Cara Mengatasi Kebakaran dan Memilih Alat Pemadam Api

Cara Mengatasi Kebakaran dan Memilih Alat Pemadam Api,Cara Mengatasi Kebakaran,Cara Mengatasi Kebakaran, Cara Mengatasi Kebakaran,Cara Mengatasi Kebakaran,Cara Mengatasi Kebakaran,Cara Mengatasi Kebakaran

Salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui dalam menjaga keselamatan diri dan lingkungan adalah pengetahuan mengenai cara mengatasi kebakaran. Sayangnya, banyak dari kita yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan tersebut.

Padahal, kebakaran merupakan peristiwa yang memiliki resiko besar. Selain harta yang hilang, nyawa juga bisa melayang. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebakaran yang umum terjadi di sekitar kita.

Cara Mengatasi Kebakaran Secara Cepat dan Efektif

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk memadamkan kebakaran adalah dengan mengidentifikasi kebakaran yang terjadi. Api yang sudah terlalu besar memerlukan penanganan yang lebih profesional. Jika sudah dalam kondisi seperti itu, sebaiknya kita meminta bantuan pihak terkait seperti Damkar untuk memadamkan api.

Kita juga harus bisa memberikan laporkan dan keterangan dengan jelas dan memastikan bahwa semua orang di area tersebut tetap aman. Hal kedua yang bisa kita lakukan adalah dengan memadamkan kebakaran dengan alat pemadam yang tersedia.

Cara Mengatasi Kebakaran Secara Cepat dan Efektif

Hal ini perlu kita lakukan sekiranya kebakaran yang terjadi tidak terlalu besar dan kita memang bisa menggunakan alat pemadam api. Kita juga bisa meminta bantuan orang lain jika tidak yakin dapat menggunakan sendiri. Namun sebelumnya, kita harus memastikan bahwa:

  • Asap kebakaran tersebut tidak beracun.
  • Tahu di mana pintu keluar.
  • Mengenal karakteristik bangunan tempat terjadi kebakaran.

Cara Mengatasi Kebakaran dan Memilih APAR Sesuai Kelas Kebakaran

Hal lain yang harus kita perhatikan dalam rangkaian cara mengatasi kebakaran adalah memahami jenis pemadam kebakaran. Selain itu, saat menggunakan alat pemadam kebakaran, pastikan bahwa kita mengarahkan semprotan pada sumber kebakaran agar pemadaman yang kita lakukan lebih efektif.

Saat api sudah berhasil dijinakkan, kita pun masih perlu waspada. Kita tidak boleh meninggalkan bekas kebakaran karena bisa jadi api muncul kembali dan pemadaman yang kita lakukan sebelumnya menjadi sia-sia.

Sebagai antisipasi kebakaran yang beresiko di masa depan, kita juga harus membeli alat pemadam kebakaran. Dengan demikian, saat terjadi kebakaran lagi, kita bisa langsung memadamkan kebakaran dengan efektif.

Nah, sebelum memilih alat pemadam api, ada baiknya Anda cari tahu terlebih dahulu kelas kebakaran di bawah ini:

1. Kelas kebakaran A adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar, seperti kertas, kayu, hingga plastik.
2. Kelas kebakaran B dipicu oleh benda cair mudah terbakar seperti bensin, alkohol dan sebagainya.
3. Kelas kebakaran C disebabkan oleh masalah elektrikal.
4. Kelas kebakaran D adalah kebakaran yang disebakan oleh logam kimia.
5. Kelas kebakaran K biasanya kebakaran ini melibatkan benda-benda mudah terbakar di dapur seperti minyak dan gas.

Cara Mengatasi Kebakaran dan Memilih APAR Sesuai Kelas Kebakaran

Nah, setelah mengetahui masing-masing kelas kebakaran kini Anda dapat memilih APAR yang sesuai dengan kelas kebakarannya:

Untuk mendapatkan APAR berkualitas, Anda bisa ke Bromindo. Kami menawarkan APAR tersertifikasi Damkar, bergaransi 5 tahun, terkoneksi aplikasi cek APAR di smartphone dengan kaulitas tabung dan media terbaik. Segera dapatka di bawah ini:

Recommended Posts

Leave a Comment

0