Mall Pluit Junction Jakarta Kebakaran, Begini Kronologi dan Cara Antisipasinya

mall pluit junction jakarta

Minggu, 17 Januari 2021. Kebakaran melanda Mall Pluit Junction Jakarta Utara. Dalam proses pemadamannya, petugas juga harus melakukan penyedotan asap yang berada di dalam gedung.

Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran di kerahkan di lokasi guna membantu proses pemadaman, agar api dapat cepat dipadamkan. Sebelumnya, kepulan asap hitam keluar membumbung tinggi. Pelajari lagi mengenai ilmu membaca asap agar lebih jelas mengenai arti dan tanda pada asap kebakaran, disini.

kronologi lengkap mall pluit junction jakarta terbakar

Kronologi Kebakaran Mall Pluit Junction Jakarta

mall pluit junction jakarta

Kejadian kebakaran ini terjadi pada pukul setengah 6 sore. Beberapa saksi mata mengungkapkan bahwa ia melihat kepulan asap tebal yang keluar dari gedung mall pluit junction Jakarta. Diduga, kebakaran ini disebabkan oleh kabel listrik yang terbakar.

Dari kabel listrik yang terbakar, kemudian api mulai merambat dan membakar yang lainnya. Hal ini yang patut kita jadikan pelajaran. Agar kedepannya kita menjadi lebih waspada dan peduli.

mall pluit junction jakarta terbakar, ini kronologi

mall pluit junction jakarta

Dari kasus tersebut, kita dapat belajar, bahwa api dapat menyerang kapan saja. Ketika pada suatu ruangan terdapat 3 unsur pembentuk api, maka sudah pasti akan terjadi kebakaran. Oleh sebab itu, kita tidak boleh lalai dan lengah agar kejadian serupa tidak terulang. Sistem proteksi kebakaran harus tetap di cek secara berkala.

Bagaimana Solusi Antisipasi Kebakaran Akibat Elektrikal?

mall pluit junction jakarta

Sistem proteksi kebakaran memang berbagai macam jenisnya, lantas, sistem proteksi apakah yang cocok untuk antisipasi kebakaran yang tepat untuk seperti kasus diatas?

mall pluit junction jakarta

Dengan fire alarm, kita dapat dengan mudah mengetahui lokasi masalah dan cepat dalam mengambil tindak pemadaman dengan APAR yang berada pada zona tersebut. Selain itu, untuk perlindungan yang lebih maksimal, kita juga dapat menambahkan fire sprinkler maupun fire hydrant indoor.

penyebab mall pluit junction jakarta Terbakar

Untuk fire sprinkler sendiri ditambahkan jika atap pada ruang atau gedung tersebut tidak terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan, agar api dapat memicu fire sprinkler ketika api masih kecil. Jika jarak atap dan lantai terlalu tinggi, fire sprinkler akan terpicu ketika api sudah membesar.

Untuk perlindungan yang lebih makismal, sebaiknya wajib melakukan pemasangan Fire Hydrant Indoor. Dengan begitu, kita langsung dapat melakukan tindakan preventif berupa pemadaman, ketika api masih belum membesar.

mall pluit junction jakarta

Untuk informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk konsultasi langsung dengan konsultan ahli kami melalui menu contact yang terdapat pada halaman situs kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

0