Kerusakan Fire Alarm Yang Harus Anda Ketahui, Bagaimana Mengantisipasinya?

kerusakan fire alarm

Fire alarm merupakan sebuah sistim yang memiliki cara kerja mendeteksi adanya gejala kebakaran pada sebuah ruangan atau gedung. Pada sebuah rangkaian fire alarm system terdapat sebuah komponen yang akan memantau kondisi dan situasi sebuah ruangan, yaitu detector.

Jika detector ini mendeteksi adanya gejala-gejala kebakaran maka detector akan mengirimkan sinyal ke panel dan panel akan membunyikan fire alarm. Dengan begitu, orang-orang yang berada di dalam ruang atau gedung dapat melakukan evakuasi mandiri.

troubleshoot fire alarm

kerusakan fire alarm

Dengan adanya sistim ini, kita dapat mendeteksi secara dini sebelum kebakaran terjadi, dengan begitu kita dapat langsung melakukan tindakan preventif berupa pemadaman api dengan APAR. Jika api kecil sudah mulai muncul.

Tapi, bagaimana jika fire alarm lama tidak digunakan dan ketika ada gejala kebakaran tidak dapat mendeteksi gejalanya? Apa ada yang salah dengan fire alarm kita? Apa saja sih kerusakan fire alarm yang biasa terjadi? Lantas, bagaimana cara menyikapi hal tersebut?

Ini Dia Kerusakan Fire Alarm yang Biasa Terjadi

kerusakan fire alarm

Sebuah benda, tidak mungkin jika tidak mengalami sebuah kerusakan apalagi jika sudah termakan usia. Termasuk juga fire alarm. Banyak dari kita yang masih awam dengan kerusakan-kerusakan tersebut, dan masih bingung bagaimana cara melakukan deteksi kerusakan pada sistim yang kita miliki.

fire alarm bermasalah

Kerusakan-kerusakan fire alarm ini terbilang cukup berbahaya, karena fire alarm merupakan sistim untuk memberikan perlindungan, dimana kondisinya harus terpantau dengan baik. Kerusakan yang umumnya terjadi antara lain :

  1. Fire alarm belum ter-back up resistor.
  2. AC Failed atau MCFA belum mendapat aliran listrik PLN.
  3. Charging Open atau Battrey Fail
  4. Open Circuit
  5. Short Circuit
  6. Inverb atau Duplicate pada fire alarm addressable.

kerusakan fire alarm

Hal tersebut merupakan masalah yang sering dijumpai di lapangan. Hal tersebut dapat membuat fire alarm gagal berfungsi. Bagi fire alarm yang memiliki annunciator atau display notifikasi pada panelnya, akan mendapatkan notifikasi pada layarnya, dan hanya petugas yang dekat panel yang mengetahui masalah tersebut.

Lantas, bagaimana jika kita sedang tidak berada di dekat panel? Mungkinkah kita mengetahui masalah yang sedang dialami oleh fire alarm yang kita miliki?

Kini Ada Fire Alarm Canggih Yang Bisa Deteksi Dini Kerusakan

Hal tersebut memang menjadi kekhawatiran tersendiri, untuk itu sebelum kita memutuskan untuk memasang fire alarm, kita wajib memilih produk yang tepat agar masalah-masalah tersebut dapat terdeteksi dengan baik.

maslah yang sering muncul pada fire alarm

kerusakan fire alarm

Seperti Fire Alarm GuardALL. GuardALL sudah mengeluarkan berbagai produk Fire Protection System yang bermutu dan berkualitas. Seperti produk keluaran GuardALL terbaru ini, yaitu Fire Alarm GuardALL.

kerusakan fire alarm

kerusakan fire alarm

Selain itu, produk GuardALL sudah terintegarsi dengan aplikasi Firecek. Sehingga masalah-masalah kerusakan pada fire alarm dapat langsung terdeteksi dan muncul melalui layar notifikasi pada smartphone Anda. Mudah bukan?

kerusakan fire alarm

Untuk informasi lebih lengkap atau konsultasi dengan konsultan ahli kami, Anda dapat langsung menuju menu contact us yang telah kami sediakan pada halaman situs kami.

Recent Posts

Leave a Comment