Nozzle Perlengkapan Pemadam Kebakaran

Nozzle Perlengkapan Pemadam Kebakaran

Nozzle Perlengkapan Pemadam KebakaranNozzle merupakan perangkat yang tidak kalah penting dalam fire fighting, fungsi nozzle ini adalah mempermudah petugas pemadam untuk mengarahkan air bertekanan yang keluar dari jaringan pipa instalasi fire hydrant baik melalui hydrant box indoor yang terletak di dalam gedung maupun hydrant pillar yang letaknya di luar gedung. Bisa juga aliran air langsung keluar dari tangki mobil pemadam kebakaran. Nozzle Perlengkapan Pemadam Kebakaran memiliki beragam jenis, yang paling sering dan banyak digunakan adalah jet nozzle. Yaitu nozzle yang berbentuk runcing diujung yang mengalirkan air secara lurus mengarah ke api. Nozzle ini cocok untuk digunakan saat memadamkan api di jarak yang jauh yang tidak tercover oleh selang karena pancaran air dari nozzle bisa mencapai 5 meter.

Variasi Nozzle Perlengkapan Pemadam Kebakaran

Sementara nozzle lain yang juga digunakan oleh petugas pemadam kebakaran adalah straigh variable nozzle, berbeda dengan jet nozzle. Aliran air pada straight variable nozzle mengembang seperti payung. Airnya pun berbentuk seperti kabut tipis yang berfungsi untuk melindungi diri petugas dari bola api atau hawa panas yang terjadi di area kebakaran. Nozzle ini cocok digunakan untuk memadamkan api di area yang lebih dekat karena semburan air pada nozzle ini lebih pendek. Walaupun fungsi utama demikian, nozzle ini bisa diatur seperti menjadi jet nozzle sehingga bisa mengarahkan air secara lurus dan lebar.

Ukuran Nozzle Perlengkapan Pemadam Kebakaran

Nozzle Perlengkapan Pemadam Kebakaran memiliki ukuran standart 1,5 dan 2,5. Biasanya untuk ukuran 1,5 digunakan di dalam ruangan karena memiliki diameter dan panjang yang lebih kecil daripada ukuran 2,5. Nozzle Perlengkapan Pemadam Kebakaran terbuat dari bahan kuningan atau alumunium. Kedua bahan ini memiliki keunggulan, yaitu material lebih ringan sehingga mudah dibawa namun tetap handal dalam menangani kebakaran. Bentuk jet nozzle runcing pada ujung untuk memperkuat tekanan air yang keluar, sedangkan straight variable memiliki ujung tidak terlalu runcing karena memiliki putaran untuk mengatur air yang keluar.

Leave a Comment