Perbedaan Harga Alat Pemadam Api Atau Harga Alat Pemadam Kebakaran

Perbedaan Harga Alat Pemadam Api Atau Harga Alat Pemadam Kebakaran terjadi karena setiap alat pemadam kebakaran memiliki isi media yang berbeda beda, sebelum kita menganalisa lebih dalam tentang perbedaan harga tersebut kita harus mengenal terlebih dahulu media yang terdapat pada alat pemadam api atau alat pemadam kebakaran.

Untuk menanggulangi kebakaran kita tidak dapat mengunakan alat pemadam dengan sembarang media, karena sebenarnya kebakakaran itu sendiri memiliki klasifikasi yang berbeda, sehingga dalam kita melakukan tindakan pemadaman kita harus mengenal apa itu klas kebakaran dan media alat pemadam api itu sendiri. Jadi ternyata kita harus mengenal dua hal yaitu mengenal kelas kebakaran dan media alat pemadam kebakaran.

Kelas Kebakaran

Perlu diketahui bahwa kebakaran terdiri dari beberapa kelas kebakaran yaitu kebakaran A,B, C, E. Apa makna dari kelas kebakaran tersebut ?

  • Kebakaran kelas A adalah kebakaran yang ditimbulkan oleh benda padat yang terbakar, sebagai contoh media yang menjadi pemicu untuk kebakaran kelas anatar lain kayu, kertas, kapas. Biasanya kebakaran yang diakibatkan oleh bebnda padat sisa kebakaran akan menghasilkan bara.

Perbedaan Harga Alat Pemadam Api Atau Harga Alat Pemadam Kebakaran

  • Kebakaran kelas B merupakan sebuah kebakaran yang diakibatkan oleh flamable liquid atau benda cair yang sangat mudah terbakar. dalam hal ini yang dapat saya conotohkan adalah bensin, solar, tinner, alkohol dan barang cair yang mudah terbakar lainya. Resiko yang paling ditakutkan, karena banyak media flamable liquid menghasilkan uap gas yang berpotensi tinggiakan bahaya kebakaran sering kita tidak menyadari bahwa gas tersebut mudah sekali disulut hanya dengan sebuah percikan api saja.

B

  • Kebakaran kelas C ini bagian dari akibat kebakaran yang disebabkan oleh media gas yang terbakar. Media ini merupakan media yang paling rawan akan timbulnya bahaya kebakaran, sebab dalam kasus ini kebakaran terjadi karena gas sudah menyebar dan tidak diketahui penyebarannya secara kasat mata, maka biasakan saat anda menyimpan mdia sejenis ini tidak menyimpannya dalam ruang yang tertutup, karena bila terjadi kebocoran gas tidak akan pernah dapat keluar dari ruang penyimpan dan jika penyebaran sudah jenuh memenuhi seluruh ruang akan sangat mudah tersulut dengan adanya percikan api.

C

  • Kabakaran kelas E merupakan sebuah kasus kebakaran yang diakibatkan oleh listrik, kebakaran jenis ini sering terjadi di lingkungan perumahan dan biasanya kasus ini terjadi pada lingkungan yang (maaf ) berpenghasilan rendah. Kenapa? karena pada umumnya kelompok tersebut akan selalu menekan biaya instalasi listrik yang akan mereka pasang di tempat tinggal mereka sehingga seringkali kurang mempertimbangka aspek keselamatannya.
    E

Setelah kita mengenal beberapa klasifikasi kebakaran tentunya kita menjadi lebih paham bahwa sebuah kebakaran adalah merupakan akibat dari beberapa hal tersebut diatas, maka untuk menangani beberapa hal tersebut dibutuh alat pemadam api yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda pula untuk dapat memadamkan kebakaran, maka tidak akan salah kalau Perbedaan Harga Alat Pemadam Api Atau Harga Alat Pemadam Kebakaran pasti akan terjadi.

Hal lain yang perlu kita ketahui adalah dengan banyaknya resiko yang akan memicu terjadi kebakaran maka kita juga dituntut untuk memahami media dari alat pemadam api itu sendiri. Alat pemadam api atau alat pemadam kebakaran memiliki beberapa jenis media yang akan berfungsi berbeda satu sama lain dalam menghadapi masing masing kelas kebakaran. Apa saja media alat pemadam kebakara yang ada, mari kita pahami satu demi satu media tersebut.

  • Media Air : Alat pemadam api dengan media air merupakan alat pemadam dengan harga paling murah karena media dari alat pemadam api ini banyak bisa kita dapatkan dimana mana. Penggunaan media air hanya terbatas pada kebakaran kelas A saja. Keuntungan media ini disamping harga nya yang murah media air sangat baik untuk memadamkan bara sisa dari akibat kebakaran benda padat.
  • Media Foam : Media foam sangat efektif untuk memadamkan kebakaran yang diakibatkan oleh benda cair yang mudah terbakar, media foam memang diciptakan untuk menghdapi kelas kebakaran flamable liquid, karena media ini memiliki konsep dasar foam yang tercipta akan menyelimuti permukaan benda cair yang terbakar, sehingga menguarangi kandungan oksigen menjadi kurang dari 16%.
  • Media CO2 : media CO2 sangat cocok digunakan pada area panel atau ruang elektrik pada umumnya. Karena media CO2 memiliki tekanan yang tinggi maka media CO2 di kemas dengan menggunakan tabung yang sangat tebal, sehingga media CO2 sangat berat dan agak sedikit susah dalam pengoperasianya.
  • Media Powder : Wujud dari media powder adalah sejenis tepung kering media ini dapat digunakan untuk menghadapi segala kasus kebakaran atau banyak orang menjulukinya dengan media Multi Purpose. Kelemaham media powder tidak dapat memadamkan bara akibat kebakaran yang ditimbulkan oleh benda padat, tetapi media ini hanya mampu memadamkan apinya saja, sehingga saat anda menggunakan media powder untuk memadamkan kebakaran yang diakibatkan oleh benda padat setelah api dapat anda padamkan pastikan untuk memadamkan baranya dengan menggunakan air agar kebakaran tidak kembali timbul.

Setelah kita memahami beberapa kelas kebakakaran dan kita sudah mengetahui beberapa media dari alat pemadam kebakaran maka sangatlah wajar jika Perbedaan Harga Alat Pemadam Api Atau Harga Alat Pemadam Kebakaran memiliki harga yang berbeda satu sama lainnya.

Leave a Comment