Pabrik Busa PT Foamindo Tangerang Hangus Terbakar : Apa sih Penyebabnya?

pabrik busa pt foamindo tangerang

Kebakaran hebat melanda pabrik busa PT Foamindo Tangerang, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kebakaran terjadi pada hari kamis lalu 29 Oktober 2020. Kebakaran terjadi pada Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB dan baru bisa dipadamkan kurang lebih lima jam setelahnya.

pabrik busa pt foamindo tangerang

Sekitar pukul 21:30 WIB, api mulai berhasil dijinakkan. Menurut saksi mata, yaitu 2 pegawai dari PT Foamindo, sebelum kejadian terjadi pemadaman listrik pada sore hari. Entah apa yang menyebabkan padamnya listrik, awalnya mereka tidak mengetahuinya.

pabrik busa pt foamindo tangerang

pabrik busa pt foamindo tangerang

Pegawai tersebut, hendak menanyakan kondisi listrik kepada security yang bertugas. Pada saat ingin menuju pos security, saksi mata melihat kepulan asap hitam pekat yang muncul dari ruang repair busa. Dari ruangan tersebut muncul kobaran api yang besar.

Kebakaran Pabrik Busa PT Foamindo Tangerang : Kok Bisa 5 Jam Baru Padam?

Pegawai yang melihat kobaran api pada ruang repair busa pun langsung mengambil APAR atau alat pemadam API yang berada di dekat ruangan tersebut. Akan tetapi usaha yang ia lakukan tidak berhasil lantaran, ruang repair dalam kondisi terkunci.

pabrik busa pt foamindo tangerang

Dengan sigap, pegawai tersebut langsung menghubungi pemadam kebakaran Kabupaten Tangerang. 3 unit dengan 18 petugas DAMKAR tiba di lokasi kejadian pukul 16:40 WIB.

pabrik busa pt foamindo tangerang

Sayangnya usaha petugas DAMKAR belum membuahkan hasil, lantaran pabrik yang terbakar merupakan pabrik yang berisi bahan-bahan mudah terbakar. Sehingga api dapat dengan mudah membesar dan menyambar bangunan lain di sekitarnya.

pabrik busa pt foamindo tangerang

Petugas kemudian menambah 7 unit mobil pemadam dari Tangerang kota. Setelah 5 jam berjibaku melawan api, akhirnya pukul 21:30 Api berhasil di jinakkan oleh para petugas.

Cara Terbaik Mengantisipasi Kebakaran Pada Gudang Dengan Bahan Mudah Terbakar

pabrik busa pt foamindo tangerang

Memang, kebakaran merupakan momok bagi kita para pemilik aset berharga. Banyak dari kita yang memang kurang menyadari akan pentingnya menanmkan ilmu mengenai management kebakaran. Dari ulasan diatas, bahwa tindakan pegawai untuk mengambil APAR dan memadamkannya sudah benar.

kronologi kebakaran pabrik busa pt foamindo tangerang

Akan tetapi, ruangan yang terbakar merupakan ruangan yang terkunci. Apalagi di dalam ruangan tersebut berisi bahan-bahan busa yang sudah pasti mudah terbakar. Dari kasus diatas, sebaiknya kita perlu yang namanya sistem proteksi kebakaran yang mampu memadamkan secara otomatis jika terdeteksi adanya gejala kebakaran.

pabrik busa pt foamindo tangerang

Sistem proteksi yang tepat untuk ruang tersebut yaitu fire suppression system. Dengan adanya fire suppression system, ruangan akan dipantau terus kondisinya oleh detector pada instalasi. Ketika detector mendeteksi adanya gejala kebakaran, seperti asap yang pekat, suhu yang meningkat dan sebagainya, maka instalasi secara otomatis akan menyemprotkan media pemadam api.

pabrik busa pt foamindo tangerang

Untuk informasi lebih lanjut mengenai instalasi fire suppression system terbaik, jangan sungkan untuk mneghubungi kami melalui menu contact us yang kami sediakan. Atau bisa juga langsung datang ke kantor kami untuk konsultasi dengan konsultan ahli kami.

Recommended Posts

Leave a Comment