Memilih Fire Alarm System Yang Benar

Memilih Fire Alarm System Yang Benar

Memilih Fire Alarm System Yang Benar dan tepat di butuhkan tim yang profesional karena banyaknya jenis fire alarm system kadang membuat kita bingung harus memilih jenis apa, karena kita harus melihat pada jenis bangunan, jenis penghuni dan jenis isi di dalam gedung. Secara umum fire alarm system ada 2 jenis:

1. system konvesional

Memilih Fire Alarm System Yang BenarSistem Konvensional: yaitu yang menggunakan kabel isi dua untuk hubungan antar detector ke detector dan ke Panel. Kabel yang dipakai umumnya kabel listrik NYM 2×1.5mm atau NYMHY 2×1.5mm yang ditarik di dalam pipa conduit semisal EGA atau Clipsal. Pada instalasi yang cukup kritis kerap dipakai kabel tahan api (FRC=Fire Resistance Cable) dengan ukuran 2×1.5mm, terutama untuk kabel-kabel yang menuju ke Panel dan sumber listrik 220V. Oleh karena memakai kabel isi dua, maka instalasi ini disebut dengan 2-Wire Type. Selain itu dikenal pula tipe 3-Wire dan 4-Wire.Jenis system konvesional sendiri sangat bermacam-macam bentuk dan fungsinya antara lain :

  • Smoke Detector, atau detektor asap adalah alat yang berfungsi mendeteksi asap, ketika detektor mendeteksi asap maka detektor akan segera mengirimkan sinyal sehingga fire alarm berbunyi.
  • Heat Detector, berfungsi mendeteksi terjadinya perubahan energi thermal (panas) yang diakibatkan oleh adanya api. Detektor panas memiliki dua type yaitu detektor dengan batasanan suhu yang tetap, dan detektor yang mendeteksi peningkatan suhu secara seketika.
  • Flame Detector, berfungsi mendeteksi adanya kobaran api, memiliki tiga jenis type yaitu sensor optik, ionisasi dan thermocouple.
  • Gas Detector: Sesuai dengan namanya detector ini mendeteksi kebocoran gas yang kerap terjadi di rumah tinggal. Alat ini bisa mendeteksi dua jenis gas (LPG : Liquefied Petroleum Gas, LNG : Liquefied Natural Gas).

2. system addressable

System addressable, fire alarm system ini lebih modern di bandingkan dengan system yang konvensional karena kontrolnya lebih fleksibel dan dan informasi yang di dapat lebih banyak karena alat ini di kembangkan menggunakan mikrokontroller. Fire alarm system jenis addressable ada 2 macam

  • Semi addressable
  • Full addressable

Apapun merk dan tipenya, usahakan ke tiga jenis fire alarm system di atas dapat anda miliki  karena fungsi mereka berbeda- beda untuk meningkatkan safety di perusahaan anda. Memang bisa dibilang benda ini tidak dapat menyelamatkan barang barang anda secara utuh, meskipun demikian fungsi fire alarm system bisa memperingatkan anda sedini mungkin sebelum musibah kebakaran yang akan terjadi maupun bertambah parah.

Jika anda bingung memilih jenis dan merk apa yang harus di pilih untuk perusahaan anda, anda bisa mempercayakan kepada kepada kami, tim engeneering bromindo akan mensurvei jenis fire alarm system jenis apa yang seharusnya di gunakan untuk safety perusahaan anda anda juga bisa berkonsultasi kepada kami mengenai  untuk memilih fire alarm system.

Salam.

 

Leave a Comment