Pekerjaan ME Fire Hydrant

Pekerjaan ME Fire hydrantPekerjaan ME Fire Hydrant harus mengikuti peraturan dan standar yang telah ditetapkan badan atau lembaga yang bergerak di dalamnya. Beberapa badan yang harus di ikuti oleh pekerjaan ME fire hydrant adalah dengan mengikuti standar dari NFPA dan SNI Hal Ini dimaksudkan dengan ME (Mekanikal dan Elektrikal) engikuti standar yang telah ditetapkan, supaya dapat memaksimalkan pengamanan bangunan terhadap kebakaran, pekerjaan ME fire hydrant harus memiliki standar yang jelas dan teruji baik. Mulai dari peraturan, instalasi yang tepat, mengacu standar yang benar, dan pengawasan pembangunannya harus memenuhi kualitas yang ditetapakan oleh standar keamanan.

Pada dasarnya untuk pekerjaan ME fire hydrant di bagai menjadi 2 persyaratan : yaitu persyaratan teknik umum dan persyaratan teknik khusus. Untuk mengetahui hubungan kedua persyaratan tersebut kita akan bahas di artikel pekerjaan ME fire hydrant ini.

Spesifikasi pekerjaan ME fire hydrant

[dropcap type=”circle” color=”#FFFFFF” background=”#5FAF10″]1[/dropcap] 1. Persyaratan Teknik Umum untuk pekerjaan ME fire hydrant harus mengikuti Peraturan dan Standar (standart)

[list type=”check2″]
  • Tata cara pelaksanaan dan lain-lain petunjuk yang berhubungan dengan peraturan-peraturan pembangunanan yang sah berlaku di Negara Indonesia.
  • Selama pelaksanaan spesifikasi ini harus betul-betul diikuti, ditaati serta sesuai dengan prosedur yang diberlakukan pengawas.
  • Peraturan-peraturan berikut ini merupakan acuan dalam rangka perancangan maupun pelaksanaan instalasi Fire hydrant.
[/list]

 

Peraturan-peraturan yang harus dilakukan patuhi oleh pekerjaan ME fire hydrant

  1. Perda Pemda setempat, hal ini dimaksudkan untuk penanggulangan bahaya kebakaran dalam wilayah setempat
  2. Departemen Pekerjaan Umum, Skep Menteri Pekerjaan Umum No. 10/KPTS/2000 tentang ketentuan teknis pengamanan terhadap bahaya kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan.

 

Stadar-Standar, Literature atau Reference yang dijadikan acuan untuk pekerjaan ME fire hydrant

a. National Fire Codes,

[list type=”check2″]
  • NFPA-10, Standard for Portable Fire Extinguisher
  • NFPA-13, Standard for The Installation of Sprinkler Systems
  • NFPA-14, Standard for The Installation of Standpipe and Hose Systems
  • NFPA-20, Standard for The Installation of Centrifugal Fire Pumps
  • SNI 03-1735-2000
  • SNI 03-1745-2000
[/list]

b. Mc. Guiness, Stein & Reynolds

Mechanical & Electrical for Buildings

[dropcap type=”circle” color=”#FFFFFF” background=”#5FAF10″]2[/dropcap]Persyaratan Teknik Khusus untuk Pekerjaan ME Fire Hydrant

Persyaratan teknik khusus untuk pekerjaan ME fire hydrant meliputi dua persyaratan yaitu lingkup pekerjaan dan Spesifikasi teknik peralatan utama dan instalasi. Berikut dua persyaratan teknik khusus yang harus dilakukan oleh pekerjaan ME fire hydrant.

Lingkup Pekerjaan untuk ME fire hydrant meliputi beberapa sektor:

[list type=”check2″]
  • Melakukan pengadaan dan pemasangan peralatan utama sistem fire hydrant yang meliputi Electric Fire Pump, Diesel Fire Pump dan Jockey Pump disertai dengan control panelnya. Disamping ketiga pompa hydrant tadi juga disertai hydrant box, hydrant pillar dan pemipaan untuk sistem fire hydrant dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada.
  • Melakukan pengadaan dan pemasangan valve-valve fire hyrant dari sistem instalasi atau pemipaan di setiap gedung sesuai tahapan-tahapan pembangunan gedung tersebut.
  • Melakukan testing and commissioning terhadap seluruh sistem fire hydrant sehingga berfungsi dengan baik dan sesuai dengan perencanaan.
  • Mengurus proses perizinan serta persyaratan lain yang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan bahwa instalasi sistem fire hydrant dapat dinyatakan baik dan layak pakai oleh Dinas Pemadam Kebakaran.
  • Pengadaan dan pemasangan sistem instalasi listrik dari power panel ke unit panel control. Dimaksudkan akan ditujukan ke unit Fire hydrant dan ke setiap peralatan pompa.
  • Memberikan training operasional kepada Team Engineering pemilik proyek dan untuk waktu pengadaannya serta kesiapannya akan ditentukan kemudian bersama Pemilik proyek atau Pengawas.
[/list]

 

Setalah kita mengetahui mengenai pekerjaan ME fire hydrant, kita lebih tahu tentang gambaran yang dilakukan ME pada fire hydrant. Untuk hal tersebut kami dari bromindo memiliki tim engeneering yang profesional di bidangnya. Tim Engeneering kami yang telah berpengalaman bertahun-tahun dan telah memiliki jam kerja tinggi. Bromindo telah memiliki sertifikat NFPA (National Fire Protection Association), sehingga dalam perencanaan untuk proyek fire hydrant  system tidak perlu di ragukan lagi untuk  mutunya. Untuk perencaan dan solusi mengenai proyek fire hydrant system bisa langsung hubungi kami.

Leave a Comment