Cara Kerja Co2 System

Perkembangan teknologi saat ini terus berkembang, perkembangan ini juga di ikuti produk fire extinguisher seperi carbon dioxide agent. Bahan Co2/karbon dioksida/carbon dioxide merupakan bahan pemadam kebakaran  yang digunakan untuk menggantikan media gas hallon atau bahan alternative pengganti hallon. Cara kerja co2 system dalam memadamkan api yaitu dengan cara mengurangi komposisi oksigen dalam ruang sampai ke tingkat dimana kebakaran tidak terjadi lagi. Untuk detailnya bahan ini digunakan untuk memadamkan api dengan menyingkirkan atau mengencerkan komposisi udara normal sampai kandungan oksigen menurun dari 21% ke 15% atau kurang. Hal ini dapat terjadi karena berat jenis gas co2 lebih besar 1,5 kali dari pada udara biasa. Pemadam sistem co2 memiliki sifat penetrasi yang baik serta meminimal kerusakan sekunder pada bahan maupun peralatan yang dilindungi.cara kerja co2 system

Supaya Cara Kerja co2 system dapat digunakan secara tepat dan aman

Supaya Cara kerja co2 system dapat digunakan secara tepat dan aman harus dilakukan secara cermat karena pada konsentrasi desian 34%-75% volume. Hal ini merupakan kondisi yang kurang aman bagi penghuni ruangan, sehingga umumnya dipakai pada daerah atau ruang-ruang yang tidak dihuni secara terus menerus, misalnya seperti pada ruang-ruang mesin, ruang trafo, genset, PABX, ruang server, ruang arsip atau ruang penyimpanan data.

CO2 system merupakan alat pemadam kebakaran dalam bentuk gas CO2 yang disimpan dalam tabung bertekanan dan akan lebih efektif jika digunakan di dalam ruang tertutup. CO2 System terdiri dari tabung- tabung pemadam dan pipa penghubung yang menghubungkan tabung dengan beberapa nozzle pemadam yang berada di ruang yang telah dipasang co2 system. Fungsi nozzle ini akan menyemprotkan gas co2 untuk memadamkan kebakaran pada area ruang yang telah dipasang co2 system. Umumnya tabung-tabung co2, operasional valve dan control panelnya diletakkan diluar ruang yang telah dipasang agar cara kerja co2 system dapat digunakan lebih optimal oleh operator jika system kurang berjalan dengan baik.

Prosedur pengoperasian instalasi co2 system supaya Cara Kerja Co2 System dapat Bekerja Optimal

Apabila terjadi kebakaran untuk ini kita ambil kasus pada ruang mesin. Bila tabung pemadam portable tidak dapat mengatasi atau memadamkan pada ruang yang telah dipasang co2 system, maka akan dilakukan pemadaman dengan memanfaatkan cara kerja co2 System dengan pengoperasian sebagai berikut :

  • Alarm untuk pengoperasian Instalasi CO2 System di aktifkan
  • Mematikan seluruh blower di ruang mesin
  • Menutup valve udara pada ducting blower di top deck
  • Menutup valve bahan bakar melalui Quick Closing Valve
  • Meninggalkan ruang mesin dan mendata kesesuaian crew mesin sebelum pintu kedap pada ruang mesin ditutup
  • Menutup pintu kedap ruang mesin
  • Meng-aktifkan Auto Pilot CO2 System

Setelah cara kerja co2 system dapat berjalan dengan baik dengan memadamkan kebakaran yang terjadi di ruang mesin langkah selanjutnya sebagai berikut:

  • Membuka valve udara pada ducting blower di top deck
  • Membuka pintu kedap ruang mesin
  • Meng-aktifkan blower ruang mesin
  • Memeriksa dengan teliti sisa-sisa kebakaran dan membersihkan
  • Membuka valve bahan bakar / Quick Closing Valve

Untuk perawatannya sendiri supaya cara kerja co2 system tetap optimal, disarankan tiap tahun CO2 System ini harus di re-inspection atau di periksa kembali oleh pihak yang berwenang untuk kemudian di terbitkan kembali sertifikat kelayakan CO2 System tersebut.

Leave a Comment