Kupas Tuntas Cara Kerja Electric Pump Pada Fire Hydrant System

Pemadam kebakaran adalah bagian penting dari keselamatan gedung-gedung dan fasilitas-fasilitas komersial. Salah satu komponen utama dalam sistem pemadam kebakaran adalah electric pump. Lalu, apa fungsi dan cara kerja electric pump pada hydrant?

Pompa hydrant elektrik dapat diandalkan untuk memberikan sumber daya air yang kuat dan cepat dalam situasi darurat. Ini sangat penting dalam membatasi penyebaran kebakaran dan melindungi nyawa serta properti. Biar lebih jelas, simak penjelasan lengkapnya, yuk!

Punya Peran Penting, Ini Fungsi Electric Pump Pada Hydrant

cara kerja electric pump pada pemadaman kebakaran

Electric pump adalah pompa hydrant yang ditenagai oleh sumber energi listrik, seperti listrik dari jaringan PLN atau generator listrik darurat. Jadi, arus listrik adalah komponen utama yang memungkinkan pompa elektrik hydrant dapat beroperasi.

Fungsi electric pump adalah untuk menggerakkan air dalam sistem pemadam kebakaran. Pompa ini berperan dalam memastikan pasokan air yang cukup dan tekanan yang diperlukan untuk alat pemadaman kebakaran, seperti hydrant pillar dan sprinkler system.

Cara kerja electric pump dilengkapi dengan motor listrik yang kuat. Motor ini akan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang digunakan untuk menggerakkan pompa. Motor listrik pada pompa akan diaktifkan saat diperlukan, misalnya saat terjadi kebakaran.

Sebagian besar cara kerja electric pump hydrant menggunakan jenis pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal tersebut memiliki impeller yang berputar dengan kecepatan tinggi di dalamnya. Ketika motor listrik dihidupkan, impeller akan mulai berputar.

Pompa hydrant memiliki saluran masukan atau saluran hisap yang menghubungkan pompa dengan sumber air, seperti tangki penyimpanan air atau ground tank. Cara kerja electric pump akan menghisap air dari sumber air tersebut melalui saluran masukan.

Pompa hydrant listrik dilengkapi dengan sistem kontrol dan pengawasan. Ini termasuk pengaturan kecepatan motor atau pengaturan tekanan sesuai kebutuhan. Sensor dan alat pengukur juga digunakan untuk memantau kinerja pompa.

Ketika pasokan air yang diperlukan untuk pemadaman kebakaran telah mencapai tingkat yang cukup, atau ketika kebakaran telah dipadamkan, motor listrik dapat dimatikan, dan pompa hydrant berhenti beroperasi.

Bagaimana Cara Kerja Electric Pump Dalam Membantu Upaya Pemadaman Kebakaran?

Cara kerja electric pump dalam membantu upaya pemadaman kebakaran adalah dengan menyediakan pasokan air yang cukup dan tekanan yang dibutuhkan untuk alat pemadam kebakaran, seperti selang pemadam kebakaran dan sprinkler system.

Langkah-langkah dan cara kerja electric pump dalam upaya pemadaman kebakaran adalah sebagai berikut:

1. Deteksi Kebakaran

Saat terjadi kebakaran di suatu lokasi, alat detektor kebakaran seperti smoke detector atau heat detector akan mengidentifikasi kebakaran dan memicu alarm kebakaran aktif. Dengan begitu, maka petugas gedung akan segera bertindak.

2. Aktivasi Electric Pump

cara kerja electric pump untuk menggerakkan air bertekanan tinggi

Setelah alarm kebakaran aktif, cara kerja electric pump yang terhubung dengan sistem pemadam kebakaran akan diaktifkan secara otomatis atau bisa juga diaktifkan oleh petugas pemadam kebakaran yang merespons. Motor listrik di dalam pompa akan mulai beroperasi.

3. Air Dihisap dari Ground Tank

Electric pump memiliki saluran masukan (suction inlet) yang menghubungkannya dengan sumber air, seperti ground tank. Pompa listrik ini akan mulai menghisap air dari sumber air tersebut melalui saluran masukan.

4. Aktivasi Pompa Sentrifugal

Umumnya, electric pump pada sistem pemadam kebakaran adalah jenis pompa sentrifugal. Cara kerja electric pump jenis pompa sentrifugal memiliki impeller yang mampu berputar dengan kecepatan tinggi. Pada saat impeller berputar, ini akan menciptakan perbedaan tekanan di dalam pompa.

5. Distribusi Air ke Pipa Hydrant

Dengan berputarnya impeller, pasokan air akan ditarik masuk melalui saluran masukan dan didorong keluar melalui saluran keluaran dengan tekanan tinggi. Air yang sudah dipompa tersebut kemudian disalurkan ke selang pemadam kebakaran dan sistem sprinkler.

6. Pemadaman Kebakaran oleh Petugas

Cara kerja electric pump akan mendistribusikan air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran. Di dalam gedung, air bisa disemprotkan melalui nozzle di selang pemadam kebakaran atau melalui sistem sprinkler yang otomatis. Jika di luar ruangan, air akan keluar dari hydrant pillar.

Baca juga: Tata Cara Menggunakan Fire Hydrant yang Benar Sesuai Standar

Sebelum Beli, Ketahui Cara Pilih Electric Pump yang Benar Sesuai Standar

Memilih electric pump hydrant yang tepat adalah langkah penting dalam memastikan sistem pemadam kebakaran berfungsi dengan baik dan efektif. Agar fungsi dan cara kerja electric pump di gedung Anda berjalan dengan baik, ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Konsultasikan dengan Ahli

cara kerja electric pump menurut standar dan regulasi

Sebelum membeli electric pump hydrant, konsultasikan dahulu dengan ahli pemadam kebakaran yang berpengalaman dalam perencanaan sistem hydrant. Tujuannya agar Anda bisa membangun sistem hydrant sesuai standar dan kebutuhan.

Bromindo menyediakan layanan konsultasi hydrant. Kami siap memberikan panduan dan saran berdasarkan karakteristik gedung atau area yang akan Anda lindungi.

2. Cek Kapasitas Pompa dan Tekanan Air

Pertimbangkan kapasitas pompa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kapasitas cara kerja electric pump ini harus mencakup jumlah air yang dibutuhkan untuk pemadaman kebakaran dalam situasi terburuk.

Pastikan juga pompa bisa menghasilkan tekanan air yang memadai untuk mencapai semua area yang perlu dilindungi oleh sistem pemadam kebakaran. Termasuk lantai atas bangunan yang tinggi sekalipun.

3. Kualitas Pompa Pemadam

Pilih pompa hydrant yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki daya tahan yang baik terhadap korosi dan suhu ekstrem. Hal ini penting karena cara kerja electric pump akan terpapar dengan air dan kondisi lingkungan yang keras.

4. Pilih dari Produsen Terpercaya

Pilih pompa hydrant dari produsen yang terpercaya dan telah terbukti cara kerja electric pump memiliki kinerja yang baik. Anda ingin memastikan bahwa pompa dapat beroperasi secara konsisten dan dapat diandalkan dalam situasi darurat.

5. Pastikan Sudah Teruji dan Tersertifikasi

cara kerja electric pump standar UL FM

Pastikan bahwa pompa hydrant memenuhi semua regulasi dan kode bangunan yang berlaku. Kepatuhan terhadap regulasi ini penting untuk keselamatan dan perizinan gedung. Sebaiknya, pilih electric pump yang sesuai standar NFPA dan bersertifikat UL/FM.

6. Sesuaikan Harga dan Anggaran

Tentukan anggaran yang tersedia untuk pompa hydrant, lalu cari produk yang sesuai dengan anggaran tersebut. Namun, jangan hanya memilih berdasarkan harga; pertimbangkan kualitas dan kinerja pompa juga.

7. Pastikan Ada Garansi dan Dukungan Teknis

Periksa apakah pompa hydrant dilengkapi dengan garansi yang memadai. Selain itu, pastikan juga ada dukungan teknis yang tersedia jika Anda memerlukan perbaikan cara kerja electric pump atau bantuan teknis lainnya.

Tingkatkan Kinerja Hydrant Anda dengan Electric Pump Berkualitas dari Bromindo

Kebakaran adalah ancaman serius bagi keselamatan jiwa dan properti berharga. Untuk menghadapinya, Anda memerlukan peralatan pemadam kebakaran terbaik. Bromindo menjadi pilihan terbaik karena sebagai distributor electric pump terlengkap di Indonesia!

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam menyediakan solusi pemadam kebakaran berkualitas, Bromindo telah memenangkan kepercayaan banyak pelanggan. Kami menyediakan berbagai jenis electric pump hydrant untuk menjaga aset Anda.

cara kerja electric pump lebih optimal dengan produk standar NFPA

Mengapa memilih Bromindo? Keunggulan yang kami tawarkan antara lain:

  • Hanya menyediakan electric pump hydrant berkualitas tinggi dari produsen terkemuka. Keandalan dan daya tahan produk kami sudah terbukti.
  • Menawarkan berbagai pompa hydrant sesuai dengan kebutuhan klien. Kapasitas, tekanan, dan kemampuan pengendalian yang berbeda tersedia untuk memenuhi spesifikasi Anda.
  • Tim kami sangat berpengalaman dalam memberikan konsultasi dan membantu Anda memilih pompa hydrant yang sesuai dengan kebutuhan sistem pemadam kebakaran.
  • Produk kami mematuhi semua regulasi dan standar keamanan yang berlaku.Semua produk berstandar NFPA dan berlisensi UL/FM, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan.

Bromindo tidak hanya menjual produk electric pump saja, tetapi juga memberikan layanan pemasangan atau instalasi fire hydrant. Jadi, percayakan saja kebutuhan sistem proteksi kebakaran Anda pada Bromindo agar fungsi dan cara kerja electric pump optimal.

Meskipun menyediakan produk berkualitas, namun harga yang kami berikan tetap kompetitif. Kami berusaha memberikan nilai terbaik kepada seluruh pelanggan.Jangan biarkan keselamatan Anda dan aset berharga Anda terancam oleh bahaya kebakaran.

Agar fungsi dan cara kerja electric pump berjalan optimal, pastikan Anda menggunakan produk berkualitas sesuai standar. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan kami.

Recommended Posts
Showing 2 comments
  • Danni
    Balas

    Salam, selamat sore Mas Bagas, boleh Saya tau berapa biaya untuk gambar instalasi fire hydrant, asumsikan saja untuk Pasar, juga harga untuk ketiga Pompanya, terima kasih

    • Bromindo
      Balas

      Selamat pagi Pak Danni,
      Untuk membuat gambar instalasi fire hydrant, Bapak harus menyiapkan softcopy layout atau denah bangunannya (format PDF/CAD) untuk dasar nanti kami mendesainkan sistem instalasi fire hydrant.
      Kalau hanya desain saja hingga approval, harga penawarannya paling kecil di 50 juta dan akan berubah tergantung luas area dan scope pekerjaan (jika ada tambahan).
      Untuk informasi lebih lanjut, Bapak bisa menghubungi kami melalui email ke sales@bromindo.com atau lihat kontak kami di sini.
      Terima kasih.

Leave a Comment

0