Box tabung pemadam kebakaran

Box tabung pemadam kebakaran

Box tabung pemadam kebakaran adalah tempat untuk meletakkan alat pemadam di bangunan, biasanya berwarna merah dan diletekkan pada tempat-tempat strategis seperti lobi hotel, perkantoran, dekat pintu masuk, dekat lift dan area yang mudah terlihat serta mudah dijangkau oleh orang sekitar saat terjadi musibah kebakaran. Ukuran dari box tabung pemadam kebakaran menyesuaikan dari tabung portable yang digunakan, semakin besar tabung alat pemadam api, maka ukuran dimensi box tabung pemadam kebakaran yang dipasang juka akan semakin besar. Fungsi dari box ini selain untuk perlindungan alat pemadam api, juga sebagai penanda yang bernilai seni bahwa tempat tersebut telah terproteksi dengan alat pemadam. Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di tempat tersebut maka tindakan untuk memadamkan api akan bisa dilakukan dengan cepat.Box tabung pemadam kebakaran

Material Box tabung pemadam kebakaran

Box tabung pemadam kebakaran tidak membedakan jenis-jenis tabung yang bisa diletakkan disana, semua media bahan pemadam api mulai dari air, karbon dioksida maupun dry chemical powder bisa ditempatkan pada box selama ukuran dan dimensi tabung cukup untuk masuk kedalam box tersebut. Material yang digunakan untuk membuat box tabung pemadam kebakaran ini biasanya adalah besi stainless steel sehingga lebih kokoh, awet, serta tahan lama. Peletakan box ditempel pada tembok di area yang mudah terlihat. Dengan memasukkan alat pemadam api ringan ke dalam box, maka tampilan dari luar akan terlihat lebih rapi, aman dari orang – orang yang tidak berkepentingan.

Keamanan Box tabung pemadam kebakaran

Beberapa Box tabung pemadam kebakaran memiliki kunci pengaman khusus, hal ini dimaksudkan agar peralatan pemadam api yang ada didalam box tidak dicuri orang. Alat pemadam api juga merupakan aset berharga yang dimiliki perusahaan, oleh sebab itu harus dijaga dan ditempatkan dengan baik. Kunci disimpan pada tempat yang telah disepakati bersama, sehingga jika sewaktu – waktu terjadi kebakaran di area tersebut tidak kesulitan mencari kunci untuk mengambil alat pemadam api. Namun jika dalam kondisi darurat dan panik, seseorang bisa memecahkan kaca yang terdapat dalam box dengan benda keras seperti batu atau palu untuk segera mengambil alat pemadam yang ada di dalam box.

Leave a Comment