Fungsi Jockey Pump dalam Hydrant System

Fungsi jockey pump sangatlah penting dalam sistem hydrant. Yakni, sama pentingnya dengan dua jenis pompa hydrant lainnya. Lalu bagaimana fungsinya dalam sistem hydrant? Yuk, simak pada ulasan berikut!

 

Perbedaan Fungsi Jockey Pump dengan Pompa Hydrant Lainnya

Fungsi Jockey Pump - Hydrant PumpSebelum mengetahui fungsi jockey pump, ada baiknya kita pahami dulu apa itu sistem fire hydrant. Fire hydrant merupakan sistem proteksi kebakaran yang menggunakan air bertekanan sebagai medianya untuk memadamkan api.

Media air berasal dari tandon atau reservoir. Proses pendistribusian air tersebut menuju lokasi kebakaran lah yang menjadikan jockey pump dan dua jenis pompa lainnya bekerja.

Selain jockey pump, ada dua jenis hydrant pump lainnya dalam sistem hydrant. Diantaranya adalah electric dan diesel pump.

Electric dan diesel pump berfungsi mendistribusikan air dari reservoir menuju hydrant pillar. Sementara fungsi jockey pump adalah menjaga kestabilan tekanan pada pipa hydrant agar tidak merusak sistem hydrant.

Jockey pump dapat bekerja secara manual maupun otomatis. Jockey pump bekerja secara otomatis dengan dikendalikan oleh pressure switch pada panel control. Umumnya jockey pump diatur dan dapat bekerja pada tekanan antara 6 s/d 8 bar atau 8 s/d 10 bar.

 

Spesifikasi yang Mendukung Fungsi Jockey Pump

Fungsi Jockey Pump - Jockey Pump

Ada baiknya Anda mengetahui dulu standar spesifikasi jockey pump yang dianjurkan untuk sistem hydrant. Hal tersebut bertujuan memaksimalkan fungsi jockey pump dalam hydrant system. Adapun spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • Type pompa : Centrifugal multi stage pump
  • Kapasitas : 56L/men
  • Head pompa : 85 m
  • Putaran pompa: 2900 rpm
  • Daya pompa: 3. 0 kW
  • Karakteristik listrik : 380 v, 3 phase, 50 Hz, variable speed drived
  • Jumlah : 1 (satu) unit Lengkap dengan panel control jockey pump

 

Maksimalkan Fungsi Jockey Pump dengan Produk Hydrant Terbaik!

Setelah mengetahui fungsi jockey pump dan spesifikasinya. Tentu Anda kini sudah paham seberapa pentingnya jockey pump dalam fire hydrant, bukan?

Nah, kini untuk memaksimalkan fungsi jockey pump tersebut, ada baiknya Anda memilih produk yang berkualitas. Dimana sih bisa mendapatkan jockey pump yang berkualitas namun harga miring? Ya di Bromindo, dong!

Bromindo merupakan distributor produk-produk hydrant berkualitas. Sehingga tentu saja harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dari harga pasaran. Selain itu, kami hanya menyediakan produk dengan brand ternama yang telah didesain sedemikian rupa untuk memproteksi gedung dan aset Anda dari kebakaran.

Nah, ayo tunggu apa lagi? Yuk, segera hubungi kami di menu contact us dan dapatkan penawaran terbaik!

 

Fungsi Jockey Pump - Distributor Hydrant Jockey Pump

 

Recommended Posts
Showing 12 comments
  • Munzar
    Balas

    Apa yang terjadi jika jockey pump beroperasi secara automatis namun terjadi kebocoran di instalasi nya menyebabkan start dan stop nya pompa terlalu cepat. Apakah ada dampak nya pada sistem motor dan pompa. Terimakasih.

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Munzar,

      Kemungkinan dan dampak yang terjadi jika jockey pump malfungsi seperti yang Bapak ceritakan yaitu:

      • Listrik boros
      • Jockey adalah pompa dengan head yang cukup besar, maka water hammer yang terjadi juga besar. Jika dibiarkan berlarut-larut bisa nemperpendek usia jockey pump dan komponen panel.
      • Kebocoran hydrant yang tidak teratasi juga akan membuat kebocoran semakin buruk.

      Sebaiknya jika terdeteksi malfungsi pada instalasi segera konsultasikan ke vendor kepercayaan Bapak sehingga mendapatkan solusi terbaik.
      Bapak juga bisa mengkonsultasikan dengan kami karena kami sudah memiliki pengalaman lebih dari dua dekade dalam dunia fire protection.
      Bapak bisa menghubungi atau kunjungi kami di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • David Satriau Pakpahan
    Balas

    Dear Tim Bromindo,
    Jika instalasi hydrant hanya terdiri dari jockey pump saja, apakah sudah bisa memenuhi standard K3?dan mendapatkan sertifikasi?

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat sore Pak David,
      Jawaban dari kami yaitu tidak bisa, dikarenakan hydrant dinyatakan lolos secara sertifikasi adalah lolos uji fungsi (tekanan kerja) dan lolos cakupan area. Jockey pump tidak bisa mengakomodir kebutuhan tekanan kerja yang dibutuhkan persyaratan.
      Harus ada main pump minimal diesel pump dan jockey pump yang bisa lolos syarat tekanan kerja hydrant.
      Semoga jawaban kami bisa membantu Pak.
      Untuk konsultasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Edi
    Balas

    Selamat sore, jika semua sistem bekerja normal, ketika terjadi fire atau ada sprinkle pecah dan jockey pump ON, apakah electrick pump juga ikut On ? Terimakasih

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Edi,

      Elektric pump bisa jadi juga hidup. Karena jika debit air yang keluar banyak dan penurunan pressure drastis, maka dengan otomatis main pump akan hidup.
      Semoga jawaban kami bisa membantu Bapak.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Ade Citra
    Balas

    Hallo pak, untuk kapasitas jockey sendiri itu adakah tertuang di NFPA berapa minimum requirment flow dan tekanannya?untuk kapasitas/flow berapa % dari Elektrik pump capacity?

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat siang Pak Ade,
      Kalau kapasitas harus di angka 5%-10% dari kapasitas debit elektrik. Jika head pompanya harus lebih besar dari main pump-nya.
      Semoga jawaban kami bermanfaat Pak.
      Jika Bapak memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan terkait instalasi hydrant tak perlu ragu untuk menghubungi tim kami.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Denis
    Balas

    Apa yang terjadi jika ada korsleting listrik pada pressure switch nya jockey pump? Apa bisa membuat motor nya terbakar kalo di paksa on mcb 3 phase nya?

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Pak Denis,
      Jika dilihat dari fungsi MCB sendiri sebagai pengaman jika terjadi beban lebih dan terjadinya arus pendek (korsleting). Ketika MCB dipaksa untuk ON, ada kemungkinan aliran listrik tidak akan melewati MCB karena MCB masih mendeteksi adanya korsleting pada instalasi yang di-cover. Efek yang terjadi jika MCB dipaksa untuk ON yaitu MCB akan panas dan ada kemungkinan rusak (kemungkinan terburuk terbakar).
      Semoga jawaban dari kami membantu ya Pak.
      Untuk konsultasi lebih lanjut, bisa hubungi kami di sini.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

  • Asri
    Balas

    Apa akan terjadi bila jockey pump leaking

    • PT Bromindo Mekar Mitra
      Balas

      Selamat pagi Ibu Asri,
      Secara fungsi, jockey pump bekerja sebagai backup tekanan pada instalasi jika terjadi kebocoran. Namun ketika jockey pump gagal sistem, hal tersebut tidak jadi masalah jika tekanan pada instalasi tidak terjadi kebocoran. Tapi sebaliknya, jika jockey gagal sistem dan terjadi kebocoran pada instalasi pemipaan maka akan mengakibatkan main pump bekerja secara otomatis.
      Terima kasih.

      Salam,
      Tim Bromindo

Leave a Comment

0