Instalasi Fire Pump NFPA

instalasi fire pump nfpa

Instalasi fire pump diatur oleh National Fire Protection Association (NFPA). aturan tersebut merupakan salah satu standar yang mengatur instalasi fire pump yang diakui di seluruh dunia sekaligus sebagai rujukan untuk badan standarisasi nasional Indonesia SNI. Fire pump merupakan pompa yang disiapkan khusus untuk memadamkan kebakaran dan pada umumnya diletakan pada bangunan-bangunan yang memiliki resiko tinggi akan terjadinya kebakaran seperti pabrik produksi, perhotelan, apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sebagainya. Pompa membutuhkan energi diesel atau listrik untuk menggerakan motor, energi dapat disuplay dari panel listrik yang dihubungkan dengan kabel.

Standar Instalasi Fire Pump NFPA

Ruang pada fire pump harus dibangun dengan material yang tidak mudah terbakar. pompa ini harus tahan terhadap kondisi cuaca, terutama panas akibat kebakaran. Fire pump jenis horizontal paling sedikit 12 inci diatas lantai dan harus memiliki 3 ruang di setiap sisi. Pompa sebaiknya dijauhkan dari tempat yang menyimpan refrigeran (berpotensi bahaya), diatas pipa gas yang umumnya ditanam dibawah tanah, meteran gas atau perangkat lain yang menggunakan gas di dekat ruang pompa.

Untuk bangunan yang didirikan atau dibangun lebih tinggi dari 300 feet / 91,44 meter, umumnya memiliki sistem telepon sehingga pada pompa api akan dipasang kabel yang dihubungkan dengan alarm sehingga dapat memberikan sinyal apabila telah terjadi kebakaran di lantai tertiggi sekalipun. Secara otomatis, fire pump yang dhubungkan akan memberikan tindakan untuk memadamkan api.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada fire pump otomatis, antara lain

  1. 3-way Manifold: menyediakan tiga mulut pipa yang dilengkapi dengan tiga valve dengan ukuran 2 ½ inci
  2. Discharge: karet nozzle harus diganti lebih tinggi dibandingkan karet pipa yang keluar melalui mulut pipa
  3. Readings: alat pengukuran harus membaca data yang diambil dari masing-masing nozzle untuk menentukan kapasitas pompa. Diingatkan bahwa 46 pitot gauge membaca satu nozzle sama dengan 254 GPM untuk nozzle yang berukuran 1/8 inci. Periksalah bahwa seluruh kontrol dalam kondisi atau keadaan yang benar dan baik. Sebaiknya tidak ada valve di garis yang buntuh untuk dikontrol
  4. Separate Services: ketika pompa yang disuplai oleh dua suplier berbeda, lakukan tes dari masing-masing suplier dan disaksikan oleh tim mandiri perusahaan untuk memastikan kinerja fire pump.

 

Test Instalasi Fire Pump NFPA

Tips agar tes pada instalasi fire pump NFPA berjalan sukses adalah sebagai berikut:

  • Lengkapi semua data pompa dan kontrol panel sebelum melakukan tes terhadap pompa
  • Memberi peringatan kepada Kontraktor, konsultan, pihak berwajib, dan instansi terkait dengan pekerjaan dengan memberitahu tanggal dan waktu melakukan tes.
  • Kontraktor bertanggung jawab dengan memiliki persetujan yang resmi. Jika kontraktor tidak berada di tempat pada saat tes dilakukan maka harus ada surat izin dari pihak kontraktor untuk menyerahkan surat tugas ke pihak lain.
  • Hanya dilakukan tes pada fire pump setelah tes hidrostati dan dipastikan inspeksi berjalan secara lengkap. Tes hidrostatik dilakukan pada tekanan kurang dari 300 psi selama 1 jam.

Leave a Comment