Kebakaran Kios Kembang Api di Papua yang Merenggut Nyawa Balita

Kebakaran kios kembang api di Papua, terjadi pada Kamis, (20/12/2018) pukul 20.15 WIT. Kebakaran tersebut menghabiskan tujuh unit kios dan menyebabkan meninggalnya seorang balita.

Kebakaran tersebut tentunya membuat geger warga Papua, tepatnya kawasan Expo Waena. Seperti apa kronologinya? Yuk, simak di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

 

Kronologi Kebakaran Kios Kembang Api di Papua

Menjelang tahun baru memang identik dengan ramainya penjualan terompet dan kembang api. Tak terkecuali di daerah Expo Waena, Papua.

Ironisnya pada Kamis, 20 Desember 2018 malam tadi, terjadi kebakaran di kawasan tersebut. Bahkan, kebakaran tersebut menghilangkan nyawa seorang balita bernama Wasif Syarif Mubarak.

Kebakaran terjadi ketika seorang anak berinisial AR (9) sedang bermain kembang api. Sungguh ironis, percikan apinya mengenai kios kembang api milik M Idham Sagir dan membakar habis tempat tersebut beserta isinya. Malangnya tak hanya melalap kios milik M Idham, api makin membesar dan menjalar ke 6 unit kios kembang api lainnya, dan juga menjadi penyebab meninggalnya seorang balita.

Dilansir dari detik.com, menurut Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R, petugas pemadam kebakaran cukup sulit untuk memadamkan api karena banyaknya kembang api yang terbakar. Api baru bisa padam setelah mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran.

 

Kebakaran Kios Kembang Api di Papua, Media Proteksi Kebakaran Mana yang Sesuai untuk Digunakan?

Kebakaran Kios Kembang Api di Papua - APAR

Kebakaran memang merupakan bencana yang tidak pernah dikehendaki. Namun, tak ada salahnya untuk melindungi keluarga, aset, dan bisnis Anda.

Kebakaran kios kembang api di papua tersebut memang bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Meskipun tidak memiliki usaha yang besar, bukan berarti Anda dapat lalai dan meremehkan pentingnya proteksi kebakaran. Apalagi bila usaha yang Anda miliki adalah toko kembang api yang notabenenya merupakan benda yang mudah terbakar, tentunya akan mudah menjalar dan berpotensi menjadi kebakaran skala besar.

Lalu proteksi kebakaran seperti apa sih yang dibutuhkan untuk usaha kios kembang api? Ada baiknya kita menilik dulu klasifikasi kebakarannya.

Karena kembang api merupakan benda yang mudah terbakar, maka ini termasuk dalam klasifikasi kelas kebakaran A. Pada kelas ini, kebakaran dapat diantisipasi dengan APAR dengan media cair, powder, dan foam.

Namun, apa bila usaha kembang api  yang Anda miliki cukup besar seperti pabrik, sebaiknya Anda menginstalasi fire suppression system agar dapat melindungi aset dan gedung yang Anda miliki.

 

Nah, itu dia kronologi tentang kebakaran kios kembang api di Papua dan APAR media apa yang sesuai untuk mengantisipasi kebakarannya. Apakah Anda berminat untuk memproteksi usaha Anda juga?

Bromindo menyediakan APAR berkualitas dan bergaransi. Yuk, percayakan Bromindo untuk sistem proteksi kebakaran Anda!

Kebakaran Kios Kembang Api di Papua - Distributor APAR Bergaransi

 

 

Recent Posts

Leave a Comment