4 Cara Isi Ulang APAR yang Benar, Cek Panduan Lengkap di Sini!

Kamu sudah tah belum bagaimana cara melakukan isi ulang APAR yang benar? Kita sangat dimudahkan untuk melakukan isi ulang APAR terutama dari sisi jasa penyedia refill yang sekarang sudah banyak. 

Sehingga hal tersebut membuat kita menjadi kurang aware akan pentingnya melakukan refill APAR dengan baik dan benar seperti apa. Padahal ada begitu banyak resiko jika kita salah melakukan refill APAR. 

Cara Isi Ulang APAR yang Salah, Apa Saja?

Namun sebelum beranjak ke topik tadi, ada baiknya kamu tahu dulu soal poin apa saja cara isi ulang APAR yang salah. Beberapa poin tersebut antara lain:
Cara isi ulang apar yang benar dengan memperhatikan poin berikut

  1. APAR tidak terisi sesuai kapasitas tabung: Hal ini berkaitan dengan kehati-hatian kamu dalam memilih tempat/vendor terpercaya yang amanah dan profesional saat refill APAR. Karena kita tahu betul ketika melakukan refill APAR di vendor, kita tidak bisa dengan jelas memonitor proses isi ulang. Jika tidak hati-hati maka beberapa kecurangan bisa menimpa kamu seperti misalnya vendor tersebut ternyata tidak merefill APAR sesuai dengan standar isi yang ada. Alhasil kamu tidak bisa memadamkan api secepat mungkin, karena media yang ada di dalam APAR tidak mencukupi.
  2. Media Pemadam api berkualitas rendah: poin yang satu ini bisa menyebabkan beberapa permasalahan seperti misalnya penggumpalan pada media pemadam api khususnya powder. Permasalahan lainnya adalah komponen output dari APAR mengalami penyumbatan karena media pemadam api yang menggumpal tadi. Sehingga proses pemadaman api semakin lambat, dan aset/bangunan bisa ludes terbakar. 
  3. Fisik dari tabung APAR tidak dicek: ketika refill terkadang beberapa vendor hanya melakukan refill saja tanpa melakukan pengecekan menyeluruh terhadap fisik tabung dan spare part alat pemadam api. Padahal melakukan pengecekan sebelum refill dapat meminimalisir terjadinya beberapa masalah, seperti misalnya APAR bisa meledak, dan sebagainya. Kurangnya pengalaman dan pengetahuan tentang perawatan alat pemadam api juga sebaiknya menjadi pertimbangan kamu ketika mencari vendor isi ulang apar.
  4. Klien tidak diberi edukasi: Edukasi terkait penggunaan APAR sangat penting supaya bisa memadamkan api sedini mungkin. Selain memadamkan api, klien juga bisa lebih siap dalam menghadapi kebakaran serta tahu apa saja yang perlu ia lakukan untuk menghindari terjadinya korban jiwa. Jadi sangat penting bagi kamu untuk mencari tempat vendor yang terbaik, yang bisa memberikan edukasi penting mengenai penggunaan APAR.

Bahaya Isi Ulang APAR yang Salah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa beberapa poin tadi dapat menyebabkan beberapa masalah, mulai dari penggumpalan media APAR hingga tabung bisa meledak. 

Penyebab-penyebab tadi bisa menimbulkan resiko yang besar pula. Seperti contohnya dari tabung APAR yang ternyata punya beberapa komponen yang harus diganti karena tidak layak tapi dipaksa untuk di refill. Akibatnya tabung APAR meledak, dan bisa mengenai sekitarnya.

Cara isi ulang APAR yang tidak benar akan memberikan dampak besarPaling fatal adalah mengenai orang yang melakukan proses refill. Dimana mereka bisa terkena dampak lebih besar akibat ledakan APAR, berupa luka yang cukup parah.

Trik Cara Isi ulang APAR yang Benar & Aman

Lalu bagaimana cara isi ulang APAR yang benar? Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa melakukan refill APAR tidak boleh sembarangan orang. 

Mengingat untuk tindakan refill APAR ada peraturannya sendiri, sehingga orang yang melakukan cara isi ulang APAR yang benar, harus tahu dan paham. 

Cara isi ulang apar yang benar dan baikMaka sangat dianjurkan untuk me-refill pada vendor yang tepat dengan dilengkapi tim ahli untuk melakukan isi ulang APAR dengan cara yang benar. 

Tapi bagaimana cara menentukannya? Ada beberapa poin yang bisa kamu pakai, yaitu: 

  1. Punya Layanan on site service / isi ulang APAR di tempat: kamu harus memastikan bahwa vendor yang kamu memiliki layanan isi ulang APAR di tempat / on site agar nantinya kamu bisa meminimalisir beberapa permasalahan di atas seperti mengalami kecurangan dalam refill APAR, sampai kita bisa tahu kualitas dari media APAR yang dipakai.
  2. Berpengalaman dan Memiliki Rekam Jejak yang Bagus: pastikan kamu mencari tahu rekam jejak dan portfolio pekerjaan serta perusahaan mana saja yang pernah menggunakan jasa vendor tersebut
  3. Tidak pelit ilmu dan informasi terkait: Seperti misalnya cara penggunaan, tips & trik tentang APAR dan sebagainya. Hal ini akan memberikan Sehingga kamu bisa lebih aware lagi dengan aset yang kamu miliki.
  4. Memberikan pelatihan  terkait penggunaan APAR: Seperti misalnya training APAR gratis. Dengan adanya pelatihan tersebut kamu bisa lebih tahu penggunaannya seperti apa, cara pengaplikasiannya di dunia nyata seperti apa, dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa lebih siap mental untuk bisa memadamkan api sedini mungkin.

Cuma di Bromindo, Isi Ulang APAR yang Benar, Gratis Aplikasi Cek Apar

Selain on site dan pelatikan gratis , di tempat kami tersedia aplikasi inspeksi canggih untuk perawatan APAR, yaitu aplikasi Firecek.

Aplikasi Firecek adalah aplikasi pengganti kartu cek APAR yang mungkin sampai sekarang masih sering kamu dapatkan setelah refill.

Secara tidak langsung hal tersebut membuat tabung APAR-mu kotor karena ada banyak bekas tempelan kartu cek apar yang kamu dapatkan.

Aplikasi Firecek juga bisa membantu kamu dalam perawatan APAR mulai dari jadwal refill sampai dengan inspeksi. Manfaatnya tidak hanya sampai disitu saja.

Cara isi ulang APAR yang benar bisa bikin jadwal inspeksi lewat aplikasi FirecekAda beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini, antara lain:

  1. Data kamu bisa lebih aman karena Firecek bisa menyimpan lebih dari 1000 data
  2. Bisa membantu kamu memonitor APAR dimana saja dan kapan saja
  3. Bisa buat jadwal inspeksi APAR kapan saja dan dmana saja lewat smartphone
  4. Lengkap dengan notifikasi riwayat penggunaan terakhir, agar kamu lebih mudah memonitor APAR.

Firecek nantinya akan dipasang setelah kamu melakukan cara isi ulang APAR yang benar di tempat kami dengan bantuan tim ahli dari kami. 

Semoga beberapa poin tadi bisa jadi referensi kamu ya! Kalau ada pertanyaan tentang cara isi ulang APAR yang benar lainnya bisa langsung komen langsung di kolom komentar. Share juga agar teman, keluarga, dan sahabat kamu bisa lebih teredukasi. 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar sistem proteksi kebakaran seperti alat pemadam api terbaik, fire hydrant, fire alarm, atau fire system; tak perlu ragu untuk bertanya ke tim ahli Bromindo di sini. Kami sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia sistem proteksi kebakaran.

Recommended Posts

Leave a Comment

0