Alat Pemadam Api CO2: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Kerjanya

Alat pemadam api CO2 merupakan satu dari beberapa jenis APAR yang digunakan untuk memadamkan kebakaran skala kecil. Setiap jenis APAR dibuat menggunakan media tertentu dengan fungsi yang berbeda, begitu juga dengan APAR CO2. Jenis APAR ini memiliki fungsi khusus atau spesifik yang berbeda dengan jenis APAR lainnya.

Apa Itu Alat Pemadam Api CO2?

alat pemadam api co2 rekomendasi damkar dki jakartaSesuai namanya, alat pemadam api CO2 merupakan sistem pemadam kebakaran yang memanfaatkan Carbon Dioxide atau CO2 untuk memadamkan api kebakaran. Carbon Dioxide (CO2) merupakan gas yang sifatnya tidak dapat terbakar dan terdiri atas 1 atom karbon dan 2 atom oksigen

Berbeda dengan APAR jenis lainnya, tabung APAR CO2 tidak dilengkapi dengan pressure gauge. Pressure Gauge sendiri berfungsi untuk mengecek tekanan di dalam tabung APAR. APAR CO2 menggunakan media berupa CO2 cair atau liquid yang secara kimia mempunyai tekanan 830 psi. Hal ini membuat pressure gauge tidak berfungsi optimal untuk membaca tekanan APAR CO2 secara tepat.

Lantas, bagaimana cara mengecek tekanan APAR CO2? Karena tidak bisa dicek menggunakan pressure gauge, maka pengecekan tekanan APAR CO2 dilakukan dengan cara menimbangnya. Langkah ini dilakukan untuk memastikan jumlah CO2 di dalamnya. Jika beratnya berkurang dari berat awalnya, maka tekanan APAR CO2 bisa dipastikan turun.

Cara Kerja APAR CO2 dalam Memadamkan Api Kebakaran

alat pemadam api co2 untuk kelas kebakaran b dan cAPAR CO2 dapat diaplikasikan untuk mengatasi kebakaran kelas B dan C. Namun, alat pemadam api ini lebih sering dimanfaatkan untuk menangani kebakaran akibat masalah elektrikal, yaitu kebakaran kelas C. Hal ini karena sifat APAR CO2 yang non-konduktif dengan listrik. Lalu, bagaimana cara kerja APAR CO2?

Pada awalnya, media APAR CO2 adalah berbentuk cair. Setelah tekanan keluar dari tabung pemadam api dan media CO2 terkena suhu ruangan, maka CO2 akan segera berubah bentuk menjadi gas. Perubahan karakteristik CO2 ini terbentuk karena adanya proses sublimasi.

Alasan nyata kenapa APAR CO2 bisa memadamkan api adalah suhu CO2 yang rendah (-50 °C) mampu melawan suhu api yang tinggi. Hal ini akan menghasilkan efek pendinginan pada titik api secara intens. Selain itu, gas CO2 juga lebih berat dibandingkan oksigen.

Ketika CO2 ditembakkan ke area titik api, maka CO2 akan langsung menggantikan oksigen. Padahal, oksigen sangat dibutuhkan agar api bisa tetap menyala karena termasuk sebagai unsur pembentuk api. Sesuai dengan teori segitiga api bahwa apabila salah satu unsur pembentuk api dihilangkan, maka api bisa padam.

Berdasarkan teori segitiga api, unsur-unsur pembentuk api adalah sumber panas, oksigen, dan bahan bakar. Saat oksigen terhalang oleh CO2, maka tidak bisa bereaksi dengan bahan bakar dan sumber panas untuk membentuk api. Hal inilah yang kemudian membuat api bisa segera padam.

Kegunaan Alat Pemadam Api CO2 di Berbagai Bidang

alat pemadam api co2 untuk kebakaran kelas b dan cAPAR CO2 merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi kelas kebakaran B dan C. Kelas kebakaran B disebabkan karena benda cair mudah terbakar, seperti alkohol, cat, minyak, bensin, dll. Sementara itu, kelas kebakaran C disebabkan karena masalah elektrikal, seperti korsleting atau arus pendek listrik

Berbeda dengan beberapa jenis APAR lainnya, APAR media CO2 bersifat clean agent. Sifat ini membuat gas CO2 tidak akan merusak peralatan listrik serta tidak meninggalkan residu apa pun. Selain itu, gas CO2 juga bersifat tidak berbau, tidak berwarna, serta ramah lingkungan. 

Karena bersifat clean agent, alat pemadam api CO2 menjadi pilihan tepat untuk memproteksi ruang yang berisi alat elektronik. Contohnya adalah ruang server dan ruang komputer. Selain itu, APAR CO2 juga sangat aman digunakan pada ruangan yang berisi benda-benda sensitif, seperti ruang arsip dan laboratorium.

Selain aman untuk peralatan listrik, APAR CO2 yang minim residu juga dapat mempersingkat down time. Hal ini karena kita tidak perlu direpotkan dengan membersihkan residu. Ruangan bisa segera digunakan kembali pasca terjadinya kebakaran. 

APAR CO2 Kualitas Terbaik Rekomendasi Damkar DKI

APAR CO2 sertifikasi lab damkar dkiSetelah mengenal apa itu APAR CO2 dan manfaatnya, kini saatnya kamu mempersiapkan alat pemadam api ini untuk memproteksi aset berharga. Agar hasil proteksi lebih optimal, pastikan kamu memilih alat pemadam api CO2 yang terbaik. PT Bromindo Mekar Mitra merupakan distributor alat pemadam api berkualitas standar NFPA.

Bromindo menyediakan APAR CO2 kualitas terbaik merk Firefix. Alat pemadam api CO2 ini dijamin berkualitas karena sudah teruji dan mendapatkan sertifikasi dari Lab Damkar DKI Jakarta. Tabung terbukti kuat, tidak bocor, dan anti karat. Tabung APAR juga telah diuji hingga tekanan 80 bar.

Setiap pembelian APAR CO2 Firefix di Bromindo, kamu juga pasti akan mendapatkan garansi 5 tahun. Alat pemadam api CO2 Firefix tersedia dengan beberapa ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Beberapa produk APAR CO2 Firefix yang tersedia diantaranya adalah sebagai berikut:

Ayo, segera dapatkan APAR CO2 Firefix dengan penawaran terbaik di Bromindo Shop sekarang! Berikan proteksi aset berharga dari ancaman kebakaran dengan alat pemadam api CO2. Jangan ragu untuk konsultasi terlebih dahulu dengan cara menghubungi kontak kami.

Leave a Comment

0