Fire Safety Security Solutions

Fire Alarm Standar NFPA

Dekripsi Fire Alarm Standar NFPA

National Fire Protection Association (NFPA) yaitu asosiasi yang mengatur tentang standar proteksi terhadap kebakaran termasuk jaringan instalasi Fire Alarm Standar NFPA. NFPA menerbitkan standar sistem pemadam pada 2013 dengan judul “National Fire Alarm and Signaling Code” yang biasa disebut dengan NFPA 72. Pada standar NFPA 72, ini memuat tentang aplikasi, instalasi, lokasi,performansi, inpeksi, pengujian, dan pemelihaaraan sistem pemadam kebakaran, stasiun pengawasan sistem alarm, sistem pelaporan keadaan darurat publik, peralatan peringatan kebakaran dan sistem komunikasi dalam keadaan darurat dan komponennya.
fire alarm standar NFPA

Klasifikasi Sistem alarm standar NFPA

Sistem alarm pada standar NFPA, pada NFPA 72 ini diklasifikasikan menjadi 3 yaitu:

  1. Fire alarm system (sistem pemadam kebakaran)
    a. Household Alarm Systems : Sistem Pemadam kebakaran di rumah
    b. Protected premises (local) Alarm Systems : Sistem pemadam kebakaran di tempat – tempat sementara
  2. Supervising station alarm systems (sistem Stasiun pengawasan alarm)
    a. Central stasion Alarm Systems : Sistem alarm servis terpusat (stasiun terpusat)
    b. Remote Supervising Alarm Systems : Sistem alarm dengan sistem pengawasan menggunakan remote (jarak jauh)
    c. Proprietary Supervising Stasion systems: Sistem alarm dengan pengawasan pihak – pihak tertentu (Pihak pengelola gedunng)
  3. Public Emergency Alarm Reporting System (sistem pelaporan keadaan darurat publik)
    a. Auxiliary alarm systems – local energy type : tipe sistem pemadam yang menggunakan energy local (yang berada disekitar lokasi kebakaran)
    b. Auxiliary alarm systems – Shunt type : tipe sistem pemadam yang menlansir energi dari tempat lain
    Household Fire Alarm Standar NFPA

Pada sistem ini, lebih ditekankan untuk keselamatan penghuni rumah dibandingkan dengan kerugian banngunan yang ditimbulkan akibat kebakaran tersebut. Pada sistem pemadam kebakaran yang berada dirumah yang biasa digunakan adalah smoke detector fire alarm systems (sistem pemadam kebakaran dengan detektor asap). Pada Fire Alarm Standar NFPA ini alarm harus memiliki output suara peringatan harus mencapai 75 dBa( pada pendengaran orang yang sedang tidur) atau sekitar 15 dB(pada pendengaran orang yang sadar) dan mampu berdering minimal selama 60 detik. Dan smoke alarm lebih baik dipasang diantara pintu dan kamar tidur.

Protected Premises Fire Alarm Systems Standar NFPA

Pada sistem ini, lebih ditekankan untuk proteksi pada bangunan. Pada Protected Premises Fire Alarm Systems Standar NFPA ini biasanya di indikasikan dari beberapa faktor pendeteksi penyebab adanya kebakaran seperti panas, asap, percikan api dan keadaan darurat lainnya. Berbeda dengan Household Fire Alarm Standar NFPA yang bisa dengan satu indikator yaitu cukup dengan indikator asap. Pada Protected Premises Fire Alarm Systems Standar NFPA ini biasanya akan ditentukan beberapa komponen yaitu sirkuit sinyal yang digunakan, sistem kontrol pemadam yang digunakan, sistem input yang digunakan (detector), Sistem output pemberitahuan peringatan kebakaran. Pada Protected Premises Fire Alarm Systems Standar NFPA ini juga harus dilengkapi dengan tangga darurat, sistem HVAC, pintu keluar, titik kumpul, peralatan yang menggunakan sinyal radio yang rendah, dan tenaga cadangan.

Bromindo Fire Safety Security Solutions
Bromindo memberi layanan secara komprehensif dari perencanaan hingga perawatan. Solusi cerdas serta produk yang inovatif memberi perlindungan terpercaya untuk menjaga bisnis dan investasi anda.