Jenis Valve

Jenis valve (katup) adalah sebuah perangkat yang mengatur atau mengontrol aliran dari satuan berbentuk cairan (gas, cairan maupun padatan terfluidisasi). Valve dapat bekerja dengan membuka, menutup atau menutup sebagian dari jalan aliran cairan tersebut.

Valve yang digunakan dalam instalasi fire hydrant biasanya disebut dengan hydrant valve. Jenis valve untuk hydrant ini terdiri dari beberapa varian yang tersedia di pasaran.

Jenis Valve untuk Instalasi Fire Hydrant

Hydrant valve dapat dioperasikan secara manual, baik dengan pegangan mau pun tuas pedal dan lain-lain. Selain dapat dioperasikan secara manual, valve (katup) juga dapat dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan prinsip perubahan aliran tekanan mau pun suhu. Perubahan-perubahan ini dapat mempengaruhi pegas atau piston yang pada akhirnya mengaktifkan hydrant valve secara otomatis

Jenis Valve TerlengkapBerikut jenis hydrant valve yang tersedia di pasaran:

  • Gate Valve

Gate valve merupakan jenis valve (katup) yang digunakan untuk membuka aliran dengan cara mengangkat gerbang penutupnya yang berbentuk bulat atau persegi panjang. Gate valve ini paling sering dipakai dalam sistem perpipaan

  • Globe Valve

Jenis valve hydrant ini juga digunakakn untuk mengatur laju aliran air / fluid dalam pipa. Prinsip dasar dari operasi globe valve adalah gerakan tegak lurus disk dari dudukannya. Hal ini memastikan bahwa ruang berbentuk cincin antara disk dan cincin kursi bertahap sedekat valve ditutup. Bagian utama dari globe valve ini sama saja dengan gate valve, yaitu terdiri dari body, seat, disc, bonnet, stem, packing dan gland.

Namun ada dua ciri yang membedakan dengan gate valve. Ciri pertama pada bagian dalam valve, disc seat-nya berbeda. Kemudian ciri kedua pada bagian luar, body dari globe valve terlihat lebih menggelembung. Ada dua jenis globe valve antara lain:

Jenis valve ini tergolong jenis globe valve yang digunakan untuk mengubah aliran seberat 90 derajat. Juga digunakan untuk mengatur secara lebih akurat aliran yang pressure rendah. Bentuk disc atau piringannya panjang dan kecil seperti paku.

  • Ball Valve

Ball valve adalah jenis valve (katup) dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat. Bola pada valve ini memiliki lubang yang berada di tengah, sehingga ketika lubang tersebut diputar segaris lurus atau sejalan dengan kedua ujung valve atau pipa pada valve, maka aliran air akan terjadi. Begitupun sebaliknya jika lubang bola tidak segaris dengan kedua ujung valve maka aliran akan terhenti.

Ball valve banyak digunakan karena kemudahannya dalam proses maintenance. Selain itu, memiliki kemampuan untuk menahan tekanan dan suhu tinggi. Tergantung dari material valve yang digunakan. Valve ini mampu menahan tekanan hingga 10.000 psi dengan temperature sekitar 200 derajat Celcius.

Di samping hal itu, ball valve banyak digunakan di perindustrian. Hal ini karena ball valve sangat serbaguna dan dapat menahan tekanan air hingga 1000 bar dan suhu 482 derajat F (250 derajat Celcius).

  • Butterfly Valve

Jenis valve ini digunakan untuk mengisolasi atau mengatur aliran air. Mekanisme penutupan mengambil bentuk sebuah disk. Sistem pengoperasiannya mirip dengan ball valve, yang memungkinkan kecepatan saat menutup.

Butterly valve umumnya disukai karena harganya lebih murah dibanding valve jenis lainnya. Desain valve lebih ringan dibanding jenis-jenis valve yang lain. Biaya pemeliharaan biasanya pun lebih terjangkau karena jumlah bagian yang bergerak minim. Valve ini juga mudah dioperasikan dengan handwhell yang dapat bergerak dari posisi disk dari tertutup penuh ke posisi terbuka penuh 90 derajat.

Check Valve dan Safety Valve, Komponen Tak Kalah Penting untuk Instalasi Hydrant

Check Valve

Jenis valve ini digunakan untuk membuat aliran fluida hanya mengalir ke satu arah saja atau agar tidak terjadi reversed flow/back flow. Ketika laju aliran fluida sesuai dengan arahnya, laju aliran tersebut akan membuat plug atau disk membuka.

Jika ada tekanan yang datang dari arah berlawanan, maka plug atau disk tersebut akan menutup. Untuk check valve terdiri dari beberapa jenis antara lain: swing check valve, lift check valve, back water check valve, swing type wafer type wafer check valve, disk check valve dan split disc check valve.

Safety Valve

Safety valve adalah jenis valve yang mekanismenya secara otomatis melepaskan zat dari boiler, bejana tekan, atau suatu sistem, ketika tekanan atau temperatur melebihi batas yang telah ditetapkan. Safety valve ini juga lazim di sebut sebagai relief valve.

Pressure safety valve mempunyai tiga bagian utama yaitu inlet, outlet dan spring set. Fluida bertekanan berada pada inlet PSV. PSV posisi menutup selama tekanan fluida lebih kecil dibandingkan tekanan spring pada spring set.

Sebaliknya jika tekanan fluida lebih tinggi dibandingkan tekanan spring set. Maka springset akan bergerak naik dan membuka katup yang akan membuang tekanan melalui outlet sampai tekanan fluida maksimal sama dengan tekanan spring set.

Jenis Valve HydrantNah, itulah jenis-jenis dari valve yang harus Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan hydrant valve berkualitas dengan harga terjangkau bisa segera dapatkan di sini, atau bisa langsung tekan tombol di bawah ini untuk menghubungi kami dan mendapat penawaran:

Recommended Posts

Leave a Comment

0