Jenis Nozzle Hydrant dan Fungsinya dalam Distribusi Air

Jenis nozzle hydrant mempengaruhi cara kerjanya. Pastikan Anda memilih jenis nozzle hydrant yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda!

Jenis Jenis Nozzle Hydrant

Nozzle dalam hydrant hadir dalam dua jenis. Yakni, jet dan spray nozzle. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun perbedaannya adalah cara kerja dan hasil pancarannya.

Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

Jenis Nozzle Hydrant - Jet dan Spray Nozzle

1. Jet Nozzle

Jet nozzle merupakan salah satu jenis nozzle hydrant . Nozzle ini dapat mengalirkan pancaran air secara solid dan lurus. Nozzle ini pun mempunyai kemampuan untuk memancarkan debit dan tekanan air yang sangat besar dan kuat.

Dengan pancaran air yang baik oleh jet nozzle, memungkinkan regu pemadam kebakaran untuk memadamkan api dari jarak yang cukup jauh. Pancaran air yang dihasilkan oleh jet nozzle, dengan mudah menjangkau api saat ada proses pemadaman kebakaran.

2. Spray Nozzle

Spray nozzle adalah jenis nozzle hydrant lainnya yang cukup berbeda dengan jet nozzle. Pancaran air yang dihasilkan tipe ini lebih mirip seperti tirai atau perisai air yang menyebar. Jadi sangat berbeda dengan pancaran air dari jet nozzle yang cenderung solid dan lurus.

Pancaran dari spray nozzle digunakan untuk melindungi orang atau regu damkar yang akan menuju ke titik api. Dengan berada di belakang pancaran air yang seperti tirai, maka akan terhindar dari jilatan api dan juga panas api yang menyengat.

Tirai air yang dihasilkan dari pancaran spray nozzle biasanya juga digunakan untuk mengevakuasi korban kebakaran. Atau juga bisa digunakan untuk mendinginkan area kebakaran pasca api padam. Pancaran yang dihasilkan spray nozzle akan mendinginkan area tersebut dan mencegah titik-titik api muncul kembali.

Fungsi Nozzle pada Hydrant

Hydrant nozzle adalah aksesoris hydrant yang berbentuk seperti corong. Peran nozzle ini adalah mengarahkan pancaran air menuju titik kebakaran.

Hal ini tentu saja menjadikan nozzle sebagai aksesoris yang tak kalah penting dengan aksesoris hydrant lainnya. Karena, hydrant akan mengeluarkan air bertekanan untuk memadamkan api.

Air bertekanan tersebut akan sangat sulit dikontrol petugas dalam mengarahkan selang pemadam. Maka dari itulah dibutuhkan hydrant nozzle.

Hydrant Nozzle

Nozzle ini kemudian dipasangkan pada ujung fire hose yang mengalirkan media air dari hydrant pillar sebagai penyuplainya. Untuk penggunaannya sendiri, harus dilakukan dengan cermat.

Hydrant nozzle ini harus dipegang secara sempurna. Petugas harus memperhatikan posisi memegang nozzle. Yakni, salah satu tangan adalah memegang ujung nozzle, dan tangan lainnya pada pangkal dengan menjepitkan ke ketiak supaya tidak goyah.

Kontraktor Hydrant Standar Internasional

Sudah menetapkan pilihan pada jenis nozzle hydrant mana yang sesuai untuk Anda? Tak hanya jenis nozzle hydrant dan aksesoris lainnya, pastikan Anda juga memperhatikan instalasi hydrantnya, ya!

Apabila Anda menginginkan instalasi hydrant yang berkualitas namun masih tersandung masalah budget, tak perlu khawatir! Serahkan saja pada Bromindo.

Jenis Nozzle Hydrant - Kontraktor Hydrant

Bromindo merupakan kontraktor hydrant terpercaya. Kami memiliki tenaga ahli berpengalaman yang bekerja dengan standar NFPA dan SNI.

Nah, tunggu apalagi? Ingin mendapatkan produk fire hydrant berkualitas internasional dan instalasi dengan pelayanan terbaik? Hubungi kami sekarang juga, yuk!

Jenis Nozzle Hydrant - Nozzle GuardALL

Recommended Posts

Leave a Comment