Cara Mengatasi Kebakaran

cara mengatasi kebakaran
Salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui dalam menjaga keselamatan diri dan lingkungan salah satunya adalah pengetahuan mengenai cara mengatasi kebakaran. Sayangnya, banyak dari kita yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan tersebut. Padahal, kebakaran merupakan suatu peristiwa yang memiliki resiko besar. selain harta yang hilang nyawa juga bisa melayang. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebakaran yang umum terjadi dimana saja.

Langkah-langkah Cara Mengatasi Kebakaran

Hal pertama yang harus kita lakukan dalam serangkaian cara mengatasi kebakaran adalah mengidentifikasi kebakaran yang terjadi. Api yang terlalu besar memerlukan penanganan yang lebih profesional. Jadi, sebaiknya kita meminta bantuan pihak yang ahli sebagai langkah efektif cara mengatasi kebakaran. Kita juga harus bisa melaporkan keterangan dengan jelas dan memastikan bahwa semua orang di area tersebut tetap aman. Cara mengatasi kebakaran kedua yang bisa kita terapkan adalah dengan memadamkan kebakaran dengan alat pemadam yang tersedia. Hal ini perlu kita lakukan sekiranya kebakaran yang terjadi tidak terlalu besar dan kita memang bisa menggunakan alat terkait. Kita juga bisa meminta bantuan orang lain jika tidak yakin dapat menggunakan sendiri. Namun sebelumnya, kita harus memastikan bahwa asap kebakaran tersebut tidak beracun, tahu dimana pintu keluar, serta tahu karakteristik bangunan tempat terjadi kebakaran.

Cara Mengatasi Kebakaran dengan memahami kelas Kebakaran

Hal lain yang harus kita perhatikan dalam rangkaian cara mengatasi kebakaran adalah memahami jenis pemadam kebakaran. Selain itu, saat menggunakan alat pemadam kebakaran, pastikan bahwa kita mengarahkan semprotan pada sumber kebakaran agar cara mengatasi kebakaran yang kita lakukan lebih efektif.Saat api sudah berhasil dijinakkan, kita pun masih perlu waspada. Kita tidak boleh meninggalkan bekas kebakaran karena bisa jadi api muncul kembali dan langkah-langkah cara mengatasi kebakaran yang kita terapkan sebelumnya menjadi sia-sia. Sebagai antisipasi kebakaran yang beresiko di masa depan, kita juga harus membeli alat pemadam kebakaran yang baru. Dengan demikian, saat terjadi kebakaran lagi, kita bisa langsung menerapkan cara mengatasi kebakaran yang efektif.

 berbagai jenis kebakaran yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut:

1. Class A adalah alat pemadam kebakaran untuk tipe kebakaran dari kertas, kayu, hingga plastik.
2. Class B adalah pemadam kebakaran untuk tipe kebakaran dari minyak dan turunannya.
3. Class C adalah pemadam kebakaran untuk tipe kebakaran dari alat elektronik.
4. Class D adalah pemadam kebakaran untuk tipe kebakaran dari cairan metal reaktif.
5. Class K adalah pemadam kebakaran untuk tipe kebakaran dari bahan kimia.

Selain hal tersebut tersebut, kita juga harus tau jenis-jenis media alat pemadam api. hal ini terkait dengan sifat kelas kebakaran itu sendiri. media alat pemadam api terdiri dari bahan kimia kering (powder), foam, gas liquid dan CO2. pada setiap alat pemadam api biasanya sudah ada informasi yang menjelaskan hal ini. Dengan mengetahui jenis-jenis pemadam kebakaran yang merupakan poin vital cara mengatasi kebakaran tersebut, tentu langkah pemadaman kita akan makin efektif dan cepat.

Leave a Comment