Mater Control Fire Alarm Addressable System

Mater Control Fire Alarm Addressable System

Mater Control Fire Alarm Addressable System

Untuk sistem proteksi gedung bertingkat Mater Control Fire Alarm Addressable System lebih sering digunakan, sistem ini banyak digunakan pada bisnis perhotelan, perkantoran, mall bahkan rumah sakit. Perbedaan yang mendasar dibanding dengan sistem konvensional adalah dalam pemberian alamat. Pada sistem addressable setiap detector  memiliki alamat sendiri sendiri untuk memberi alamat masing masing detector sehingga saat terjadi kebakaran dapat diketahui dengan lebih detail dimana letak lokasi yang terbakar karena panel addressable mampu memberi informasi detektor dengan alamat atau id mana yang aktif. Sedangkan pada sistem konvensional hanya memberi informasi deteksi kebakaran berasal dari zona atau loop dan tidak memberi informasi detektor mana yang terdeteksi hal ini disebabkan satu loop atau zona bisa terdiri dari lima bahkan lima belas detektor bahkan lebih.

Agar dapat memberi informasi alamat atau identitas pada panel maka Mater Control Fire Alarm Addressable System dibutuhkan monitor modul yang memiliki ketentuan satu untuk satu, sehingga sistem menjadi benar benar addresable atau disebut fully addressable.

Yang menyebabkan Mater Control Fire Alarm Addressable System kurang begitu banyak diminati dibanding dengan sistem konvensioanl karean masalah harga sitem adressable lebih mahal dibanding sistem konvensional. Apalagi jika benar benar menerapkan sistem fully addressable. Untuk menyiasati biaya yang sedemikian mahal dapat diantisipasi dengan sistem semi addressale, sistem semi addressable panel dan jaringannya menggunakan addressable sedangkan satu module digunakan untuk beberapa detector konvensional.

Panel Mater Control Fire Alarm Addressable System tidak memiliki terminal zone L – C, tetapi yang ada adalah terminal loop. Dalam satu tarikan loop dapat terpasang hingga 125 – 127 module, artinya jumlah detector dapat terpasang hingga 127 detector atau 127 zone full addressable hanya dalam satu tarikan. Sehingga module panel addressable kapasitas satu loop dapat menampung 127 detector. panel addressable dengan dua loop dapat menampung 254 zone begitu seterusnya.

Note : setiap produk Mater Control Fire Alarm Addressable System memiliki kemampuan berbeda masing masing loop.

 

Leave a Comment