Pengertian Hydrant dan Instalasinya

Pengertian hydrant wajib dipahami bagi para pengusaha atau pemiliki gedung yang akan memasang sistem proteksi kebakaran untuk bangunan yang dimilikinya. Tak hanya pengertian hydrant, Anda juga harus tahu bagaimana seluk beluk tentang instalasinya.

Anda ingin tahu lebih lanjut tentang pengertian hydrant dan instalasinya? Yuk, simak ulasannya dalam artikel di bawah ini!

Pengertian Hydrant sebagai Sistem Proteksi Kebakaran

Pengertian Hydrant - Hydrant

Pengertian sistem hydrant adalah sebuah sistem proteksi kebakaran pada gedung yang menggunakan air bertekanan sebagai medianya. Sistem ini biasanya digunakan untuk memadamkan api skala besar.

Dalam sistem ini terdapat berbagai macam komponen utama yang mendukung bekerjanya hydrant. Antara lain tandon air (reservoir), hydrant pump, hydrant pillar, hydrant box, control panel, dan lainnya.

Sistem hydrant dioperasikan secara manual. Meskipun begitu, beberapa komponennya dapat diaktifkan dengan setinggan manual atau otomatis.

Hydrant system banyak digunakan pada gedung atau bangunan publik. Di antaranya seperti sekolah, mall, perusahaan, dan lain-lain.

Pengertian Hydrant: Instalasi Sistem Hydrant

Pengertian Hydrant - Instalasi Hydrant

Selain pengertian hydrant, Anda juga wajib mengetahui hal-hal tentang instalasi sistem proteksi kebakaran ini. Pasalnya, instalasi sistem hydrant tidak bisa sembarangan.

Pemasangan sistem fire hydrant harus sesuai dengan standar SNI dan berkaitan dengan National Fire Protection Association (NFPA). Hal tersebut karena sistem proteksi kebakaran bukan merupakan formalitas semata.

Pengadaan sistem hydrant merupakan hal penting demi melindungi aset dan gedung Anda. Maka dari itu penting untuk menyesuaikan instalasinya dengan standar yang berlaku.

Adapun peraturan standar instalasi fire hydrant yang sesuai dengan SNI dan NFPA adalah sebagai berikut:

1. NFPA-10

Peraturan ini mengenai standar untuk Portable Fire Extinguisher.

2. NFPA-13

Merupakan standar untuk Instalasi Sistem Springkle.

3. NFPA-14

Standar yang mengatur Instalasi Selang dan Pipa tegak.

4. NFPA-20

Peraturan standar mengenai Instalasi Pompa Sentrifugal.

5. SNI 03-1735-2000

Merupakan peraturan yang membahas tentang tata cara perencanaan akses bangunan dan akses lingkungan untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung.

6. SNI 03-1745-2000

Standar tentang tata cara perencanaan dan pemasangan sistem pipa tegak dan selang untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan atau gedung.

 

Itu dia pengertian dan instalasi dari sistem hydrant. Pastikan Anda paham betul terhadap pengertian hydrant dan instalasinya ini agar sistem proteksi kebakaran Anda benar-benar dapat melindungi aset dan gedung Anda.

Bagi Anda yang menginginkan sistem proteksi kebakaran yang baik, percayakan semuanya pada Bromindo. Kami telah menangani instalasi fire system pada banyak perusahaan.

Selain itu, Bromindo memiliki tenaga ahli yang kompeten. Jika Anda berminat, hubungi kami di menu contact us, yuk!

Pengertian Hydrant - Hydrant Pump