MCFA Addressable

MCFA Addressable
Proteksi sistem kebakaran untuk gedung bertingkat MCFA Addressable System lebih banyak di aplikasikan dalam rangkaian instalasi fire alarm, sistem addres atau pengalamatan lebih sering digunakan pada Gedung perhotelan, Kapal laut, bisnis perkantoran, super market, rumah sakit, apartemen dan kondominium. Perbedaan paling mendasar dalam system ini dibandingkan dengan sistem fire alarm konvensional adalah dalam penentuan alamat detector. Pada fire alarm sistem addressable setiap unit detector dapat menunjukkan alamat atau ID mana yang aktif karena pada setiap perangkat ini masing-masing detektor memiliki addres sehingga ketika terjadi kebakaran display/LCD screen pada kontrol panel akan menunjukan lokasi aktif yang lebih detail. Sedangkan pada convensional system notifikasi yang di tampilkan pada display panel hanya berupa informasi zona aktif yang terdeteksi oleh salah satu detektor dari zona tersebut, Di Panel FA tanpa dapat diketahui lokasi detektor yang sedang aktif ini. Notifikasi alarm yang menggunakan sistem konvensional menampilkan zona atau line dimana setiap line/zona dapat di paralel hingga 20-30 detektor smoke dan ratusan detektor panas. Fire Alarm Konvensional sistem dari segi harga lebih murah dan maintenancenya lebih mudah tetapi informasi yang di tunjukkan kurang detail karena detektor tidak memiliki address sendiri informasinya yang tampil hanya line atau zona yang tehubung dengan detektor aktif.

Modul MCFA Addressable

Produk turunan dari addressable atau lebih di kenal dengan semi addressable adalah kombinasi dari system addressable dan sistem konvensional dimana MCFA Addressable sedangkan detektor menggunakan konvensional. Sistem semi addressable membutuhkan modul yang di sebut monitor modul yang berfungsi untuk mengkonvert dari detektor konvensional supaya informasi dari setiap detektor dapat terbaca pada sistem addressable, hanya sistem yang informasi yang di tampilakan berupa informasi zona sama dengan konvensioanl tetapi berupa digital informasi. Dengan Display digital ini membuat lebih mudah dalam memantau fire alarm yang aktif sekalipun zona yang terpasang sampai ratusan line. Modul Semi addressable bermacam-macam dari monitor modul, mini monitor modul, control modul, zone modul for detector.

Pembagian MCFA Addressable

MCFA Addressable memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada FACP yang memiliki kemampuan hingga 315 address dan ada juga yang memiliki kemampuan hingga 127 Address. Selain detektor yang bisa diberikan alamat, Pembagian MCFA Addressable manual call point / manual push button pada system addressable juga memiliki alamat sendiri. pada system addressable panel telah di lengkapi dengan modul print sehingga informasi yang direcord dalam system dapat di print out untuk memunahkan kita menganalisa dan mengaudit system.

Kelebihan MCFA Addressable

Kelebihan system addressable ini memungkinkan pengguna untuk memonitor secara computerized system, dimana beberapa panel yang telah terpasang mungkin dapat di integrasikan dan di pantau dari sistem tunggal. panel addressable juga dapat di fungsikan untuk system multi hazard dan fire suppression system.
Bagaimana sistem monitor fire alarm anda? masih konvensional atau mau di upgrade ke addressable?

Leave a Comment