle

Komponen ini berbentuk corong yang menjadi tempat keluarnya media pemadam api. Nozzle merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan media pemadam api agar bisa tepat sasaran ke titik api.

4. Bagian APAR dan Fungsinya Pressure Gauge

bagian bagian apar dan fungsinya pressure gauge

Pressure gauge merupakan bagian APAR dengan sistem stored pressure yang fungsinya untuk mengecek tekanan tabung APAR. Komponen ini dilengkapi dengan manometer untuk menunjukkan berapa tekanan di dalam tabung APAR.

5. Tube

Tabung atau tube merupakan salah satu bagian bagian APAR dan fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan media pemadam api. Tube dibuat dari bahan yang kuat, seperti mid steel. Media pemadam api yang biasanya digunakan antara lain foam, powder, CO2, dan liquid gas.

6. Hose

Selang atau hose adalah bagian APAR yang fungsinya sebagai media untuk meneruskan atau menyalurkan media pemadam api dari dalam tabung menuju ke luar atau ke sumber kebakaran. Komponen ini dipasang ke bagian ujung nozzle.

7. Sabuk Tabung

Bagian APAR ini fungsinya adalah untuk mengamankan nozzle agar tidak menggantung, sehingga lebih mudah diambil pada saat tabung APAR akan diambil untuk memadamkan kebakaran.

Inovasi Bagian APAR Terbaru Pakai Magnetic Hose Nozzle Canggih

Kemudahan penggunaan dan efisiensi waktu dalam mengoperasikan APAR menjadi kunci utama, terutama saat terjadi keadaan darurat. Salah satu inovasi terbaru yang mendukung aspek tersebut adalah fitur Magnetic Hose Nozzle pada APAR Firefix.

Magnetic Hose Nozzle adalah fitur sabuk magnet yang dirancang untuk meningkatkan kemudahan, kecepatan, dan efisiensi penggunaan APAR saat dibutuhkan.

Fitur ini memungkinkan selang APAR menempel secara otomatis ke tabung APAR tanpa memerlukan sabuk atau pengikat tambahan. Dengan adanya magnet di ujung selang dan tabung APAR, penyimpanan selang APAR menjadi lebih mudah, rapi, dan estetik.

Tidak lagi diperlukan effort tambahan untuk memasukkan selang ke dalam sabuk pengikat yang terkadang cukup merepotkan. Fitur ini memperbaiki cara penyimpanan selang APAR dan meningkatkan aspek visual pada lingkungan penyimpanannya.

Dengan adanya bagian APAR magnetic hose nozzle dan fungsinya yang efisien, penggunaan APAR juga menjadi jauh lebih cepat. Pengguna hanya perlu menarik selang, dan magnet yang kuat akan langsung melepaskan selang dari tabung tanpa hambatan.

Penggunaan sabuk magnet dalam fitur ini dirancang dengan mempertimbangkan aspek keamanan dan durabilitas. Magnet yang digunakan sangat kuat dan dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi, termasuk paparan panas, debu, dan getaran.

Hal Ini memastikan bahwa bagian bagian APAR dan fungsinya ini akan tetap melekat pada tabung dalam kondisi apapun, namun tetap mudah dilepas ketika diperlukan. Dengan begitu, tidak ada risiko selang terlepas secara tidak sengaja yang bisa mengurangi efektivitas APAR.

Dengan implementasi teknologi ini, diharapkan penggunaan APAR menjadi lebih intuitif, cepat, dan efektif. Hal ini akan memperbesar peluang untuk mengatasi api pada tahap awal sebelum menyebabkan kerusakan lebih luas.

Cara Mengecek Bagian Bagian APAR dan Fungsinya Agar Selalu Siap Digunakan

bagian bagian apar dan fungsinya tabung kuat hingga tekanan 80 bar

Merawat APAR sangat penting dilakukan untuk memastikan bagian-bagian APAR dan fungsinya bisa bekerja dengan optimal. Cara merawat APAR dengan benar harus dilakukan untuk menghindari kerusakan atau kecacatan pada tabung APAR yang bisa mengurangi performanya.

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor:PER.04/MEN/1980, pemeriksaan bagian-bagian APAR dan fungsinya harus dilakukan 2 kali dalam setahun atau setiap 6 bulan sekali.

Beberapa cara perawatan APAR agar fungsinya tetap optimal adalah sebagai berikut:

  • Simpan tabung APAR sesuai standar, yaitu dengan jarak 15 – 125 cm di atas lantai.
  • Lakukan refill atau isi ulang APAR jika media pemadam api sudah kadaluarsa.
  • Jika APAR diletakkan di luar ruangan, maka wajib dilengkapi dengan box APAR.
  • Bersihkan permukaan APAR agar terhindar dari kotoran yang bisa menimbulkan karat atau korosi.
  • Segera servis APAR jika ada bagian-bagian APAR dan fungsinya yang mengalami kerusakan.
  • Lakukan inspeksi APAR secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali.

Pengecekan Bagian Bagian APAR dan Fungsinya Lebih Praktis Pakai Aplikasi Checklist APAR di Smartphone

Dalam upaya pencegahan kebakaran dan peningkatan keselamatan, inspeksi rutin APAR menjadi salah satu langkah krusial. Firecek menawarkan solusi inovatif melalui fitur checklist inspeksi APAR yang memudahkan pengguna dalam melakukan inspeksi secara berkala.

bagian bagian apar dan fungsinya dicek dengan aplikasi sistem proteksi kebakaran

Firecek adalah Aplikasi Sistem Proteksi Kebakaran No.1 di Indonesia yang memiliki banyak fitur canggih untuk membantu memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengecek alat pemadam api yang mereka miliki.

Nah, salah satu fitur pada aplikasi Firecek adalah checklist inspeksi APAR. Fitur ini memberikan panduan langkah demi langkah tentang apa saja yang perlu diperiksa, mulai dari tekanan, kondisi fisik tabung, hingga tanggal kedaluwarsa.

Dengan demikian, setiap individu atau pengelola gedung dapat melakukan inspeksi bagian APAR dan fungsinya secara mandiri dengan mudah dan efisien. Hal ini akan membantu memastikan bahwa alat pemadam api tersebut dapat berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.

Fitur ini dilengkapi dengan panduan inspeksi yang lengkap dan detail, memastikan bahwa tidak ada bagian bagian APAR dan fungsinya yang terlewat. Hal ini sangat membantu, terutama bagi pengguna yang belum familiar dengan prosedur inspeksi APAR.

Firecek juga memungkinkan pengguna untuk mencatat hasil inspeksi dan menghasilkan laporan secara otomatis. Ini sangat berguna untuk dokumentasi dan evaluasi kondisi APAR secara berkala, serta memudahkan pengelola gedung dalam melakukan audit keselamatan.

Implementasi fitur checklist inspeksi APAR dalam aplikasi Firecek merupakan langkah maju dalam teknologi pencegahan kebakaran. Dengan memanfaatkan teknologi, proses inspeksi menjadi lebih mudah, efisien, dan dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja.

Yuk, digitalkan APAR Anda dengan Firecek sekarang biar pengecekan bagian bagian APAR dan fungsinya jadi semakin praktis. Download aplikasi Firecek DISINI ya. Pastikan semua APAR Anda dalam kondisi siap siaga!

Recommended Posts

Leave a Comment

0