Merawat Perlengkapan Fire Hydrant

Didalam artikel ini akan kita bahas mengenai gimana untuk Merawat Perlengkapan Fire Hydrant . Oleh karena itu untuk merawat perlengkapan fire hydrant harus diketahui untuk menjaga setiap kompenen yang digunakan untuk instalasi fire hydrant.

Merawat perlengkapan fire hydrant penting dilakukan secara rutin, hal ini dilakukan untuk memastikan fire hydrant dapat bekerja dengan baik. Jadi tidak benar jika perlengkapan fire hydrant cuman di diamkan saja tanpa tahu kondisinya pada saat digunakan. Merawat perlengkapan fire hydrant memperlukan orang yang berkompeten di bidangnya, salah satunya Bromindo.

Beberapa Perlengkapan Fire Hydrant Yang Membutuhkan Perawatan

Berikut beberapa perlengkapan fire hydrant yang membutuhkan perawatan yang antara lain:

  • Merawat Fire Hose

Untuk merawat perlengkapan fire hydrant khususnya fire hose (selang pemadam) ada beberapa cara yang dilakukan agar fire hose tetap terjaga. Diusahakan seminim mungkin selang tidak di seret, terutama saat digunakan di atas aspal.  Usahakan fire hose sering digunakan untuk pelatihan. Setelah digunakan keringkan bagian dalam selang setelah digunakan, agar fire hose tidak lengket/terserang jamur dan lumut. Kemudian fire hose simpan pada hydrant box dan usahakan tidak terkena sinar matahari langsung.

  • Merawat Hydrant Pillar

Merawat perlengkapan fire hydrant khusus hydrant pillar penting untuk diperhatikan. Memastikan hydrant pillar tidak terhalang oleh benda-benda yang dapat menyulitkan petugas saat mengoperasionalkan hydrant pillar. Usahakan hydrant pillar harus tetap terjaga kebersihannya. Jika shield mengelupas pada hydrant pillar dilakukan pengecetan dengan cat khusus untuk perlengkapan fire hydrant. Hal ini lakukan untuk signal (tanda) agar mudah diketahui operator.

  • Merawat Hydrant Box

Memastikan hydrant box tidak terhalang oleh benda-benda yang dapat menyulitkan petugas saat bekerja memadamkan api sehingga dapat diakses dengan mudah. Lakukan perawatan rutin agar hydrant box tidak berkarat dan bersihkan secara rutin box hydrant agar tidak terpapar debu berhari-hari bahkan sampai tahunan, karena hal ini akan mengakibatkan korosi pada plat box hydrant / shield box hydrant. Jika shield mengelupas hydrant box harus dilakukan pengecetan dengan cat khusus perlengkapan fire hydrant yang telah ditetapkan oleh NFPA. Jika terjadi kerusakan permanen pada hydrant box harus dilakukan penggantian pada hydrant box.

  • Merawat Nozzle

Merawat perlengkapan fire hydrant khusus nozzle jika mengalami penyumbatan harus dilakukan pembersihan. Nozzle masukan dalam air untuk dibersihkan, gosok-gosok dengan alat tangkai penggosok khusus sampai material yang menyumbat nozzle hingga keluar. Perlu di ingat juga harus memperhatikan nozzle dapat digunakan dan tidak mengalami kebocoran atau becah pada nozzle. Jika nozzle becah atau rusak harus diganti supaya sistim kerja fire hydrant dapat berjalan dengan optimal.

  • Merawat Pompa Hydrant

Setelah melalui tahap testing kebocoran, lakukan flushing system hydrant. Menghidupkan pompa hydrant (diesel pump, electric pump, jockey pump) minimal satu minggu sekali. Hal ini dilakukan supaya dapat dioperasionalkan saat dibutuhkan operator. Penggantian oli pada pompa hydrant perlu diperhatikan untuk mengetahui berapa tahun sekali untuk mengetahui bisa konsultasi pada engineering yang berkompeten di bidang fire hydrant.

  • Merawat Jaringan Pipa

Untuk merawat jaringan pipa menimalisir dari korosi, setiap pipa dari bahan besi/baja dalam tanah harus dililit dengan karung goni dan dilapisi dengan Tar (Tar coated) atau dengan bahan anti karat sintesis yang dispesifikasi untuk keperluan pemipaan bawah tanah. Untuk jaringan pipa hydrant umumnya dipakai warna merah sesuai dengan NFPA. Pengetesan jaringan pipa harus dilakukan dengan disaksikan ole pengawas wakil dari pemilik proyek/perencana. Instalasi pemipaan air harus diuji dengan tekanan 20 kg/cm2, tanpa mengalami kebocoran dalam waktu minimum 24 jam dan dipastikan tekanan air tidak turun/berubah. Setiap pompa dan sambungan pipa harus digrounding dan untuk pompa harus dilengkapi variable speed drived.

Engineering Yang Kompeten Dalam Merawat Perlengkapan Fire Hydrant

Untuk menjaga instalasi fire hydrant membutuhkan engineering yang kompeten dalam merawat perlengkapan fire hydrant. Bromindo perusahaan yang bergerak di bidang fire hydrant memiliki engineering yang berpengalaman dalam merawat perlengkapan fire hydrant. Bromindo memiliki sertifikat NFPA dan engineering dari bromindo dalam pengerjaan instalasi fire hydrant perpedoman aturan-aturan standar yang ada sehingga instalasi fire hydrant dapat berjalan dengan optimal.

Leave a Comment