Kebakaran Bus Transjakarta Pasar Baru Jakarta Pusat

Satu unit bus Transjakarta terbakar di daerah Pasar Baru Jakarta Pusat pada Senin, 18 Februari 2019. Kejadian tersebut langsung menjadi perhatian dari Dirut Tranjakarta, Agung Wicaksono. Bagaimana kronologi kejadian tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

Kronologi Kebakaran Transjakarta di Pasar Baru Jakarta Pusat

Pasar Baru Jakarta Pusat - Bus TransJakarta TerbakarSumber: Foe Peace Simbolon/Viva.co.id

Tidak hanya bangunan, kebakaran juga dapat terjadi pada alat transportasi umum. Hal tersebutlah yang terjadi pada Senin malam (18/02) pukul 20.33 WIB pada satu unit bus Transjakarta di depan Pasar Baru Jakarta Pusat.

Pihak Damkar menurunkan kurang lebih lima unit mobil pemadam. Kebakaran tersebut pun berhasil dipadamkan pada pukul 21.20 WIB.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Hal ini dikarenakan seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi sebelum api melahap habis bus Transjakarta di depan Pasar Baru Jakarta Pusat.

Dirut PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono meninjau langsung ke tempat kejadian perkara. Ia bersyukur bahwa petugas dan penumpang semuanya selamat dan sudah dievakuasi.

Belum ada kepastian mengenai penyebab kebakaran tersebut. Namun, pihak PT Transportasi Jakarta akan terus melakukan penyelidikan atas terbakarnya bus Transjakarta yang terjadi di depan Pasar Baru Jakarta Pusat tersebut.

Antisipasi Kebakaran Transjakarta di Pasar Baru Jakarta Pusat

Pasar Baru Jakarta Pusat -APAR GuardAll

Kebakaran pada alat transportasi memang bukanlah hal baru. Itulah mengapa, tak hanya bangunan, alat transportasi pun membutuhkan proteksi kebakaran. Lalu alat proteksi kebakaran seperti apa yang bisa menjadi antisipasi bagi bus Transjakarta?

Pada sebuah alat transportasi seperti mobil, bus, ada baiknya memiliki alat pemadam api ringan (APAR). Namun, tidak semua media APAR dapat digunakan untuk kebakaran pada alat transportasi. Apa media APAR yang tepat untuk kebakaran ini?

Seperti yang kita ketahui, pada kendaraan seperti mobil dan bus memiliki cairan mudah terbakar seperti bensin, solar, dan oli. Sehingga kebakaran pada mobil atau bus masuk dalam klasifikasi kelas kebakaran B.

Media APAR yang tepat untuk mengatasi kebakaran kelas B adalah media powder. Media ini juga cocok untuk kebakaran kelas C yang diakibatkan oleh penggunaan alat listrik, mengingat kebanyakan kebakaran pada mobil diakibatkan oleh korsleting listrik pada mesin.

Selain APAR, Ini Solusi Terbaik agar Kebakaran Transjakarta di Pasar Baru Jakarta Pusat Tidak Terulang Lagi!

Seperti yang kita ketahui, APAR hanya dapat memadamkan kebakaran skala kecil. Selain itu, membutuhkan operator atau petugas untuk penggunaannya dalam pemadaman api.

Untuk proteksi kebakaran bus Transjakarta yang lebih baik lagi, pihak Transjakarta dapat memasang GuardAll Gas Fire Suppression System (GFTO). Sistem ini merupakan sistem proteksi kebakaran yang bekerja secara otomatis dengan media CO2.

Pasar Baru Jakarta Pusat - GFTO

Cara kerjannya cukup efektif. Sistem GFTO berfungsi sebagai detektor sekaligus aktuator keluarnya media pemadam. Ketika terdeteksi adanya api, selang pada sistem ini akan pecah dan mengeluarkan medianya secara otomatis.

Untuk instalasinya, sistem ini dapat dipasang pada mesin bus Transjakarta. Sehingga jika suatu waktu terjadi kebakaran pada mesin, hal tersebut dapat langsung diatasi oleh sistem sehingga dapat menghindari api merambat ke bagian lain dari bus.

Nah, itu dia antisipasi yang disarakan agar kebakaran Transjakarta di Pasar Baru Jakarta Pusat tidak terulang kembali. Lalu bagaimana cara menginstal sistem GFTO pada bus? Anda dapat mempercayakannya pada Bromindo. Kami merupakan kontraktor sekaligus distributor fire fighting equipment.

Bromindo telah dipercaya banyak lembaga, instansi, dan pengusaha untuk melindungi aset dan bangunan yang mereka miliki. Kami pun bekerja secara profesional dan memiliki lisensi dan sertifikat yang sesuai dengan standar NFPA dan SNI.

Tak hanya sistem GFTO, kami juga menyediakan APAR dengan berbagai media dengan brand terbaik di kelasnya. Kini kami pun telah meluncurkan aplikasi Firecek yang dapat membantu Anda mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR.

Tunggu apalagi? Segera lindungi aset Anda dengan menghubungi kami di menu contact us!

Pasar Baru Jakarta Pusat - Fire Fghter

Recommended Posts

Leave a Comment