Isi Hydrant Box Pelengkap Hydrant System

Tentu kerap terlintas di benak Anda, apa sih isi hydrant box yang kerap Anda temui di gedung perkantoran atau mall. Penasaran? Tenang, pada artikel ini kita akan membahas isi hydrant box dan fungsi masing-masing komponennya. Yuk, simak ulasan berikut!

Apa Saja Isi Hydrant Box?

Hydrant Box merupakan salah satu komponen vital dalam fire hdyrant. Box ini berfungsi untuk menyimpan aksesoris hydrant pendukung pendistribusian media air dari hydrant pillar menuju lokasi kebakaran.

Tujuannya adalah agar proses pendistribusian air tidak terganggu dan aksesoris hydrant dapat mudah ditemukan. Selain itu, hydrant box didesain sedemikian rupa agar dapat menjaga kualitas aksesoris dalam waktu yang lama. Adapun aksesoris yang menjadi isi hydrant box adalah sebagai berikut.

1. Fire Hose

Isi Hydrant Box - Fire Hose GuardAll

Isi hydrant box yang pertama adalah Fire Hose. Fire Hose merupakan selang yang digunakan dalam distribusi media air yang keluar dari hydrant pillar dalam sistem hydrant. Selang ini dapat digulung atau disimpan di rak.

Ukuran Fire hose umumnya memiliki panjang dari 20 meter sampai 30 meter. Sedangkan untuk diameternya diproduksi dengan beberapa diameter, antara lain 1,5 inch , 2,5 inch, dan 3 inch.

2. Nozzle

Isi Hydrant Box - Nozzle GuardAll

Nozzle dalam fire hydrant merupakan aksesoris berbentuk corong. Aksesoris ini berfungsi untuk mengontrol arah media air menuju titik lokasi kebakaran.

Hydrant nozzle terdapat dua jenisnya. Antara lain jet hydrant nozzle dan variable nozzle (spray hydrant nozzle).

3. Valve

Isi Hydrant Box - Hydrant Valve GuardAll

Valve merupakan sebuah katup yang mengatur keluarnya media air. Cara kerjanya sama dengan keran air yang kerap Anda gunakan. Hanya saja, valve dapat mengeluarkan media air bertekanan hingga 10 bar.

Hydrant valve juga kerap disebut angle valve. Angle valve digunakan pada jaringan output hydrant. Sementara, jenis valve lainnya seperti globe, check, butterfly, dan lainnya digunakan pada sistem pemipaan hdyrant.

4. Hose Rack

Isi Hydrant Box - Hose Rack GuardAll

Isi hydrant box yang terakhir adalah hose rack. Fungsi dari hose rack pada umumnya sama seperti hose reel. Namun, bila hose reel memiliki roda yang dapat diputar untuk menggulung fire hose dengan rapi, maka tidak begitu pada hose rack.

Untuk hose rack, fire hose harus ditata dengan rapi sesuai dengan alur pada hose rack. Tujuannya adalah agar selang tidak kusut saat akan digunakan pada proses pemadaman api. Untuk ukuran hose rack ini biasanya berkisar antara 1.5 inch sampai dengan 2.5 inch. Sedangkan untuk materialnya, hose rack terbuat dari alumunium alloy, dan untuk finishingnya menggunakan chrome.

Lengkapi Isi Hydrant Box dengan Produk Terpercaya

Nah, itu dia pengetahuan tentang isi hydrant box dan fungsi masing-masing aksesoris hydrant. Jika Anda ingin melengkapi aksesoris hydrant Anda, pastikan hanya menggunakan produk terpercaya agar hydrant sistem yang dimiliki pun dapat bekerja secara maksimal.

Lalu di mana bisa mendapatkan produk hdyrant terpercaya? Tentunya hanya di Bromindo!

Bromindo merupakan kontraktor dan distributor perlengkapan hydrant dan fire system lainnya. Kami telah dipercaya banyak perkantoran dan usaha untuk melindungi aset mereka.

Kami hanya menjual produk berkualitas dari brand ternama. Namun, harga yang ditawarkan pun lebih terjangkau karena kami mendistribusikan produk hydrant kami sendiri.

Selain isi hydrant box, kami pun menjual APAR dengan berbagai jenis brand. Seperti GuardAll, Dexter, dan Hooseki. Tak hanya itu, kami juga memiliki aplikasi Firecek yang akan memudahkan pengguna untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR.

Tunggu apa lagi? Lengkapi isi hydrant box dan perlengkapan fire safety Anda lainnya dengan produk kami. Jika masih ada pertanyaan seputar produk atau artikel isi hydrant box ini, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar atau hubungi kami di menu contact us!Isi Hydrant Box - Distributor Aksesoris Hydrant

Recommended Posts

Leave a Comment