Pemasangan Box Hydrant

Pemasangan Box Hydrant

pemasangan box hydrantBox Hydrant adalah salah satu perangkat dalam jaringan instalasi fire hydrant yang penting. Dalam Box hydrant, terdapat alat pendukung seperti fire hose (selang pemadam kebakaran) dan nozzle yang digunakan sebagai media untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran. menurut tempatnya Pemasangan Box Hydrant terdiri dari 2 jenis. Yaitu box hydrant indoor dan box hydrant outdoor. Pada box hydrant indoor selain digunakan sebagai tempat meletakkan fire hose dan nozzle juga terhubung dengan jaringan fire hydrant. Sehingga saat terjadi kebakaran selang dan nozzle bisa langsung ditarik menuju ke titik api. Berbeda dengan box hydrant outdoor yang diletakkan di luar gedung yang biasanya berada di sebelah hydrant pillar untuk meletakkan perlengkapan fire hose dan nozzle.

Cara Pemasangan Box Hydrant

Dalam melakukan pemasangan box hydrant perlu diperhatikan beberapa point untuk memastikan box hydrant dapat digunakan dengan baik saat ada kebakaran. Sebelum memasang box hydrant perhatikan lokasi yang akan menjadi titik pemasangan box hydrant. Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang strategis, mudah diakses. Contohnya jika box hydrant indoor, maka dipasang pada lokasi seperti lobby, dekat lift, tangga, dan ruang utama. Pemilihan lokasi yang strategis ini akan memudahkan petugas dalam mengidentifikasi lokasi box hydrant sehingga penanganan terhadap kebakaran yang menyala juga bisa maksimal dan cepat teratasi.Untuk pemasangan box hydrant outdoor, diperlukan pondasi yang kuat untuk menahan beban yang dihasilkan dari box hydrant. Biasanya box hydrant outdoor memiliki beban yang lebih berat, karena alat dan perlengkapan yang digunakan juga memiliki ukuran yang lebih besar.

Pemasangan Box Hydrant Outdoor

Jika dalam box hydrant indoor menggunakan fire hose dan nozzle yang berukuran 1,5 maka untuk box hydrant outdoor biasanya menggunakan fire hose dan nozzle dengan ukuran 2,5. Sehingga otomatis dimensi dari hydrant box lebih besar dan membutuhkan topangan pondasi kuat. Pemasangan box hydrant juga harus memperhatikan lingkungan sekitar, misalnya seperti tidak boleh ada kendaraan / mobil yang parkir di sekitar box hydrant. Karena jika suatu saat terjadi kebakaran akses petugas pemadam kearah box hidrant beserta pillar harus steril sebagai upaya dalam mempercepat penanganan kebakaran. Box hydrant memiliki warna merah mencolok salah satu fungsinya untuk mempermudah identifikasi tempat tersebut. setelah penggunaan, disarankan untuk mengeringkan selang sebelum dimasukkan pada hydrant box. Karena selang yang basah bisa memicu terjadinya karat pada hydrant box yang akan memperpendek umur perangkat tersebut. untuk pemesanan hydrant box indoor maupun outdoor anda bisa menghubungi tim penjualan Bromindo di nomor 08882560888 atau email sales@bromindo.com

Leave a Comment