Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang, Simak Yuk Kronologinya!

kebakaran lapas tangerang

Kebakaran hebat menghanguskan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, pada hari Rabu 8 September dini hari.

Akibat dari kejadian tersebut 41 narapidana (napi) tewas, 8 napi luka berat, dan 72 orang lainnya luka ringan, menurut saksi, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.50 WIB. Kebakaran terjadi di Blok C2.

kebakaran lapas tangerang

Kebakaran Lapas Tangerang, Apa Penyebabnya?

Pasukan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar habis lapas, sementara itu petugas dapat mengevakuasi korban meninggal maupun luka-luka setelah dua jam.

kebakaran lapas tangerang

Bagian yang terbakar terdiri dari aula lapas dan 9 kamar. Pada blok C2 yang terbakar tersebut terdapat 122 Narapidana. Dugaan sementara, kebakaran pada lapas terjadi karena adanya korsleting, atau hubungan arus pendek.

kebakaran lapas tangerang

kebakaran lapas tangerang

Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri dikerahkan untuk menyelidiki penyebab kebakaran itu. Sementara itu, Sebanyak 81 napi yang selamat telah dipindahkan ke lokasi lain. Rencananya, 81 napi itu akan dipindahkan ke blok lain.

Selain itu, pihak berwajib juga sedang melakukan pemeriksaan mendalam mengenai penyebab kasus ini, dengan 20 orang saksi yang akan diperiksa termasuk sipir penjara yang bertugas hari itu.

Perlindungan Untuk Lapas

Dari berita diatas kita dapat mengambil pelajaran, bahwa kebakaran ini bisa terjadi dimana saja, dan bahkan tidak mengenal waktu. Siapa yang menduga, bahwa kebakaran dapat terjadi pada Lapas.

Seperti yang kita ketahui, bahwa lapas sendiri merupakan tempat dimana banyak manusia disana, sehingga juga memerlukan perlindungan yang tepat. Karena mereka juga memiliki hak untuk merasa aman bukan?

kebakaran lapas tangerang

Oleh sebab itu, sistem proteksi kebakaran di penjara atau lapas juga harus diperkuat. Untuk sistem proteksi kebakaran penjara sendiri dapat menggunakan fire sprinkler, fire alarm, dan juga alat pemadam api ringan untuk pertolongan pertama.

kebakaran lapas tangerang

Dengan begitu, ketika ada gejala kebakaran, alarm akan berbunyi, fire sprinkler juga akan bereaksi ketika air raksa pada fire sprinkler terpicu dan pecah. Dengan begitu kebakaran dapat dihindari.

Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai pemasangan fire sprinkler, maupun kebutuhan sistem proteksi kebakaran, jangan sungkan untuk menghubungki kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

0