Kebakaran Taman Pintar: Kronologi dan Antisipasi

Kebakaran Taman Pintar terjadi pada hari Minggu (06/01/2019). Kebakaran tersebut tepatnya di kawasan parkir bus, Taman Pintar Yogyakarta. Lalu bagaimana kronologinya? Simak di bawah ini, yuk!

 

Kebakaran Taman Pintar: Kronologi

Kebakaran Taman Pintar - Kebakaran KiosSumber: Dok. Merdeka

Pada hari Minggu, 06 Januari 2019 terjadi kebakaran di parkiran bus Taman Pintar Yogyakarta, yakni di area parkir Jalan Panembahan Senopati. Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 22.30 WIB.

Akibat kebakaran itu, sebanyak 35 kios snack dan oleh-oleh di area tersebut ludes terbakar. Tak hanya itu, si jago merah juga menyambar sebuah mobil Inova dan satu unit motor Vario.

Titik api bermula dari sebuah kios, namun ketika pihak Damkar menuju lokasi, api sudah membesar dan menjalar ke kios lainnya. Untungnya, tidak ada korban jiwa dari tragedi kebakaran tersebut.

Kebakaran ini berhasil dipadamkan oleh pihak damkar pada pukul 23.13 WIB. Dikerahkan lima unit mobil damkar dengan 25 orang personel untuk memadamkan kebakaran Taman Pintar ini. Diantaranya dua mobil damkar dari Balai Kota Yogyakarta, dua mobil damkar Mojo, dan satu mobil tronton sebagai penyuplai air.

Penyebab kebakaran ini diduga akibat adanya konsleting listrik. Tentunya insiden ini menjadi satu diantara banyaknya kasus kebakaran di kawasan pertokoan.

Kebakaran Taman Pintar: Antisipasi

Kebakaran Taman Pintar - APAR

Kebakaran mungkin menjadi momok bagi para pemilik usaha di kawasan padat pertokoan, seperti halnya di kawasan kios Taman Pintar Yogyakarta. Pasalnya, bila salah satu kios mengalami kebakaran, tentunya akan dengan mudah menyambar ke kios lainnya bila tidak segera ditangani.

Lalu bagaimana antisipasinya? Ada baiknya bila kita menilik dulu klasifikasi kelas kebakarannya. Hal ini bertujuan agar para pemilik usaha serupa tidak salah dalam memilih proteksi kebakaran.

Sebagaian kios di daerah Taman Pintar merupakan kios snack dan oleh-oleh. Pastinya, akan banyak ditemukan benda-benda yang berbahan plastik dan benda padat mudah terbakar lainnya.

Menurut klasifikasi kelas kebakaran, kebakaran pada benda padat mudah terbakar masuk dalam kebakaran kelas A. Untuk kelas kebakaran A, Anda bisa memproteksinya dengan APAR dengan media foam dan powder.

APAR ini tentunya hanya sebagai antisipasi awal kebakaran agar segera dapat dipadamkan sebelum membesar. Bila api sudah terlanjur membesar, ada baiknya Anda segera menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Yuk, Lindungi Usaha Anda dengan APAR Kualitas Terbaik!

Setelah adanya kebakaran Taman Pintar, apakah Anda ingin mulai memproteksi usaha yang dimiliki? Bingung mencari proteksi kebakaran di mana? Jika ya, maka Anda datang ke tempat yang tepat.

Bromindo merupakan kontraktor dan distributor alat pemadam kebakaran. Kami telah dipercaya oleh banyak instansi, lembaga, dan pengusaha untuk melindungi aset mereka dari kebakaran.

Untuk Anda yang berada di darah Yogyakarta, bisa langsung datang ke Jl. Magelang No. 32-34 Cokrodiningratan, Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Selain itu, kantor kami juga ada di kota Semarang dan Jakarta.

Bila Anda masih bingung dengan proteksi yang sesuai dengan usaha Anda, jangan khawatir! Anda bisa langsung berkonsultasi dengan teknisi profesional dari Bromindo.

Tak hanya itu, kami juga memiliki aplikasi Firecek yang akan memudahkan Anda dalam mengontrol APAR yang dimiliki. Tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi kami di menu contact us, dan dapatkan penawaran terbaik!

Kebakaran Taman Pintar - Pemadaman Kebakaran Kios

Sumber: Yasin Adaffi – KR Jogja

Recommended Posts

Leave a Comment