Bahan Alat Pemadam Api

Alat pemadam api dalam sehari-hari tidak asing lagi di kehidupan kita. Sering kali hampir bisa melihat alat pemadam api ini yang berbentuk tabung berwarna merah di setiap gedung perkantoran, rumah sakit, perindustrian, akademik, supermall, dan lain-lain. Fungsi dari alat ini pasti kalian sudah mengetahuinya bukan? Tepat sekali untuk memadamkan api yang bisa menyebabkan kebakaran. Tentunya dengan level atau tingkat kebakaran yang masih bisa ditangani oleh setiap orang yang sudah di training untuk menggunakannya. Sedangkan bahan alat pemadam api (fire e) ini terdiri dari beberapa bahan yang di gunakan. Untuk bahan alat pemadam api ini kita akan bahas di artikel ini.

bahan alat pemadam api

Untuk membuat alat pemadam api terdiri dari beberapa bahan yang digunakan. Bahan alat pemadam api terdiri dari dry chemical powder (serbuk kimia kering), Halon Free (HCF-21) atau gas cair, Carbon Dioxide (co2) , dan Foam liquid (super busa) atau AFFF. Bahan-bahan tesebut memiliki peran masing-masing tingkat kelas pemadam kebakaran. Dari kelas kebakaran terdiri dari tingkat kebakaran A, tingkat kebakaran B, tingkat kebakaran C, dam tingkat kebakarn D.

 

Beberapa Bahan Alat Pemadam Api dan Kelas Kebakarannya

Berikut beberapa bahan alat pemadam api dan kelas kebakarannya :

  • Bahan alat pemadam api Dry Chemical Powder ini digunakan untuk multi purpose kelas kebakaran A, B, C, dan D. Alat pemadam Api jenis ini digunakan untuk api kelas A, B, dan C. Zat yang digunakan disebut mono ammonium phosphate. Zat kimia ini bersifat non konduktif dan sedikit bersifat korosif dalam keadaan lembab. Fire extinguisher ini biasanya digunakan di gedung akademik, perkantoran, rumah sakit, perindustrian, dan perumahan.
  • Bahan alat pemadam api Halon free ( HCF-21) berupa gas cair yang tidak berwarna, bersih, tidak meninggalkan bekas, serta efektif. Sehingga cocok digunakan untuk melindungi barang-barang elektronik akibat kebakaran listrik. Alat pemadam api ini merupakan zat cair yang menguap, tidak merusak ozon dan tidak meninggalkan residu. Sangat cocok digunakan untuk ruang komputer, tempat telekomunikasi, server komputer, biskop dan lain-lain. Fire extinguisher ini digunakan untuk api kelas A, B, dan C.
  • Bahan Alat pemadam api Carbon Dioxide (Co2) menggunakan  bahan kimia berupa Co2. Co2 adalah bahan kimia dengan daya pemadam api yang efektif dan bersih. Alat pemadam api ini cocok digunakan untuk memadamkan cairan yang mudah terbakar yang disebabkan listrik serta peralatan elektronik. Alat pemadam api ini cara kerjanya menghilangkan oksigen sehingga api berhenti membakar pada zona kebakaran dan memiliki batas-batas tertentu untuk memadamkan api, karena tingkat kebakaran yang  tinggi tidak bisa menggunakan alat  ini. Fire extinguisher Co2 sangat ramah terhadap lingkungan dan tidak meninggalkan residu. untuk peletakkan alat pemadam api ini biasanya ditempatkan di tempat-tempat yang sensitif dengan kontaminasi seperti ruang server komputer, tempat penyimpanan makanan, sebagainya. Untuk kelas kebakaran alat ini digunakan untuk kelas kebakaran B dan C.
  • Alat pemadam api foam liquid / super busa / AFFF merupakan menggunakan alat pemadam api yang menggunakan busa mekanik yang sangat ampuh untuk kebakaran yang disebabkan oleh benda padat maupun benda cair seperti ( Bensin, Tiner, Oli, dan sejenisnya). Bahan foam liquid (busa) bisa membentuk lapisan semacam film yang menutup permukaan sekaligus mendinginkan obyek yang terbakar serta untuk menghindari api yang dapat menyala kembali sehingga titik api cepat untuk di padamkan. cara kerja fire extinguisher dengan media foam liquid (busa) dengan mengapung di atas api yang berkobar agar api bisa lebih dikendalikan dan terhindar dari percikan. Biasanya digunakan di garasi, perumahan, kendaraan, dan workshop. Alat pemdam api jenis ini cocok digunakan untuk api kelas A dan B.

Untuk alat pemadam api ringan (APAR) harus dilakukan isi ulang (refill) setiap tahunnya sesuai Standar Dinas Pemadam Kebakaran. Untuk hal tersebut kami dari Bromindo menyediakan berbagai bahan alat pemadam api dan ukuran tabung pemadam kebakaran. Bromindo memiliki izin dari pemerintah untuk membuat dan mengisi ulang tabung pemadam kebakaran. Kami memiliki sertifikat NFPA dan mengaju pada SNI dalam pembuatannya dengan kualitas terjamin dan tahan lama. Untuk info lanjut mengenai fire extinguisher bisa langsung hubungi kami.

 

Leave a Comment