Instalasi Ruang Pompa Hydrant dengan Kontraktor Terbaik

Instalasi ruang pompa hydrant dan sistemnya kian marak seiring dengan mulai sadarnya pengusaha dan lembaga akan pentingnya proteksi kebakaran. Tiap instalasi pun berbeda-beda baik dari desain hingga komponennya.

Anda tentu harus menggunakan kontraktor terbaik agar instalasi ruang pompa hydrant dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dengan Bromindo, Anda akan mendapatkan instalasi hydrant terbaik yang pernah ada.

Apa Saja Komponen dalam Instalasi Ruang Pompa Hydrant?

Dalam instalasi hydrant sistem, tentu instalasi ruang pompa hydrant merupakan salah satu hal yang terpenting. Pasalnya, ruang pompa ini berisi komponen yang mendukung distribusi media air dari reservoir menuju jaringan hydrant.

Adapun isi dari ruang pompa hydrant adalah sebagai berikut:

1. Pompa Hydrant

Pompa hydrant merupakan komponen utama dalam sistem ini. Tugasnya adalah sebagai pendistribusi media air. Dalam hydrant, terdapat tiga jenis pompa yang saling mendukung bekerjanya sistem secara optimal. Ketiga jenis pompa tersebut adalah sebagai berikut:

2. Panel Control

Instalasi Ruang Pompa Hydrant - Panel Control

Panel control bertugas untuk mengatur dan mengendalikan sistem kerja pompa hydrant agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Anda pun bisa mengatur bekerjanya pompa hydrant secara otomatis atau manual melalui panel control.

3. Pipa Header

Komponen pipa header berfungsi sebagai penghubung utama dari pipa pengeluaran (discharge dari pompa jockey, pompa utama, atau pompa cadangan) ke jaringan pipa distribusi. Pipa ini memiliki diameter yang lebih besar daripada pipa pada umumnya.

4. Suction (Pipa Hisap)

Suction atau pipa hisap berfungsi sebagai penghubung reservoir dan pompa. Pada instalasinya, pipa hisap ini terdiri dari foot valve, gate valve, y strainer, dan flexible joint.

5. Pressure Tank

Pressure tank berfungsi sebagai penstabil tekanan air pada pompa hydrant. Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk membuang udara yang terjebak dalam instalasi pompa hydrant.

Instalasi Ruang Pompa Hydrant Berdasarkan Standar NFPA

Setelah mengetahui komponennya, Anda juga perlu memperhatikan standar instalasi ruang pompa hydrant. Pasalnya, sistem hydrant bergantung pada komponen dan instalasinya.

Apabila instalasi tidak sesuai dengan standar yang ditentukan, tentu hydrant pun tidak dapat bekerja secara maksimal. Adapun standar yang digunakan dalam instalasi ruang pompa hydrant adalah standar NFPA.

Adapun ketentuan dalam standar tersebut adalah sebagai berikut:

Instalasi Ruang Pompa Hydrant - Pump Room

  • NFPA 14 Standar untuk pemasangan sistem selang dan pipa tegak
  • NFPA 20 Standar untuk Instalasi pompa kebakaran sentrifugal
  • SNI 03-1735-2000 tentang Tata cara perencanaan akses bangunan dan akses lingkungan untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung
  • SNI 03-1745-2000 tentang Tata cara perencanaan dan pemasangan sistem pipa tegak dan slang untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung

Kontraktor Instalasi Ruang Pompa Hydrant Terpercaya

Sudah mengetahui komponen dan standar instalasi ruang pompa hydrant, kini saatnya memilih kontraktor terbaik untuk mewujudkan hydrant ideal impian Anda. Tentunya hanya percayakan pada Bromindo, ya!

Bromindo merupakan kontraktor fire system yang telah dipercaya oleh banyak pengusaha dan lembaga. Kami memiliki tenaga ahli berpengalaman yang bekerja sesuai standar NFPA.

Instalasi Ruang Pompa Hydrant - Kontraktor Fire Hydrant

Selain itu, kami juga merupakan distributor perlengkapan fire system. Cari pompa hydrant dan komponen lainnya? Semuanya ada di Bromindo.

Bahkan kami pun menjual APAR berbagai macam media. Bromindo pun telah meluncurkan aplikasi Firecek demi kemudahan pengguna untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang dimiliki.

Tunggu apalagi? Yuk, hubungi kami sekarang juga! Bila masih memiliki pertanyaan seputar artikel instalasi ruang pompa hydrant atau produk terkait, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini.

Hydrant Pillar

Recent Posts

Leave a Comment