Kebakaran PT Anugrah Karya Sakti Purworejo

Kebakaran menimpa pabrik kayu lapis, yakni PT Anugrah Karya Sakti Purworejo, Jawa Tengah. Sebelum terjadi kebakaran, oven pembakaran kayu lebih dulu meledak. Lalu bagaimana kronologinya? Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Kronologi Kebakaran PT Anugrah Karya Sakti Purworejo

PT Anugrah Karya Sakti Purworejo - Kebakaran Pabrik Kayu Lapis

Sumber : Joe hartoyo/iNews.id

Kebakaran kerap menimpa bangunan pabrik, dan kali ini si jago merah melahap PT Anugrah Karya Sakti Purworejo, Jawa Tengah. PT Anugerah Karya Sakti Purworejo merupakan sebuah pabrik kayu lapis yang berlokasi di Desa Sumberejo.

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu, 10 Februari 2019 sekitar pukul 08.00 WIB. Menurut laporan, api berasal dari oven yang terlebih dahulu meledak. Api kemudian menyambar kayu yang sedang dalam proses pengeringan.

Api kemudian semakin membesar dan merembet ke bangunan lainnya. Pihak pabrik telah mencoba memadamkan api namun kobaran api terlanjur membesar dan sulit dipadamkan.

Pihak damkar kemudian mengambil alih proses pemadaman api. Damkar akhirnya berhasil memadamkan api tersebut dengan menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran PT Anugrah Karya Sakti Purworejo tersebut. Namun, kerugian disinyalir mencapai ratusan juta rupiah.

Antisipasi Kebakaran PT Anugrah Karya Sakti Purworejo

Setelah menilik kronologi kebakaran PT Anugrah Karya Sakti Purworejo, kiranya hal ini dapat menjadi pelajaran bagi pemilik pabrik. Meski tak ada korban jiwa, namun aset yang ludes terbakar api tentunya berdampak besar bagi pabrik.

Tak hanya APAR, sudah sepatutnya sebuah pabrik memiliki proteksi kebakaran skala besar. Lalu bagaimana antisipasi yang tepat untuk mengatasinya?

Bila mengingat pabrik tersebut dipenuhi dengan kayu kering, hal ini akan menjadikannya sebagai kebakaran kelas A. Menurut klasifikasi kelas kebakaran, kebakaran kelas A merupakan kebakaran yang diakibatkan benda padat mudah terbakar seperti kayu, kertas, plastik, dan lainnya.

Tentu saja media pemadam api yang tepat untuk menanganinya adalah media air. Untuk sistem, sebaiknya menggunakan fire sprinkler system.Fire sprinkle merupakan sistem proteksi kebakaran otomatis yang dapat mendeteksi panas dan mengeluarkan media air. Sprinkler akan menyirami seluruh area yang terdeteksi oleh sistem.

Sistem fire sprinkle benar-benar bekerja sendiri. Hal ini tentunya membawa keuntungan bagi pabrik apa bila kebakaran terjadi pada saat malam atau tidak adanya petugas yang menjaga saat terjadinya kebakaran.

Jangan Sampai Kebakaran Pabrik PT Anugrah Karya Sakti Purworejo Terjadi Pada Anda!

Setelah mengetahui betapa pentingnya proteksi kebakaran untuk melindungi aset Anda, kini saatnya mencari kontraktor terbaik untuk memaksimalkan investasi tersebut. Anda bisa mempercayakan perlindungan kebakaran pabrik Anda pada Bromindo.

Bromindo adalah kontraktor terbaik yang telah dipercaya oleh banyak pengusaha, lembaga, dan instansi untuk memproteksi gedung dan aset mereka. Tak hanya itu, kami juga merupakan distributor alat pemadam api sehingga tentunya harga produk jauh lebih terjangkau.

Kami menyediakan jasa service dan konsultan untuk gedung atau pabrik Anda. Tentunya kami memiliki tenaga ahli berpenglaman yang memiliki sertifikat dan lisensi yang mengacu pada standar NFPA dan SNI.

Bromindo menyediakan jasa instalasi berbagai macam sistem proteksi kebakaran. Kami juga menjual APAR dengan berbagai media dan brand terbaik.

Bahkan, kini kami telah meluncurkan aplikasi Firecek. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang dimiliki.

Ayo tunggu apa lagi? Segera hubungi kami juga di menu contact us dan dapatkan pelayanan terbaik!

PT Anugrah Karya Sakti Purworejo - Pemadam Kebakaran

Recommended Posts