Mengapa Harus Memiliki Alarm Kebakaran

Mengapa Harus Memiliki Alarm Kebakaran

Mengapa Harus Memiliki Alarm Kebakaran Alarm kebakaran yang terpasang dengan baik dan dipelihara di rumah kita dapat mengingatkan kita dan keluarga kita Selama 24 jam/Minggu. Apakah kita terjaga atau tertidur , alarm kebakaran akan bekerja terus-menerus dan memantai udara dari api dan asap . Menurut National Fire Protection Association , hampir dua – pertiga dari kebakran properti di akibatkan tanpa adanya alarm kebakaran. Sebuah alarm kebakaran bekerja secara signifikan meningkatkan peluang kita untuk bertahan dari kebakaran rumah.

Apa jenis alarm kebakaran yang tersedia?
Ada berbagai merek alarm kebakaran dan jenisnya yang tersedia di pasar antara lain ionisasi dan fotolistrik, secara definitif tidak bisa di katakan yang satu lebih baik dari pada yang lain karena dalam tergantung situasi kebakaran yang bisa muncul dalam tempat tinggal kita. US Fire Administration (USFA) merekomendasikan setiap tempat tinggal dan tempat di mana orang tidur sebaiknya dilengkapi dengan :

Keduannya yakni jenis ionisasi dan alarm kebakaran jenis fotolistrik , atau alarm kebakaran sensor ganda yang mengandung ionisasi dan sensor asap fotolistrik sekaligus.
Selain tipe dasar alarm , ada alarm yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang-orang dengan gangguan pendengaran. Alarm ini dapat menggunakan lampu strobo flash dan / atau bergetar untuk membantu memperingatkan mereka yang tidak mendengar alarm kebakaran.

Mengapa Harus Memiliki Alarm Kebakaran

Apa sumber daya dari alarm kebakaran?
Alarm kebakaran biasanya telah didukung oleh baterai atau sistem listrik rumah kita. Jika alarm kebakaran ini didukung oleh baterai biasanya menggunakan tegangan sekitar 9Volt atau jika menggunakan baterai lithium lama hidup bisa hingga 10 tahun tanpa diganti baterai . Sebuah baterai cadangan biasanya tersedia di dalamnya jika di mungkinkan untuk di mengganti .

Baterai ini harus diuji secara teratur dan , dalam banyak kasus , harus diganti setidaknya sekali setiap tahun ( kecuali untuk baterai lithium ) .

Mengapa Harus Memiliki Alarm Kebakaran, apakah alarm kebakaran tidak  mahal?
Alarm kebakaran tidak mahal dan di bantdingkan dengan keselamatan hidup. Ionisasi dan fotolistrik alarm kebakran biaya antara Rp. 200.000 – 300.000 Detail / Hubungi Kami. Untuk sensor ganda alarm kebakaran biaya antara Rp.400.000.

Peringatan:
Alarm kebakaran harus dipasang oleh ahli listrik dan terpasang dengan benar di lokasi yang tepat, jika anda memesan di bromindo tidak akan di kenakan biaya (Untuk wilayah Jateng dan DIY).
Cek secara rutin baterai setiap bulannya karena jika baterai lemah sistem tidak bekerja secara maksimal dan sesuaikan dengan instruksi pabrik .
Jangan pernah menonaktifkan alarm kebakaran saat memasak, Jika alarm kebakaran berbunyi saat kita sedang memasak atau mandi dengan banyak uap, jangan keluarkan baterai . yang perlu dilakukan adalah:
*Buka jendela atau pintu dan tekan tombol ” diam” ,
*Melambaikan handuk di alarm untuk membersihkan udara , atau
*Memindahkan seluruh alarm beberapa meter jauhnya dari lokasi .
*Menonaktifkan alarm kebakaran atau mengeluarkan baterai bisa menjadi kesalahan yang FATAL.
Semoga Setelah Membaca Artikel Ini Tidak Ada Lagi Mengapa Harus Memiliki Alarm Kebakaran
Sumber : USFA (US Fire Administration)

Leave a Comment