Kebakaran Pabrik Kayu Sukabumi Membuat 2 Orang Petugas Pemadam Terluka?

pabrik kayu sukabumi

Pabrik pengolahan kayu yang beralamat di Jalan Raya Baros Kampung Genteng RT 01 RW 05, Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi hangus dilahap si jago merah. Kebakaran terjadi pada pukul 11 malam, hampir menuju tengah malam.

pabrik kayu sukabumi

Pabrik kayu sukabumi yang sangat luas ludes terbakar. Wali kota sukabumi langsung datang menuju ke lokasi pabrik. Hal ini beliau lakukan untuk memastikan, bahwa penanganan kebakaran berlangsung cepat. Tidak hanya itu, beliau juga memberikan semangat kepada petugas DAMKAR yang berjibaku mengalahkan si jago merah.

kebakaran pabrik kayu sukabumi

pabrik kayu sukabumi

11 unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi yakni 6 Unit Damkar dari Kota Sukabumi, 2 Unit Damar dari Cisaat, 1 Unit Damkar dari Sukaraja, 1 Unit Damkar dari Cibadak, 1 unit Tangki PMI, dan 1 Unit Ambulance PMI. Kobaran api sudah dapat diatasi hingga kamis pagi.

Pabrik Kayu Sukabumi Terbakar, Begini Kronologinya

pabrik kayu sukabumi

Menurut penuturan beberapa orang di tempat, bahwa kebakaran ini dipicu karena adanya kebocoran gas pada alat pengering. Kebocoran ini lalu merambat, dan membakar kayu kering yang sudah siap dipasarkan. Pabrik kayu yang luasnya hampir 6000 meter ini hampir semuanya ludes terbakar.

pabrik kayu sukabumi

Belajar dari kejadian tersebut, sebaiknya kita semua harusnya menyadari betapa pentingnya belajar mengenai penanggulangan bencana kebakaran. Pasalnya, bencana kebakaran sendiri tidak ada yang tahu, kapan datangnya, dan darimana asalnya.

kronologi kebakaran pabrik kayu sukabumi

pabrik kayu sukabumi

Kita harus siap, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Kebakaran dapat terjadi, jika 3 unsur pembentuk api bertemu. Seperti kasus diatas, bahwa 3 unsur api sudah bertemu, sehingga kebakaran sudah tidak dapat dihindari. Lantas, apa solusi yang tepat supaya pabrik atau aset berharga yang kita miliki terlindungi dari si jago merah?

Solusi dari Ahli Fire Hydrant System

Satu-satunya cara untuk melindungi seluruh aset berharga kita dari jilatan si jago merah yaitu dengan memasang sistem proteksi kebakaran. Dengan melakukan instalasi sistem proteksi kebakaran, artinya kita sudah selangkah lebih maju dalam tindakan pencegahan terhadap kebakaran.

pabrik kayu sukabumi terbakar

pabrik kayu sukabumi

Salah satu yang dapat kita instalasi yaitu Fire Hydrant System. Fire hydrant merupakan alat pemadam api yang berfungsi sebagai terminal air yang akan memadamkan api jika terjadi kebakaran. Alat pemadam api ini terdiri dari berbagai komponen yaitu reservoir, jaringan pipa hisap, pompa, pipa distribusi dan komponen-komponen output.

pabrik kayu sukabumi

Komponen ini memiliki tugasnya masing-masing. Dengan adanya fire hydrant, kita sudah bisa mengambil tindakan menit-menit awal untuk mencegah apinya menjadi semakin membesar.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa instalasi fire hydrant dengan kualitas terbaik, dan sesuai dengan standar NFPA, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Atau bisa juga datang langsung ke kantor kami, PT Bromindo Mekar Mitra.

Recent Posts

Leave a Comment