Sebelum Membeli, Ketahui Perbedaan APAR Powder dan CO2

Sebelum Membeli, Ketahui Perbedaan APAR Powder dan CO2

Seperti yang kita ketahui, bahwa APAR (Alat Pemadam Api Ringan) memiliki banyak jenis berdasarkan medianya. Namun yang paling digunakan adalah APAR dengan media powder dan CO2/Karbon dioksida. Tapi, apakah Anda sudah tahu perbedaan APAR powder dan CO2? Oke, kita akan kupas tuntas perbedaannya di dalam artikel ini.

Sama-sama APAR, Terus Apa Perbedaan APAR Powder dan APAR CO2?

Perbedaan antara kedua APAR portable tersebut cukup mencolok, meskipun sama-sama memiliki sifat non-konduktor. Dibawah ini akan kita bahas perbedaan APAR powder dengan APAR CO2 dari segi fisik, pengaplikasian, dan juga berdasarkan kelas kebakaran.

1. Perbedaan APAR Powder dan APAR CO2 dari Segi Fisik

Perbedaan APAR Powder dan CO2

Jika kita lihat dari fisiknya saja, sudah jelas ada perbedaan yang menonjol pada tampilannya. Di bagian ujung selang, APAR powder hanya memiliki nozzle berukuran kecil. Sedangkan untuk APAR CO2 sendiri, memiliki ukuran nozzle/corong yang lebih besar dan lebar.

Kemudian ada juga perbedaan dari segi ketebalan tabungnya. Alat pemadam api ini memiliki desain tabung yang lebih tebal daripada APAR powder. Sehingga ketika Anda mengangkatnya, tabung APAR CO2 akan terasa lebih berat jika dibandingkan dengan APAR powder.

Jika melihat gambar diatas dengan teliti, Anda pasti tidak akan menemukan pressure gauge pada tabung APAR CO2, sedangkan APAR powder memiliki pressure gauge. Memang benar, untuk APAR CO2 memang tidak memiliki pressure gauge, karena media yang digunakan berupa CO2 cair/liquid gas dengan tekanan sebesar 830.

Meskipun APAR CO2 dipasangkan pressure gauge, akan tetap mengindikasi media dalam posisi 830 psi. Sehingga bisa dikatakan, komponen yang satu ini kurang tepat jika dipasangkan pada tabung APAR CO2/liquid gas. Itulah perbedaan APAR powder dan CO2 jika dilihat dari segi fisiknya.

2. Perbedaan Juga Terlihat Menonjol Ketika Kedua APAR Tersebut Digunakan

Perbedaan APAR Powder dan CO2 berdasarkan penggunaan

Pada saat APAR digunakan akan sama-sama mengeluarkan media dan mampu memadamkan api. Akan tetapi, APAR CO2 bisa dikatakan lebih unggul, karena bersifat clean agent alias tidak meninggalkan residu.

Ketika Anda menggunakan APAR CO2 harus memperhatikan diri sendiri, orang di sekitar, dan sirkulasi udara di lokasi penyemprotan. Jika Anda akan memadamkan api di ruangan yang sempit dan tidak ada ventilasi udara akan sangat berbahaya.

Media karbon dioksida yang keluar dapat membuat nafas menjadi sesak. Akan lebih aman, jika Anda memakai breathing apparatus dalam proses pemadaman menggunakan APAR CO2.

Sedangkan untuk APAR Powder bukan termasuk clean agent, sehingga akan tetap meninggalkan residu. Jadi, kurang disarankan menggunakan APAR powder pada kebakaran di tempat yang ada banyak perangkat elektronik.

Kenapa? Karena residu yang ditinggalkan dapat merusak perangkat elektronik dan memperlambat proses downtime pasca kebakaran terjadi. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Residu APAR Powder dengan Mudah

3. Melihat Perbedaan APAR CO2 dan Powder dari Segi Media dan Kelas Kebakaran

Perbedaan APAR Powder dan CO2 berdasarkan kelas kebakaran

Nah, sekarang kita akan melihat perbedaan APAR CO2 dan powder dari segi media, kelas, dan jenis kebakaran. Melihat dari efektivitasnya, APAR CO2 ini sangat cocok untuk memadamkan api di kelas kebakaran B dan C. Yaitu, kebakaran yang disebabkan karena ada cairan yang terbakar maupun kebakaran yang ditimbulkan karena listrik.

Namun, APAR CO2 ini kurang tepat jika digunakan untuk memadamkan api di kebakaran kelas A. Hal tersebut kurang efektif dan malah jadi pemborosan, karena alat pemadam api ini akan mampu memadamkan api di permukaan benda yang terbakar saja.

Kemudian untuk APAR powder sendiri bisa dikatakan lebih unggul dari APAR CO2, karena sangat serbaguna. APAR powder efektif digunakan untuk memadamkan api kebakaran kelas A, B, dan C. Yaitu, kebakaran yang disebabkan karena benda padat non-logam, cairan mudah terbakar, dan masalah electric/listrik.

Itulah perbedaan APAR powder dan CO2 yang harus Anda ketahui. Pilihlah APAR yang cocok dan sesuai dengan keadaan yang akan diproteksi. Jika Anda ingin melakukan konsultasi atau ingin melakukan pembelian APAR, bisa hubungi kami sekarang. Dapatkan penawaran harga khusus untuk Anda sekarang!

Recommended Posts

Leave a Comment

0