Gak Mau Kebakaran Gudang Tiner Jakarta Menimpamu? Ini Solusinya

Gak Mau Kebakaran Gudang Tiner Jakarta Menimpamu? Ini Solusinya

Melansir dari media detik.com, telah terjadi kejadian kebakaran di Gudang Tiner di Kalideres Jakarta Barat pada tanggal 9 April 2022 kemarin jam 20:46.

Kejadian tersebut setidaknya mengerahkan sekitar 19 Unit mobil DAMKAR untuk memadamkan api yang terus menjalar dan menyebabkan api semakin besar.

Kronologi dan Penyebab Kejadian Kebakaran Gudang Tiner Kalideres

Menurut salah satu saksi mata yang merupakan salah satu warga di sana, kejadian tersebut bermula dari area gudang yang dekat dengan pemukiman warga.

Kronologi kejadian kebakaran Gudang Tiner JakartaKemudian ia mendengar teriakan kebakaran dan melihat orang-orang berhamburan keluar dari area tersebut. Sampai detik ini kejadian kebakaran tersebut masih belum terpecahkan penyebabnya.

Alasan Tiner Bisa Menjadi Penyebab Kebakaran

Dari ulasan diatas bisa kita simpulkan bahwa aset/bangunan apapun jenisnya sangat membutuhkan proteksi lebih untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Tapi bicara masalah bahan tiner, kok bisa ya menyebabkan kebakaran seperti itu? Seperti yang kita tahu tiner merupakan bahan kimia mudah terbakar dan banyak digunakan sebagai campuran cat kayu, tembok, dan sebagainya.

jenis zat-zat bahan kimia berbahaya

Dimana jenis bahan tiner sendiri termasuk ke dalam kelas kebakaran B yang dapat menyebabkan ledakan hebat serta api menjalar bisa lebih cepat.

Tak hanya itu, kebakaran disebabkan tiner juga memunculkan dampak negatif terutama bagi mereka yang ada disekitarnya. Contohnya adalah kasus Gudang Tiner tadi.

Salah satunya adalah bau menyengat yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti pusing kepala akibat menghirup bau tiner serta rusaknya lingkungan sekitar bekas kebakaran.

Solusi Proteksi Untuk Kebakaran Gudang Tiner

Untuk solusi proteksi dari kejadian yang sudah diulas tadi, Anda bisa menggunakan Fire Suppression System, dengan menggunakan Indirect system serta menggunakan flame detector sebagai pendeteksinya.

Cara Kerja Fire Suppression System

Secara umum Fire Suppression System berfungsi sebagai andil yang dapat memadamkan api. Fire Suppression System tersebut sudah dilengkapi dengan sistem instalasi yang dapat mengeluarkan media pemadam api berupa CO2, ataupun HFC.

Nantinya Fire Suppression System bekerja ketika sudah mendapat sinyal dari detektor untuk mengeluarkan media pemadam api.

Sistem Fire Suppression System pada kebakaran Jika sudah mendapatkan sinyal tersebut secara otomatis pin tabung sebagai tempat persediaan media CO2/Liquid gas.

Kemudian akan terlepas dan mulai mengalirkan media pemadam air lewat instalasi pipa, dan keluar lewat nozzle yang sudah terbuka otomatis.

Cara Kerja Flame Detector

Secara umum Flame detector akan mendeteksi adanya kebakaran yang terjadi pada suatu ruangan dengan sumber pemicunya ialah api yang muncul.

Jadi, ketika ada api muncul tiba-tiba walaupun sedikit dan itu bisa menyebabkan kebakaran, Flame Detector akan memberikan sinyal kepada panel Fire Suppression untuk memadamkan api.

Jenis flame detector untuk kebakaran gudang tinerBeberapa poin tadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa perlindungan untuk aset/bangunan yang dimiliki baik berbentuk gudang atau sejenisnya, sangat diperlukan.

Tujuannya adalah agar meminimalisir kerugian serta memberikan perlindungan lebih kepada orang-orang disekitarnya.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan proteksi lebih seperti yang sudah direkomendasikan, Anda perlu berkonsultasi dengan pihak yang ahli di bidangnya seperti PT Bromindo Mekar Mitra.

Atau ingin berkonsultasi terkait beberapa jenis proteksi lain untuk aset/bangunan yang dimiliki, bisa langsung hubungi kami, GRATIS!

Recommended Posts

Leave a Comment

0