Gas Detektor untuk menghindari Kebakaran Gas

Banyak kejadian kebakaran di Indonesia disebabkan oleh Gas, salah satunya adalah Sebuah rumah yang terletak di kawasan Jl Suroso Gondangdia, Jakarta Pusat pada bulan desember tahun 2014 lalu. yang diduga karena Gas LPG Meledak (detik). Pada dasarnya hasil penelitian forensik pada kasus kebakaran yang diakibatkan gas, tabung sebenarnya masih dalam keadaan utuh, karena jika tabung yang meledak maka tabung akan dalam keadaan hancur. hal ini perlu diluruskan karena anggapan masyarakat mengenai ledakan tabung seringkali salah, dan bisa menimbulkan kecemasan bagi warga lain yang mayoritas memang sudah memakai tabung tersebut untuk masak sehari-hari.
Gas Detektor untuk menghindari Kebakaran Gas

Prinsip Kerja Gas Detektor untuk menghindari Kebakaran Gas

sebelum masuk pada pembahasan Gas Detektor untuk menghindari Kebakaran Gas kita harus mengetahui bagaimana gas bisa memicu terjadinya kebakaran tersebut? kebanyakan kasus Kebakaran terjadi akibat kebocoran gas melalui seal & regulator sehingga gas memenuhi seluruh ruangan, dan apabila tidak terdapat sirkulasi udara yang baik bisa memperparah dampak karena bisa terjadi ledakan. sehingga ketika ada percikan api akan menyulut gas yang telah memenuhi ruangan dengan seketika bisa memicu ledakan dan kebakaran yang bisa menghanguskan seluruh ruangan. Kebakaran dan ledakan ini bisa dipicu dari pemantik api dan bisa juga terjadi karena loncatan atom pada lampu, saklar listrik atau Stop Kontak.
stop
Lalu bagaimana menghindari kebakaran akibat gas ini? ada beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk meminimalkan potensi ledakan dari gas.
1. Ikuti petunjuk penggunaan Tabung LPG Dengan benar seperti gambar dibawah ini
caragas
2. Apabila tercium bau gas, segera bawa ke ruangan terbuka
gaskeluar
3. Hindari penggunaan sambungan kabel yang melebihi kapasitas
kabel
4. Buat saluran udara /ventilasi di bawah pintu
Masa jenis Gas LPG lebih berat daripada masa jenis udara jadi ketika terjadi kebocoran Gas maka Gas LPG akan mengendap di bawah ruangan. Sehingga jika kita membuat ventilasi di bawah maka gas akan keluar melalui ventilasi tersebut.
5. Gas Evacuated System
Ada cara yang lebih Efektif dan Efisien untuk menangani kebocoran gas ini, salah satunya adalah menggunakan Gas Evacuated System. Kami memiliki design Gas Detektor untuk menghindari Kebakaran Gas sehingga bisa meminimalkan potensi ledakan saat tidak ada orang di dalam rumah karena system ini dapat bekerja secara otomatis.
gas evacuated

Dari gambaran system diatas system akan bekerja apabila gas detector mengindikasi adanya kebocoran gas dan memberikan inputan ke control panel, kemudian control panel secara otomatis akan merespon dengan output mengaktifkan van dan memutuskan arus listrik, sehingga bahaya-bahaya yang disebutkan diatas bisa diminimalisir. dan untuk keamanan yang lebih, anda bisa menyediakan alat pemadam api ringan di rumah. sehingga jika suatu saat terjadi kebakaran, bisa segera diambil tindakan pemadaman.

Leave a Comment