Gas Pemadam Kebakaran

Gas Pemadam Kebakaran adalah salah satu media untuk bahan dalam fire fighting system yang fungsinya untuk memadamkan api. Alat untuk memadamkan kebakaran banyak menggunakan berbagai media, salah satunya gas. Secara umum gas digunakan untuk mencegah kerusakan fisik benda yang terbakar lebih ringan daripada menggunakan media lain. Contohnya seperti media air, memang cepat dalam memadamkan api karena selain memadamkan juga mendinginkan area, namun air memiliki sifat destruktif dan tidak cocok untuk tipe kebakaran tertentu. Misalnya untuk kebakaran elektrik dan minyak cair, yang justru akan  membahayakan petugas karena air mengalirkan energi listrik dan dalam kebakaran minyak air akan membuat area kebakaran semakin meluas. Maka gas pemadam kebakaran menjadi salah satu alternatif dalam memadamkan api, dengan tidak mengurangi ke-efektifitasannya. Gas pemadam kebakaran terdiri dari beberapa macam, antara lain:

Jenis Gas Pemadam Kebakaran

Gas CO2

Gas Pemadam Kebakaran

Gas Pemadam Kebakaran banyak terdapat di lapisan ozon, manusia bernafas mengeluarkan CO2. Cara kerja gas pemadam kebakaran CO2 ini adalah memutus siklus oksigen yang ada di area kebakaran. Alat pemadam dengan menggunakan gas CO2 sangat cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran elektrik karena tidak meninggalkan residu atau bekas.

HFC 227

Gas Pemadam Kebakaran HFC 227 digunakan dalam suppression sistem seperti FM200 dari Fike. Dengan potensi global warming rendah karena menggunakan gas yang 0% merusak ozon. Aman digunakan untuk area tertutup dimana saja. Penggunaan gas ini sangat efektif untuk ruang data proses, ruang militer, dan ruang kesehatan.

AF11

Gas Pemadam Kebakaran AF11 adalah media gas pengganti hallon, pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa gas hallon sekarang dilarang oleh pemerintah karena disinyalir akan menggangu ozon bumi. Gas ini lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan CFC. Material yang dapat dipadamkan menggunakan media gas AF11 ini antara lain kelas kebakaran A, B, dan C

DuPont

Gas Pemadam Kebakaran DuPont merupakan merk dagang perusahaan besar dari Amerika Serikat yang bergerak di banyak bidang, seperti elektronik, agrikultur, medis, energi, mining, otomotif dan fire fighting. DuPont fire suppression system telah banyak digunakan di seluruh dunia karena sangat efektif dalam memadamkan kebakaran.

Gas Pemadam Kebakaran jenis Inert

Gas Pemadam Kebakaran Inert merupakan gas yang tidak mudah bereaksi, sehingga sangat cocok digunakan sebagai media dalam memadamkan kebakaran. Cara kerja gas Inert menyelimuti dan mendorong oksigen keluar dari area kebakaran. Gas Inert ini biasa terdiri dari gas Nitrogen, argon, atau helium sebagai media utama dalam memadamkan api.

Bromindo sebagai perusahaan besar dalam industri fire fighting di Indonesia menyediakan berbagai macam alat pemadam sekaligus melayani desain – instalasi – inspeksi – maintenance fire system dengan tenaga professional berpengalaman. Hubungi kami segera untuk mendapatkan info terbaru di nomor 0888-256-0888 / info@bromindo.com

Leave a Comment