Fire Safety Security Solutions

Pemadam Suppression Sistem

Proteksi pemadam kebakaran selalu berkembang mengikuti teknologi terkini.Pemadam suppression sistem Proteksi yang sekarang ini di lirik oleh pengguna antara lain Pemadam Suppression Sistem. Pemadam ini memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan pemadam seperti hydrant, sprinkler dan tabung pemadam portable. Suppression sistem pada proteksi pemadam kebakaran mampu mengeksekusi kebakaran lebih cepat dan efektif karena dengan medianya di sesuaikan dengan area yang akan di proteksi.

Jenis Pemadam Suppression Sistem

Pemadam jenis ini sudah banyak beredar di indonesia dengan standar yang dimiliki dan merk yang berbeda. sistem kerjanya juga berbeda-beda, Indirect sistem dan direct sistem – ada yang cross zone alarm, Visibling detect dan mengunakan tubing sebagai detektor. dari 2 jenis sistem semuanya bisa automatis release dan manual release.  jenis pemadam suppression sistem antara lain:

  • Gasses suppression sistem
  • Co2 Gasses suppression sistem
  • Kitchen suppression sistem

Gasses suppression sistem memiliki banyak turunan produknya seperti Guardall Fire Suppression GFTO dengan media HFC, gas NON -CFC, Halotron, AF11, HCFC 236fa.

Jenis Media Pemadam Suppression Sistem

Media Pemadam suppression sistem tergantung area yang di proteksi, misalkan untuk ruang server efektif jika menggunakan media HFC 227 atau gas liquid yang sering di sebut sebagai media clean agent fire extinguisher. Media lain yang di gunakan untuk suppression sistem yaitu FM200, Gas Inert, Proinert, HCFC-236 fa, Dupont, Ansul, AF11.

Media-media extinguisher untuk suppression sistem harus ramah lingkung 0% ODP ( Ozone depletion Potential), Tidak merusak peralatan/perangakat yang di proteksi dan aman bagi pengguna/operator.

Regulasi Pemadam Suppression Sistem

Regulasi yang mengatur tentang suppression sistem baik pemasangannya maupun intrumennya/perangkatnya dan medianya ada di dalam National fire protection association (NFPA). Sedangkan untuk kwalitas produk di bermacam-macam standar tergantung pada tinggi rendahnya kwalitas produk tersebut. Misalkan UL Listed, FM Approval, VDS, LPCB. Semakin banyak produk yang memiliki sertifikat tersebut semakin bagus biasanya harganya juga semakin mahal.
Regulasinya Standard NFPA 2001,NFPA 12A, ISO-14520 dan EN 15004 fire suppression sistem .

Aplikasi Pemadam Suppression Sistem

Suppression sistem merupakan proteksi yang efektif untuk di gunakan dan di aplikasikan di ruang server, rak server, rise floor, alat berat, proteksi mesin cetak, proteksi mesin kapal, proteksi engine kereta api, proteksi untuk mesin mobil, proteksi untuk ruang arsip, proteksi untuk pesawat terbang, proteksi untuk laboratorium. Perhotelan & apartemen misalkan untuk kitchen (kitchen suppression sistem) yang terintegrasi dengan alarm sistem.

Industri dan hight risk building misalkan untuk proteksi conveyor batu bara, proteksi ducting, dan area penyimpanan gudang flameble atau gudang bahan-bahan yang mudah terbakar, gudang bahan yang mudah meledak Mis: gudang senjata dan semua gudang atau ruangan yang sistem proteksinya tidak boleh menggunakan air sebagai media pemadamnya.

Keunggulan Pemadam Suppression Sistem

Media dan fire sistem ini memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan sistem pemadam kebakaran yang lain seperti hydrant dan sprinkler. Media suppression sistem memiliki keunggalan produk yang ramah lingkungan 0% ODP, Tidak mengkotori ruangan/area yang di proteksi, tidak membayahakan bagi operator, tidak merusak peralatan, memiliki umur yang panjang dalam maintenancenya.

Sedangkan keunggulan untuk sistemnya sendiri, tidak membutuhakan perawatan rutin, kerja secara otomatis untuk suppression sistem ini. Bisa di integrasikan dengan sistem pemadam kebakaran yang lain seperti fire alarm. efektif untuk ruang tertutup.

Bromindo Fire Safety Security Solutions
Bromindo memberi layanan secara komprehensif dari perencanaan hingga perawatan. Solusi cerdas serta produk yang inovatif memberi perlindungan terpercaya untuk menjaga bisnis dan investasi anda.