Fire Alarm Pilihan Tepat Mengatasi Kebakaran

Fire Alarm Pilihan Tepat Mengatasi KebakaranFire Alarm merupakan bagian dari proteksi kebakaran atau dikenal juga dengan sebutan fire protection. Fire Alarm merupakan sistem yang terintegrasi yang dirancang untuk mendeteksi adanya berbagai gejala yang memungkinkan terjadinya kebakaran sehingga Fire Alarm Pilihan Tepat Mengatasi Kebakaran saat ini. Sistem dalam Fire Alarm in akan memberi peringatan untuk melakukan evakuasi, dan kemudian dapat ditindak lanjuti dengan otomatis ataupun dengan cara menggunakan sistem pemadam kebakaran yang sudah diinstalasi.

Fire Alarm Pilihan Tepat Mengatasi Kebakaran

Dalam sistem proteksi kebakaran ini, Fire Alarm terdiri dari beberapa device antara lain master control, detektor, indicating lamp, manual push button, alarm berll. Peralatan utama seperti control panel (MCFA) fungsinya yaitu menerima sinyal yang masuk dari detector dan dari komponen pendeteksi yang lainnya. Fire Alarm atau sistem pengindra api ini dapat digunakan dalam bentuk sistem yang konvensional, semi addresable, dan full addresable. Pada Main Control Fire Alarm (MCFA) dalam sistem yang non addresable, sinyal dapat diterima langsung dari alat detector, dan bisa memerintahkan langsung komponen output agar merepon masukan atau input tersebut (alarm bell/Indicating Lamp). Sistem yang satu ini biasanya dipasang di area yang beskala kecil, seperti perkantoran, pertokoan, perumahan, dan lain sebagainya.

Untuk sistem yang semi addrasable pada Fire Alarm, detektor dan penerima input dikelompokkan berdasarkan area/zona yang di proteksi. Pengawasan area ini dikendalikan oleh kotroler yang telah memiliki alamat yang spesifik. Sehingga, saat detector dan penerima input lainnya menerima sinyal, maka MCFA ini akan merespon berdasarkan zona yang terkumpul. Pada display dari bagian Fire Alarm ini telah terbaca alamat detektor pada lokasi yang terjadi kebakaran, sehingga informasi yang di terima di MCFA berdasarkan sebuah modul zona kotroler tersebut. Sedangkan dalam sistem full addresable adalah Fire Alarm Pilihan Tepat Mengatasi Kebakaran gedung bertingkat yang memiliki kelebihan setiap detector mempunyai alamat yang spesifik dan akurat dan tim yang bersangkutan dapat dengan mudah menjangkau lokasi yang mengalami gangguan atau terjadi kebakaran.

Fire Alarm dan Peralatan Utama yang Dibutuhkan
Dalam Fire Alarm ini akan ada sejumlah peralatan utama yang mendukung. Yang pertama yaitu alat pendeteksi. Alat ini mampu menerima input dan bekerja otomatis. Cara kerjanya bisa berdasarkan pendeteksian suhu udara yang meningkat, dan bisa juga karena dideteksi adanya asap. Alat berikutnya MCFA (Main Control Fire Alarm), yang berfungsi menerima sinyal dari alat pendeteksi. MCFA ini dijadikan sebagai peralatan utama karena setelah menerima sinyal kebakaran bisa ditanggulangi dengan tepat.Dengan begitu dapat terbentuk sistem proteksi yang optimal.

Selain apa yang di jelaskan di atas fire Alarm merupakan pilihan terbaik untuk melindungi bangunan dari bahaya kebakaran. Proteksi dapat berlangsung dengan baik karena kemudahan dalam penggunaan systtem kerjanya. Ini karena fire alarm di rancang dan design dengan sederhana dan simple sehingga pengoperasiannya juga lebih mudah. Jika kita pintar dalam memilih, maka kita bisa mendapatkan sistem yang lebih fleksibel dan fitur yang lebih hemat instalasi untuk mendapatkan proteksi terbaik dari Fire Alarm.

Leave a Comment